Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Amurang

Cara Gampang Membikin Tanda Tangan Elektronik

Dunia yang serba digital ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian budaya baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya merupakan pedoman tangan komputerisasi untuk meresmikan dokumen.

Sekiranya sebelumnya pertanda tangan identik dengan artikel tangan dan bolpen berair, dikala ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membolehkan pemakaian pertanda tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan pertanda tangan komputerisasi, berikut metode paling gampang untuk membuatnya. Dapat diaplikasikan PC/notebook, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Web Online Signature

Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau wajib membuka laman Online Signature. Sebetulnya ada sebagian website yang dapat diterapkan, tapi seandainya mau yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka laman Online Signature, langkah yang sepatutnya kau lakukan merupakan memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas website website.

3. Gambar Pertanda Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pedoman tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad kalau dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Pertanda Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Bila mengklik tombol Save, akan timbul opsi Unduh Signature seperti di bawah ini. Petunjuk tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Dipungut

Metode membikin pedoman tangan digital online makin ramai dicari semenjak COVID-19 merebak. Setelah berprofesi secara WFH, mau tak mau pekerja mesti membuat tangan tangan digital.

Membikin ttd digital dapat dikerjakan melalui laman, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Meski ada versi berbayar, tetapi ketiga laman hal yang demikian menawarkan jasa membuat ttd online secara tidak dipungut bayaran.
Cara Membikin Pedoman Tangan Digital Barcode
1. CreateMySignature
Cara Membikin Pedoman Tangan Komputerisasi Online Cuma-cuma (1)
searchPerbesar
Tampilan website CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Laman pertama yang menawarkan jasa signature pertanda tangan digital adalah CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) web ini benar-benar simpel dan gampang dipahami.
Berikut ialah metode membikin pertanda tangan digital via CreateMySignature:

Buka createmysignature.com lewat browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di bagian sebelah kiri layar.
Buat tanda tangan yang diharapkan. Seandainya masih ragu, kamu bisa menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Jikalau sudah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Unduh’.
Hasil pertanda tangan komputerisasi akan tersimpan otomatis dengan format file PNG

Selain membuat petunjuk tangan digital, CreateMySignature ini juga bisa menandatangani file PDF secara segera. Berikut ini merupakan caranya:

Buka createmysignature.com lewat browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang mau ditandatangani. Pada tahap ini, kamu cuma bisa memilih dokumen dengan ukuran file maksimal 10 MB
File PDF akan timbul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat petunjuk tangan yang diinginkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan pedoman tangan dengan cara menggesar (drag) ke halaman PDF yang diharapkan
Apabila sudah, tekan ‘Save’ dan \’Unduh\’

2. Signaturely
Metode Membuat Pedoman Tangan Komputerisasi Online Bayaran (2)
searchPerbesar
Tampilan web signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Berikutnya, ada situs bernama Signaturely. Dalam web ini, kau dapat membikin petunjuk tangan dengan metode manual dan otomatis. Berikut ini merupakan cara membuat pertanda tangan melalui Signaturely:

Buka signaturely.com via browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Masukan pedoman tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan petunjuk tangan
Tekan \’Download eSignature\’ untuk menaruh tanda tangan komputerisasi

3. Docsketch
Metode Membuat Pedoman Tangan Komputerisasi Online Free (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di web resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur petunjuk tangan komputerisasi. Kemudian, situs ini dapat diakses secara free. Berikut ini merupakan sistem memakainya:

Buka docsketch.com via browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah petunjuk tangan layak keinginan. Seandainya belum puas, kamu bisa mengulang dan menghapus tanda tangan dengan sistem menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna pedoman tangan dengan fitur \’Color\’ di bagian bawah kolom pedoman tangan
Sesudah puas dengan hasil tanda tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background kalau berkeinginan membikin latar (background) pertanda tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Unduh\’ untuk menaruh pertanda tangan ke notebook atau telepon seluler

Hasil tanda tangan akan tersimpan di folder \’Unduh\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah metode membikin tanda tangan digital online melewati beberapa web. Kamu tinggal memilih web di atas untuk membuat pertanda tangan secara komputerisasi.

Ketiga situs situs tadi bisa digunakan secara cuma-cuma dengan sejumlah batasan, misal, pengguna hanya bisa membubuhkan tanda tangan komputerisasi sebanyak satu hingga tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan hal yang demikian dan membuka semua fiturnya, pengguna sepatutnya berlangganan.

5. Pertanda Tangan Komputerisasi Siap Diterapkan

Sesudah tersimpan, kau dapat menerapkannya untuk seluruh dokumen yang diharapkan dengan merekatkan pedoman tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda Tangan Elektronik

Demikian Sistem Gampang Membubuhkan Digital Signature di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pertanda tangan komputerisasi ataupun pedoman tangan elektronik pada dokumen Word? Demikian langkah-langkahnya.

Membubuhkan pedoman tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik menerapkan alat tulis pada sebuah media yang lazimnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pedoman tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak kapabel atau mungkin sulit untuk mengikutinya. Oleh sebab itu pedoman tangan diperlukan pada dikala, umpamanya melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Melainkan di era komputerisasi seperti dikala ini, petunjuk tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, namun juga semestinya dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin pedoman tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak seluruh orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada sistem untuk menandatangani dokumen komputerisasi, terlebih pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi alternatif banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Sedangkan tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, web office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah diterapkan oleh 258 juta user.

Nah bagaimana sistem membubuhkan petunjuk tangan pada dokumen komputerisasi yang dijadikan dengan Microsoft Word tanpa sepatutnya mencetaknya terutamanya dulu?

Kita dapat membubuhkan pedoman tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan pertanda tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pedoman tangan komputerisasi sebagai petunjuk komputerisasi yang terenkripsi dan sungguh-sungguh aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Walaupun pertanda tangan elektronik merupakan pertanda virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang biasanya berupa gambar pertanda tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Petunjuk tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung ragam software yang diaplikasikan. Fitur keamanan itu semisal berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus pedoman tangan elektronik ataupun pertanda tangan komputerisasi dianggap legal dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan petunjuk tangan dari pihak lain, yang pertama dijalankan ialah menyisipkan “daerah” pedoman tangan atau Signature Line. Seperti langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi pertanda tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di kategori Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK dikala pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili e-mail. Sekiranya diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Seandainya diperlukan, klik untuk mencentang alternatif memperlihatkan tanggal pertanda tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pedoman tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Kalau dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk memandang siapa saja yang seharusnya menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang semestinya ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK saat pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace jikalau akan menerapkan layanan petunjuk tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar petunjuk tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Sekiranya Anda mau membubuhkan pertanda tangan elektronik pada dokumen Word, seperti ini caranya:

Bubuhkan petunjuk tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pedoman tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan bentuk .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting memakai tab Picture Tools Wujud
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Dikala Anda akan membubuhkan pertanda tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar petunjuk tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah petunjuk tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada pertanda tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pertanda tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar petunjuk tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Saat Anda akan memakai pertanda tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pedoman tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Amurang. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar