Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Balikpapan

Sistem Gampang Membuat Tanda Tangan Elektronik

Dunia yang serba digital ini menuntut kita untuk menyesuaikan diri dengan sebagian budaya baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya yaitu pedoman tangan komputerisasi untuk mensahkan dokumen.

Jikalau sebelumnya petunjuk tangan identik dengan artikel tangan dan bolpen berair, ketika ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membolehkan pengaplikasian pertanda tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan pedoman tangan komputerisasi, berikut metode paling gampang untuk membuatnya. Dapat diaplikasikan PC/notebook, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Web Online Signature

Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau mesti membuka web Online Signature. Hakekatnya ada sebagian website yang dapat diterapkan, namun apabila mau yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka website Online Signature, langkah yang semestinya kau lakukan yaitu memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas web website.

3. Gambar Pedoman Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pertanda tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad bila dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Petunjuk Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Sekiranya mengklik tombol Save, akan timbul opsi Unduh Signature seperti di bawah ini. Pedoman tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Dipungut

Metode membuat pedoman tangan komputerisasi online makin ramai dicari sejak COVID-19 merebak. Sesudah berprofesi secara WFH, berkeinginan tidak berharap pekerja harus membikin tangan tangan komputerisasi.

Membuat ttd digital bisa dilaksanakan lewat situs, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Meskipun ada versi berbayar, tapi ketiga laman tersebut menawarkan jasa membuat ttd online secara cuma-cuma.
Sistem Membuat Petunjuk Tangan Komputerisasi Barcode
1. CreateMySignature
Sistem Membikin Pertanda Tangan Digital Online Gratis (1)
searchPerbesar
Tampilan website CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Web pertama yang menawarkan jasa signature pedoman tangan digital adalah CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) laman ini benar-benar simpel dan mudah dipahami.
Berikut yakni metode membuat pertanda tangan digital lewat CreateMySignature:

Buka createmysignature.com melalui browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di bagian sebelah kiri layar.
Buat petunjuk tangan yang diharapkan. Apabila masih ragu, kamu dapat menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Jikalau sudah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil pedoman tangan komputerisasi akan tersimpan otomatis dengan bentuk file PNG

Selain membuat pertanda tangan digital, CreateMySignature ini juga bisa menandatangani file PDF secara seketika. Berikut ini adalah caranya:

Buka createmysignature.com lewat browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang mau ditandatangani. Pada tahap ini, kamu hanya dapat memilih dokumen dengan ukuran file optimal 10 MB
File PDF akan timbul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat pedoman tangan yang diharapkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan tanda tangan dengan sistem menggesar (drag) ke halaman PDF yang diinginkan
Jika sudah, tekan ‘Save’ dan \’Download\’

2. Signaturely
Metode Membikin Petunjuk Tangan Digital Online Dipungut (2)
searchPerbesar
Tampilan laman signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Berikutnya, ada web bernama Signaturely. Dalam laman ini, kamu bisa membuat petunjuk tangan dengan metode manual dan otomatis. Berikut ini yaitu metode membuat pedoman tangan melewati Signaturely:

Buka signaturely.com via browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Usul petunjuk tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan tanda tangan
Tekan \’Download eSignature\’ untuk menyimpan pertanda tangan digital

3. Docsketch
Sistem Membikin Tanda Tangan Digital Online Free (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di laman resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur petunjuk tangan komputerisasi. Kemudian, laman ini bisa diakses secara cuma-cuma. Berikut ini yakni cara mengaplikasikannya:

Buka docsketch.com melewati browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah petunjuk tangan pantas kemauan. Apabila belum puas, kamu bisa mengulang dan menghapus petunjuk tangan dengan sistem menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna tanda tangan dengan fitur \’Color\’ di bagian bawah kolom pertanda tangan
Sesudah puas dengan hasil tanda tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background seandainya mau membikin latar (background) pertanda tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Download\’ untuk menyimpan tanda tangan ke notebook atau telepon pintar

Hasil tanda tangan akan tersimpan di folder \’Download\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah metode membikin pedoman tangan komputerisasi online lewat beberapa laman. Kamu tinggal memilih website di atas untuk membikin pertanda tangan secara digital.

Ketiga situs laman tadi bisa digunakan secara free dengan sejumlah batasan, misal, pengguna cuma bisa membubuhkan tanda tangan komputerisasi sebanyak satu sampai tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan hal yang demikian dan membuka segala fiturnya, pengguna mesti berlangganan.

5. Pedoman Tangan Komputerisasi Siap Dipakai

Sesudah tersimpan, kau dapat mengaplikasikannya untuk seluruh dokumen yang diharapkan dengan melekatkan pertanda tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda Tangan Elektronik

Demikian Metode Gampang Membubuhkan Digital Signature di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan petunjuk tangan komputerisasi ataupun pedoman tangan elektronik pada dokumen Word? Semacam langkah-langkahnya.

Membubuhkan pertanda tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik memakai alat tulis pada sebuah media yang lazimnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pertanda tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak sanggup atau mungkin sulit untuk mengikutinya. Oleh sebab itu pedoman tangan diperlukan pada ketika, seumpama melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Melainkan di era komputerisasi seperti ketika ini, pertanda tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, melainkan juga patut dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin pedoman tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak segala orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada sistem untuk menandatangani dokumen komputerisasi, lebih-lebih pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi opsi banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Meskipun tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, web office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah dipakai oleh 258 juta user.

Nah bagaimana sistem membubuhkan petunjuk tangan pada dokumen komputerisasi yang diciptakan dengan Microsoft Word tanpa wajib mencetaknya khususnya dulu?

Kita dapat membubuhkan pedoman tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan pedoman tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pertanda tangan komputerisasi sebagai petunjuk komputerisasi yang terenkripsi dan betul-betul aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Walaupun pertanda tangan elektronik yaitu petunjuk virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang biasanya berupa gambar pertanda tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pedoman tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung variasi software yang diterapkan. Fitur keamanan itu contohnya berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus petunjuk tangan elektronik ataupun pedoman tangan komputerisasi dianggap legal dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan petunjuk tangan dari pihak lain, yang pertama dijalankan yaitu menyisipkan “daerah” petunjuk tangan atau Signature Line. Ini langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi pedoman tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di kategori Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK dikala pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili email. Seandainya diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Bila diperlukan, klik untuk mencentang pilihan memperlihatkan tanggal pertanda tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pertanda tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Kalau dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk memperhatikan siapa saja yang seharusnya menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang semestinya ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK saat pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace sekiranya akan memakai layanan pertanda tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar petunjuk tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Kalau Anda berharap membubuhkan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word, seperti ini caranya:

Bubuhkan petunjuk tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pedoman tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan bentuk .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting mengaplikasikan tab Picture Tools Wujud
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Ketika Anda akan membubuhkan pedoman tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar petunjuk tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pedoman tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada petunjuk tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pertanda tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pertanda tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Saat Anda akan mengaplikasikan pertanda tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi petunjuk tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Balikpapan. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar