Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Batusangkar

Sistem Gampang Membikin Tanda Tangan Elektronik

Dunia yang serba digital ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian adat istiadat baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya adalah petunjuk tangan komputerisasi untuk meresmikan dokumen.

Kalau sebelumnya pedoman tangan identik dengan artikel tangan dan bolpoin berair, ketika ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membolehkan pemakaian petunjuk tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan petunjuk tangan komputerisasi, berikut metode paling gampang untuk membuatnya. Dapat diaplikasikan PC/komputer jinjing, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Laman Online Signature

Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau mesti membuka laman Online Signature. Sesungguhnya ada sebagian laman yang dapat diaplikasikan, melainkan bila mau yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka website Online Signature, langkah yang semestinya kau lakukan yakni memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas situs web.

3. Gambar Petunjuk Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pedoman tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad bila dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Petunjuk Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Kalau mengklik tombol Save, akan timbul alternatif Unduh Signature seperti di bawah ini. Pedoman tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Gratis

Metode membuat petunjuk tangan komputerisasi online makin ramai dicari semenjak COVID-19 merebak. Setelah bekerja secara WFH, berharap tak berharap pekerja wajib membikin tangan tangan komputerisasi.

Membuat ttd komputerisasi bisa dilakukan melewati website, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Meskipun ada versi berbayar, melainkan ketiga website hal yang demikian menawarkan jasa membikin ttd online secara tidak dipungut bayaran.
Metode Membuat Pertanda Tangan Digital Barcode
1. CreateMySignature
Metode Membikin Pertanda Tangan Digital Online Tidak (1)
searchPerbesar
Tampilan situs CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Situs pertama yang menawarkan jasa signature petunjuk tangan digital adalah CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) situs ini benar-benar sederhana dan gampang dipahami.
Berikut ialah metode membuat petunjuk tangan digital melalui CreateMySignature:

Buka createmysignature.com lewat browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di komponen sebelah kiri layar.
Buat tanda tangan yang diinginkan. Kalau masih ragu, kau bisa menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Kalau telah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil pertanda tangan digital akan tersimpan otomatis dengan format file PNG

Kecuali membikin pedoman tangan komputerisasi, CreateMySignature ini juga bisa menandatangani file PDF secara segera. Berikut ini adalah caranya:

Buka createmysignature.com melalui browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang berharap ditandatangani. Pada tahap ini, kamu hanya dapat memilih dokumen dengan ukuran file maksimal 10 MB
File PDF akan timbul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat tanda tangan yang diinginkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan tanda tangan dengan cara menggesar (drag) ke halaman PDF yang diinginkan
Apabila sudah, tekan ‘Save’ dan \’Download\’

2. Signaturely
Metode Membuat Pedoman Tangan Digital Online Tidak (2)
searchPerbesar
Tampilan web signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Berikutnya, ada website bernama Signaturely. Dalam situs ini, kau bisa membuat pertanda tangan dengan sistem manual dan otomatis. Berikut ini yaitu cara membikin tanda tangan melewati Signaturely:

Buka signaturely.com melewati browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Usulan tanda tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan tanda tangan
Tekan \’Download eSignature\’ untuk menaruh petunjuk tangan komputerisasi

3. Docsketch
Metode Membikin Pedoman Tangan Digital Online Cuma-cuma (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di situs resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur petunjuk tangan digital. Kemudian, situs ini bisa diakses secara tidak dipungut bayaran. Berikut ini yakni cara mengaplikasikannya:

Buka docsketch.com lewat browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah pertanda tangan layak keinginan. Apabila belum puas, kau dapat mengulang dan menghapus tanda tangan dengan cara menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna pertanda tangan dengan fitur \’Color\’ di komponen bawah kolom tanda tangan
Sesudah puas dengan hasil pertanda tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background bila berharap membikin latar (background) petunjuk tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Unduh\’ untuk menyimpan petunjuk tangan ke notebook atau ponsel

Hasil pedoman tangan akan tersimpan di folder \’Download\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah sistem membikin pedoman tangan komputerisasi online melalui sebagian website. Kamu tinggal memilih situs di atas untuk membikin pertanda tangan secara digital.

Ketiga website web tadi bisa diterapkan secara tidak dipungut bayaran dengan sejumlah batasan, misal, pengguna hanya bisa membubuhkan petunjuk tangan komputerisasi sebanyak satu sampai tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan tersebut dan membuka segala fiturnya, pengguna wajib abonemen.

5. Pedoman Tangan Komputerisasi Siap Diterapkan

Sesudah tersimpan, kau dapat menerapkannya untuk seluruh dokumen yang diharapkan dengan melekatkan petunjuk tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda Tangan Elektronik

Demikian Metode Gampang Membubuhkan Digital Signature di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pedoman tangan komputerisasi ataupun petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word? Seperti langkah-langkahnya.

Membubuhkan pertanda tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik memakai alat tulis pada sebuah media yang lazimnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pedoman tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak sanggup atau mungkin sulit untuk mencontohnya. Oleh sebab itu pertanda tangan diperlukan pada ketika, contohnya melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Melainkan di era komputerisasi seperti dikala ini, pedoman tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, namun juga sepatutnya dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin pertanda tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak seluruh orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada metode untuk menandatangani dokumen komputerisasi, khususnya pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi opsi banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Padahal tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, web office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah diterapkan oleh 258 juta user.

Nah bagaimana sistem membubuhkan pedoman tangan pada dokumen komputerisasi yang diwujudkan dengan Microsoft Word tanpa seharusnya mencetaknya terutamanya dulu?

Kita dapat membubuhkan pertanda tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan pertanda tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pedoman tangan komputerisasi sebagai pertanda komputerisasi yang terenkripsi dan sungguh-sungguh aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Meski pertanda tangan elektronik merupakan pertanda virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang lazimnya berupa gambar petunjuk tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pertanda tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung ragam software yang diaplikasikan. Fitur keamanan itu seumpama berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus pertanda tangan elektronik ataupun pedoman tangan komputerisasi dianggap legal dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan petunjuk tangan dari pihak lain, yang pertama dikerjakan merupakan menyisipkan “daerah” pertanda tangan atau Signature Line. Ini langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi pedoman tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di kategori Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK dikala pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili email. Bila diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Jikalau diperlukan, klik untuk mencentang alternatif menampakkan tanggal petunjuk tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pedoman tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Bila dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk mengamati siapa saja yang patut menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang seharusnya ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK dikala pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace jikalau akan menerapkan layanan petunjuk tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar pertanda tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Sekiranya Anda berharap membubuhkan pedoman tangan elektronik pada dokumen Word, seperti ini caranya:

Bubuhkan pedoman tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pertanda tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan bentuk .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting menerapkan tab Picture Tools Wujud
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Dikala Anda akan membubuhkan pedoman tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pedoman tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah petunjuk tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada pertanda tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pertanda tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pedoman tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Saat Anda akan memakai petunjuk tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pertanda tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Batusangkar. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar