Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Bontang

Metode Gampang Membikin Tanda Tangan Komputerisasi

Dunia yang serba Otomatis ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian adat istiadat baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya yaitu petunjuk tangan komputerisasi untuk meresmikan dokumen.

Bila sebelumnya pertanda tangan identik dengan artikel tangan dan bolpen berair, dikala ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membolehkan pemakaian pedoman tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan pedoman tangan komputerisasi, berikut sistem paling gampang untuk membuatnya. Dapat diterapkan PC/notebook, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Laman Online Signature

Untuk membikin pedoman tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau sepatutnya membuka website Online Signature. Sebetulnya ada sebagian laman yang dapat dipakai, tapi apabila mau yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka web Online Signature, langkah yang seharusnya kau lakukan yaitu memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas situs website.

3. Gambar Pertanda Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pedoman tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad bila dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Petunjuk Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Jikalau mengklik tombol Save, akan timbul alternatif Unduh Signature seperti di bawah ini. Petunjuk tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Cuma-cuma

Sistem membikin pertanda tangan komputerisasi online makin ramai dicari sejak COVID-19 merebak. Sesudah berprofesi secara WFH, berharap tak ingin pekerja harus membuat tangan tangan komputerisasi.

Membuat ttd komputerisasi bisa dilakukan via laman, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Padahal ada versi berbayar, tapi ketiga website tersebut menawarkan jasa membikin ttd online secara tidak dipungut bayaran.
Metode Membikin Tanda Tangan Komputerisasi Barcode
1. CreateMySignature
Metode Membuat Petunjuk Tangan Komputerisasi Online Bayaran (1)
searchPerbesar
Tampilan situs CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Situs pertama yang menawarkan jasa signature pedoman tangan komputerisasi yaitu CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) web ini sungguh-sungguh simpel dan gampang dipahami.
Berikut adalah sistem membikin pertanda tangan komputerisasi melewati CreateMySignature:

Buka createmysignature.com lewat browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di bagian sebelah kiri layar.
Buat pertanda tangan yang diinginkan. Sekiranya masih ragu, kamu bisa menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Bila sudah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil tanda tangan komputerisasi akan tersimpan otomatis dengan bentuk file PNG

Kecuali membikin petunjuk tangan digital, CreateMySignature ini juga bisa menandatangani file PDF secara lantas. Berikut ini merupakan caranya:

Buka createmysignature.com via browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang berkeinginan ditandatangani. Pada tahap ini, kau hanya bisa memilih dokumen dengan ukuran file optimal 10 MB
File PDF akan muncul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat pertanda tangan yang diharapkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan tanda tangan dengan metode menggesar (drag) ke halaman PDF yang diinginkan
Seandainya telah, tekan ‘Save’ dan \’Unduh\’

2. Signaturely
Metode Membikin Petunjuk Tangan Digital Online Dipungut (2)
searchPerbesar
Tampilan situs signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Berikutnya, ada laman bernama Signaturely. Dalam situs ini, kamu dapat membikin pedoman tangan dengan sistem manual dan otomatis. Berikut ini ialah sistem membuat pertanda tangan lewat Signaturely:

Buka signaturely.com lewat browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Masukan pedoman tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan pedoman tangan
Tekan \’Download eSignature\’ untuk menyimpan pertanda tangan komputerisasi

3. Docsketch
Cara Membuat Tanda Tangan Komputerisasi Online Cuma-cuma (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di laman resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur pertanda tangan komputerisasi. Kemudian, situs ini dapat diakses secara gratis. Berikut ini yakni metode menggunakannya:

Buka docsketch.com lewat browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah petunjuk tangan layak harapan. Bila belum puas, kamu bisa mengulang dan menghapus petunjuk tangan dengan sistem menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna petunjuk tangan dengan fitur \’Color\’ di komponen bawah kolom petunjuk tangan
Sesudah puas dengan hasil petunjuk tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background seandainya ingin membikin latar (background) petunjuk tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Unduh\’ untuk menyimpan pedoman tangan ke laptop atau hp

Hasil tanda tangan akan tersimpan di folder \’Unduh\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah cara membuat pedoman tangan komputerisasi online via sebagian laman. Kau tinggal memilih website di atas untuk membuat petunjuk tangan secara digital.

Ketiga website situs tadi dapat digunakan secara gratis dengan sejumlah batasan, misal, pengguna hanya bisa membubuhkan pertanda tangan komputerisasi sebanyak satu sampai tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan tersebut dan membuka semua fiturnya, pengguna sepatutnya berlangganan.

5. Pedoman Tangan Komputerisasi Siap Diterapkan

Sesudah tersimpan, kau dapat memakainya untuk segala dokumen yang diharapkan dengan merekatkan petunjuk tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda tangan Digital

Ini Sistem Gampang Membubuhkan Tanda Tangan Elektronik di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pertanda tangan komputerisasi ataupun pertanda tangan elektronik pada dokumen Word? Ini langkah-langkahnya.

Membubuhkan petunjuk tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik memakai alat tulis pada sebuah media yang umumnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pertanda tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak sanggup atau mungkin sulit untuk mengikutinya. Oleh sebab itu pedoman tangan diperlukan pada ketika, contohnya melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Melainkan di era komputerisasi seperti ketika ini, pertanda tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, namun juga mesti dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin pedoman tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak seluruh orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada metode untuk menandatangani dokumen komputerisasi, khususnya pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi opsi banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Walaupun tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, web office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah dipakai oleh 258 juta user.

Nah bagaimana metode membubuhkan pertanda tangan pada dokumen komputerisasi yang diciptakan dengan Microsoft Word tanpa wajib mencetaknya lebih-lebih dulu?

Kita dapat membubuhkan pertanda tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan pertanda tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pedoman tangan komputerisasi sebagai pertanda komputerisasi yang terenkripsi dan amat aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Walaupun petunjuk tangan elektronik ialah petunjuk virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang lazimnya berupa gambar pertanda tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pedoman tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung variasi software yang diterapkan. Fitur keamanan itu seumpama berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus pedoman tangan elektronik ataupun petunjuk tangan komputerisasi dianggap legal dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan pertanda tangan dari pihak lain, yang pertama dijalankan ialah menyisipkan “daerah” pertanda tangan atau Signature Line. Demikian langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi petunjuk tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di kategori Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK saat pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili surat elektronik. Sekiranya diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Apabila diperlukan, klik untuk mencentang pilihan menonjolkan tanggal pedoman tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pertanda tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Jikalau dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk memperhatikan siapa saja yang sepatutnya menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang semestinya ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK dikala pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace sekiranya akan menerapkan layanan pertanda tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar pedoman tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Seandainya Anda berkeinginan membubuhkan pertanda tangan elektronik pada dokumen Word, seperti ini caranya:

Bubuhkan petunjuk tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pertanda tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan wujud .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting memakai tab Picture Tools Wujud
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Dikala Anda akan membubuhkan pedoman tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pedoman tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pedoman tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada petunjuk tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pedoman tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pertanda tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Dikala Anda akan memakai petunjuk tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pertanda tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Bontang. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar