Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Bula

Metode Gampang Membikin Tanda Tangan Komputerisasi

Dunia yang serba Otomatis ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian kultur baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya yaitu pedoman tangan komputerisasi untuk mensahkan dokumen.

Sekiranya sebelumnya pedoman tangan identik dengan artikel tangan dan bolpoin berair, ketika ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membolehkan pemakaian pertanda tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan pertanda tangan komputerisasi, berikut sistem paling gampang untuk membuatnya. Dapat dipakai PC/notebook, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Laman Online Signature

Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau wajib membuka website Online Signature. Hakekatnya ada sebagian laman yang dapat diaplikasikan, melainkan sekiranya berkeinginan yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka web Online Signature, langkah yang seharusnya kau lakukan yaitu memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas situs website.

3. Gambar Petunjuk Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pedoman tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad sekiranya dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Petunjuk Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Bila mengklik tombol Save, akan timbul alternatif Unduh Signature seperti di bawah ini. Pertanda tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Free

Cara membikin tanda tangan digital online makin ramai dicari sejak COVID-19 merebak. Setelah berprofesi secara WFH, berharap tak ingin pekerja harus membuat tangan tangan komputerisasi.

Membuat ttd komputerisasi bisa dikerjakan lewat website, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Walaupun ada versi berbayar, tetapi ketiga laman tersebut menawarkan jasa membikin ttd online secara gratis.
Sistem Membuat Petunjuk Tangan Komputerisasi Barcode
1. CreateMySignature
Cara Membuat Petunjuk Tangan Digital Online Dipungut (1)
searchPerbesar
Tampilan website CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Situs pertama yang menawarkan jasa signature pedoman tangan digital merupakan CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) website ini sangat sederhana dan mudah dipahami.
Berikut ialah metode membuat tanda tangan digital melalui CreateMySignature:

Buka createmysignature.com via browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di komponen sebelah kiri layar.
Buat pertanda tangan yang diinginkan. Kalau masih ragu, kau dapat menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Kalau telah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil pertanda tangan digital akan tersimpan otomatis dengan wujud file PNG

Kecuali membuat petunjuk tangan digital, CreateMySignature ini juga bisa menandatangani file PDF secara lantas. Berikut ini adalah caranya:

Buka createmysignature.com via browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang berkeinginan ditandatangani. Pada tahap ini, kamu cuma bisa memilih dokumen dengan ukuran file optimal 10 MB
File PDF akan muncul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat tanda tangan yang diinginkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan tanda tangan dengan metode menggesar (drag) ke halaman PDF yang diharapkan
Apabila telah, tekan ‘Save’ dan \’Unduh\’

2. Signaturely
Metode Membikin Pertanda Tangan Digital Online Cuma-cuma (2)
searchPerbesar
Tampilan web signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Berikutnya, ada laman bernama Signaturely. Dalam web ini, kamu bisa membikin petunjuk tangan dengan sistem manual dan otomatis. Berikut ini ialah sistem membikin tanda tangan melewati Signaturely:

Buka signaturely.com melalui browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Usul pedoman tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan pedoman tangan
Tekan \’Unduh eSignature\’ untuk menyimpan petunjuk tangan digital

3. Docsketch
Cara Membuat Petunjuk Tangan Digital Online Tidak (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di web resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur tanda tangan komputerisasi. Kemudian, web ini bisa diakses secara free. Berikut ini ialah cara menerapkannya:

Buka docsketch.com melewati browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah pedoman tangan layak kemauan. Apabila belum puas, kau bisa mengulang dan menghapus tanda tangan dengan metode menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna tanda tangan dengan fitur \’Color\’ di komponen bawah kolom tanda tangan
Setelah puas dengan hasil petunjuk tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background jika ingin membuat latar (background) petunjuk tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Download\’ untuk menaruh pedoman tangan ke notebook atau telpon seluler

Hasil petunjuk tangan akan tersimpan di folder \’Download\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah sistem membikin pertanda tangan komputerisasi online lewat beberapa laman. Kamu tinggal memilih web di atas untuk membuat pertanda tangan secara digital.

Ketiga website website tadi dapat diaplikasikan secara tidak dipungut bayaran dengan sejumlah batasan, misal, pengguna hanya bisa membubuhkan pedoman tangan digital sebanyak satu sampai tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan hal yang demikian dan membuka seluruh fiturnya, pengguna harus berlangganan.

5. Pedoman Tangan Komputerisasi Siap Diterapkan

Sesudah tersimpan, kau dapat mengaplikasikannya untuk seluruh dokumen yang diharapkan dengan melekatkan petunjuk tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda Tangan Elektronik

Seperti Metode Gampang Membubuhkan Digital Signature di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pertanda tangan komputerisasi ataupun petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word? Demikian langkah-langkahnya.

Membubuhkan petunjuk tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik memakai alat tulis pada sebuah media yang umumnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, petunjuk tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak kapabel atau mungkin sulit untuk mengikutinya. Oleh sebab itu pertanda tangan diperlukan pada dikala, semisal melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Tapi di era komputerisasi seperti ketika ini, pedoman tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, namun juga patut dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak segala orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada metode untuk menandatangani dokumen komputerisasi, khususnya pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi opsi banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Padahal tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, website office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah dipakai oleh 258 juta user.

Nah bagaimana sistem membubuhkan pertanda tangan pada dokumen komputerisasi yang diciptakan dengan Microsoft Word tanpa seharusnya mencetaknya secara khusus dulu?

Kita dapat membubuhkan pertanda tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan pertanda tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pedoman tangan komputerisasi sebagai pedoman komputerisasi yang terenkripsi dan amat aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Padahal pertanda tangan elektronik yakni pertanda virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang lazimnya berupa gambar pertanda tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pedoman tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung ragam software yang diterapkan. Fitur keamanan itu seumpama berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus pedoman tangan elektronik ataupun petunjuk tangan komputerisasi dianggap resmi dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan pedoman tangan dari pihak lain, yang pertama dijalankan yakni menyisipkan “daerah” pedoman tangan atau Signature Line. Ini langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi petunjuk tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di klasifikasi Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK dikala pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili email. Sekiranya diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Seandainya diperlukan, klik untuk mencentang pilihan menonjolkan tanggal pertanda tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pertanda tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Kalau dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk mengamati siapa saja yang seharusnya menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang patut ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK dikala pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace seandainya akan memakai layanan pertanda tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar pertanda tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Apabila Anda berkeinginan membubuhkan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word, semacam ini caranya:

Bubuhkan pertanda tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pertanda tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan wujud .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting menerapkan tab Picture Tools Wujud
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Ketika Anda akan membubuhkan pedoman tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pertanda tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah petunjuk tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada pedoman tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pertanda tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pertanda tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Saat Anda akan memakai pedoman tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi petunjuk tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Bula. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar