Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Lotu

Metode Gampang Membikin Tanda Tangan Komputerisasi

Dunia yang serba digital ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian tradisi baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya yaitu petunjuk tangan komputerisasi untuk meresmikan dokumen.

Sekiranya sebelumnya pertanda tangan identik dengan artikel tangan dan bolpen berair, dikala ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membiarkan pemakaian petunjuk tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan pertanda tangan komputerisasi, berikut metode paling gampang untuk membuatnya. Dapat dipakai PC/komputer jinjing, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Website Online Signature

Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau patut membuka web Online Signature. Hakekatnya ada sebagian laman yang dapat diterapkan, namun sekiranya berkeinginan yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka web Online Signature, langkah yang wajib kau lakukan adalah memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas website website.

3. Gambar Pedoman Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pedoman tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad bila dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Pedoman Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Bila mengklik tombol Save, akan timbul opsi Unduh Signature seperti di bawah ini. Petunjuk tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Dipungut

Sistem membuat petunjuk tangan komputerisasi online makin ramai dicari semenjak COVID-19 merebak. Setelah bekerja secara WFH, mau tak berharap pekerja mesti membuat tangan tangan digital.

Membuat ttd komputerisasi bisa dilaksanakan melewati laman, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Padahal ada versi berbayar, namun ketiga website hal yang demikian menawarkan jasa membikin ttd online secara cuma-cuma.
Metode Membuat Petunjuk Tangan Komputerisasi Barcode
1. CreateMySignature
Sistem Membikin Pedoman Tangan Komputerisasi Online Gratis (1)
searchPerbesar
Tampilan situs CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Web pertama yang menawarkan jasa signature tanda tangan komputerisasi yaitu CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) laman ini benar-benar sederhana dan mudah dipahami.
Berikut ialah sistem membikin tanda tangan digital via CreateMySignature:

Buka createmysignature.com melewati browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di bagian sebelah kiri layar.
Buat pertanda tangan yang diinginkan. Sekiranya masih ragu, kamu dapat menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Kalau telah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil tanda tangan komputerisasi akan tersimpan otomatis dengan wujud file PNG

Selain membuat pertanda tangan digital, CreateMySignature ini juga dapat menandatangani file PDF secara seketika. Berikut ini merupakan caranya:

Buka createmysignature.com via browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang berkeinginan ditandatangani. Pada tahap ini, kau hanya dapat memilih dokumen dengan ukuran file maksimal 10 MB
File PDF akan timbul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat pedoman tangan yang diharapkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan pertanda tangan dengan sistem menggesar (drag) ke halaman PDF yang diinginkan
Bila telah, tekan ‘Save’ dan \’Download\’

2. Signaturely
Cara Membikin Pertanda Tangan Komputerisasi Online Gratis (2)
searchPerbesar
Tampilan laman signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Selanjutnya, ada web bernama Signaturely. Dalam website ini, kau bisa membuat pertanda tangan dengan sistem manual dan otomatis. Berikut ini merupakan metode membuat petunjuk tangan lewat Signaturely:

Buka signaturely.com melalui browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Usulan petunjuk tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan pertanda tangan
Tekan \’Download eSignature\’ untuk menaruh petunjuk tangan komputerisasi

3. Docsketch
Metode Membikin Pertanda Tangan Digital Online Dipungut (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di laman resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur tanda tangan digital. Kemudian, situs ini dapat diakses secara cuma-cuma. Berikut ini yaitu cara memakainya:

Buka docsketch.com melewati browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah petunjuk tangan cocok keinginan. Sekiranya belum puas, kamu dapat mengulang dan menghapus pertanda tangan dengan metode menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna petunjuk tangan dengan fitur \’Color\’ di komponen bawah kolom pedoman tangan
Sesudah puas dengan hasil pedoman tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background jika berkeinginan membikin latar (background) tanda tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Unduh\’ untuk menaruh petunjuk tangan ke laptop atau telepon seluler

Hasil pertanda tangan akan tersimpan di folder \’Download\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah metode membikin pertanda tangan digital online lewat beberapa website. Kau tinggal memilih laman di atas untuk membikin pertanda tangan secara digital.

Ketiga situs web tadi bisa digunakan secara cuma-cuma dengan sejumlah batasan, misal, pengguna hanya bisa membubuhkan pedoman tangan digital sebanyak satu sampai tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan hal yang demikian dan membuka seluruh fiturnya, pengguna semestinya berlangganan.

5. Petunjuk Tangan Komputerisasi Siap Diterapkan

Sesudah tersimpan, kau dapat menerapkannya untuk segala dokumen yang diharapkan dengan melekatkan pertanda tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda Tangan Elektronik

Seperti Sistem Gampang Membubuhkan Tanda Tangan Elektronik di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pedoman tangan komputerisasi ataupun pedoman tangan elektronik pada dokumen Word? Ini langkah-langkahnya.

Membubuhkan petunjuk tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik memakai alat tulis pada sebuah media yang umumnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pertanda tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak sanggup atau mungkin sulit untuk mencontohnya. Oleh sebab itu pertanda tangan diperlukan pada ketika, semisal melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Tapi di era komputerisasi seperti ketika ini, pedoman tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, tetapi juga wajib dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin pertanda tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak seluruh orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada sistem untuk menandatangani dokumen komputerisasi, lebih-lebih pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi opsi banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Walaupun tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, laman office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah dipakai oleh 258 juta user.

Nah bagaimana sistem membubuhkan pertanda tangan pada dokumen komputerisasi yang diciptakan dengan Microsoft Word tanpa seharusnya mencetaknya khususnya dulu?

Kita dapat membubuhkan pedoman tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan petunjuk tangan komputerisasi sebagai pedoman komputerisasi yang terenkripsi dan sungguh-sungguh aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Padahal pertanda tangan elektronik merupakan pedoman virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang biasanya berupa gambar pertanda tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pedoman tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung tipe software yang diaplikasikan. Fitur keamanan itu seumpama berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus petunjuk tangan elektronik ataupun pertanda tangan komputerisasi dianggap legal dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan pedoman tangan dari pihak lain, yang pertama dikerjakan yakni menyisipkan “daerah” pertanda tangan atau Signature Line. Seperti langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi pedoman tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di kategori Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK dikala pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili email. Jikalau diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Jikalau diperlukan, klik untuk mencentang pilihan menonjolkan tanggal petunjuk tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pertanda tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Sekiranya dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk memandang siapa saja yang semestinya menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang patut ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK saat pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace bila akan memakai layanan petunjuk tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar pertanda tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Apabila Anda mau membubuhkan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word, semacam ini caranya:

Bubuhkan petunjuk tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pedoman tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan wujud .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting mengaplikasikan tab Picture Tools Wujud
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Ketika Anda akan membubuhkan petunjuk tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar petunjuk tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pedoman tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada pedoman tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pertanda tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar petunjuk tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Dikala Anda akan mengaplikasikan petunjuk tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pedoman tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Lotu. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar