Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Luwu

Metode Gampang Membikin Tanda Tangan Elektronik

Dunia yang serba komputerisasi ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian adat istiadat baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya merupakan pedoman tangan komputerisasi untuk meresmikan dokumen.

Sekiranya sebelumnya pertanda tangan identik dengan artikel tangan dan bolpoin berair, ketika ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah memperkenankan penerapan pertanda tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan petunjuk tangan komputerisasi, berikut sistem paling gampang untuk membuatnya. Dapat dipakai PC/notebook, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Web Online Signature

Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau seharusnya membuka web Online Signature. Sebetulnya ada sebagian website yang dapat diaplikasikan, melainkan kalau berkeinginan yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka laman Online Signature, langkah yang sepatutnya kau lakukan yaitu memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas web web.

3. Gambar Pedoman Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar petunjuk tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad kalau dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Pedoman Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Sekiranya mengklik tombol Save, akan timbul alternatif Unduh Signature seperti di bawah ini. Petunjuk tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Dipungut

Metode membikin tanda tangan digital online makin ramai dicari semenjak COVID-19 merebak. Setelah berprofesi secara WFH, berkeinginan tak ingin pekerja mesti membikin tangan tangan komputerisasi.

Membuat ttd digital bisa dilakukan melalui situs, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Meskipun ada versi berbayar, namun ketiga web tersebut menawarkan jasa membikin ttd online secara tidak dipungut bayaran.
Metode Membikin Pertanda Tangan Komputerisasi Barcode
1. CreateMySignature
Metode Membuat Petunjuk Tangan Komputerisasi Online Dipungut (1)
searchPerbesar
Tampilan website CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Web pertama yang menawarkan jasa signature tanda tangan komputerisasi adalah CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) laman ini sangat sederhana dan gampang dipahami.
Berikut merupakan sistem membuat pertanda tangan komputerisasi melalui CreateMySignature:

Buka createmysignature.com via browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di komponen sebelah kiri layar.
Buat tanda tangan yang diharapkan. Seandainya masih ragu, kau bisa menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Jika telah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil petunjuk tangan digital akan tersimpan otomatis dengan format file PNG

Selain membikin tanda tangan komputerisasi, CreateMySignature ini juga bisa menandatangani file PDF secara langsung. Berikut ini adalah caranya:

Buka createmysignature.com via browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang ingin ditandatangani. Pada tahap ini, kau cuma bisa memilih dokumen dengan ukuran file maksimal 10 MB
File PDF akan timbul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat tanda tangan yang diharapkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan pertanda tangan dengan cara menggesar (drag) ke halaman PDF yang diharapkan
Kalau sudah, tekan ‘Save’ dan \’Unduh\’

2. Signaturely
Metode Membuat Tanda Tangan Digital Online Gratis (2)
searchPerbesar
Tampilan website signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Berikutnya, ada web bernama Signaturely. Dalam situs ini, kau dapat membuat petunjuk tangan dengan sistem manual dan otomatis. Berikut ini yakni cara membuat pedoman tangan melewati Signaturely:

Buka signaturely.com via browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Usulan tanda tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan petunjuk tangan
Tekan \’Unduh eSignature\’ untuk menyimpan pedoman tangan digital

3. Docsketch
Metode Membikin Petunjuk Tangan Digital Online Dipungut (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di website resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur pedoman tangan digital. Kemudian, website ini bisa diakses secara gratis. Berikut ini merupakan cara memakainya:

Buka docsketch.com via browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah pedoman tangan sesuai harapan. Bila belum puas, kamu bisa mengulang dan menghapus tanda tangan dengan metode menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna pedoman tangan dengan fitur \’Color\’ di bagian bawah kolom petunjuk tangan
Sesudah puas dengan hasil petunjuk tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background apabila berharap membuat latar (background) pertanda tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Download\’ untuk menaruh pedoman tangan ke notebook atau smartphone

Hasil tanda tangan akan tersimpan di folder \’Download\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah metode membuat tanda tangan digital online via sebagian laman. Kau tinggal memilih laman di atas untuk membikin pedoman tangan secara komputerisasi.

Ketiga web situs tadi dapat diterapkan secara gratis dengan sejumlah batasan, misal, pengguna cuma bisa membubuhkan pedoman tangan digital sebanyak satu hingga tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan tersebut dan membuka semua fiturnya, pengguna sepatutnya abonemen.

5. Petunjuk Tangan Komputerisasi Siap Dipakai

Sesudah tersimpan, kau dapat mengaplikasikannya untuk segala dokumen yang diharapkan dengan melekatkan pertanda tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda Tangan Elektronik

Ini Sistem Gampang Membubuhkan Tanda Tangan Elektronik di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan petunjuk tangan komputerisasi ataupun pedoman tangan elektronik pada dokumen Word? Ini langkah-langkahnya.

Membubuhkan pedoman tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik memakai alat tulis pada sebuah media yang lazimnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pertanda tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak kapabel atau mungkin sulit untuk mencontohnya. Oleh sebab itu petunjuk tangan diperlukan pada ketika, umpamanya melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Melainkan di era komputerisasi seperti dikala ini, pedoman tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, melainkan juga sepatutnya dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin pertanda tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak seluruh orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada sistem untuk menandatangani dokumen komputerisasi, terutamanya pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi alternatif banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Walaupun tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, web office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah diaplikasikan oleh 258 juta user.

Nah bagaimana sistem membubuhkan pedoman tangan pada dokumen komputerisasi yang diwujudkan dengan Microsoft Word tanpa mesti mencetaknya secara khusus dulu?

Kita dapat membubuhkan pedoman tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan petunjuk tangan komputerisasi sebagai pertanda komputerisasi yang terenkripsi dan amat aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Meski pedoman tangan elektronik merupakan petunjuk virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang lazimnya berupa gambar pedoman tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pedoman tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung tipe software yang dipakai. Fitur keamanan itu seumpama berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus pedoman tangan elektronik ataupun pertanda tangan komputerisasi dianggap legal dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan petunjuk tangan dari pihak lain, yang pertama dikerjakan yakni menyisipkan “daerah” petunjuk tangan atau Signature Line. Seperti langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi petunjuk tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di klasifikasi Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK dikala pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili email. Apabila diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Bila diperlukan, klik untuk mencentang alternatif menampakkan tanggal pedoman tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan petunjuk tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Bila dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk memandang siapa saja yang wajib menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang semestinya ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK dikala pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace jikalau akan mengaplikasikan layanan petunjuk tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar pedoman tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Apabila Anda mau membubuhkan pedoman tangan elektronik pada dokumen Word, seperti ini caranya:

Bubuhkan pedoman tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pertanda tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan wujud .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting menerapkan tab Picture Tools Wujud
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Dikala Anda akan membubuhkan pertanda tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pedoman tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah petunjuk tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada petunjuk tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pedoman tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar petunjuk tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Saat Anda akan mengaplikasikan pertanda tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pedoman tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Luwu. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar