Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Pasarwajo

Cara Gampang Membikin Tanda Tangan Komputerisasi

Dunia yang serba komputerisasi ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian tradisi baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya yakni pertanda tangan komputerisasi untuk meresmikan dokumen.

Seandainya sebelumnya pedoman tangan identik dengan artikel tangan dan bolpoin berair, dikala ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah memperkenankan pengaplikasian pertanda tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan pedoman tangan komputerisasi, berikut metode paling gampang untuk membuatnya. Dapat dipakai PC/notebook, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Website Online Signature

Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau semestinya membuka web Online Signature. Hakekatnya ada sebagian laman yang dapat diaplikasikan, melainkan kalau berkeinginan yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka laman Online Signature, langkah yang semestinya kau lakukan adalah memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas situs web.

3. Gambar Pertanda Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pedoman tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad sekiranya dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Pedoman Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Seandainya mengklik tombol Save, akan timbul alternatif Unduh Signature seperti di bawah ini. Pertanda tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Dipungut

Sistem membikin pertanda tangan digital online makin ramai dicari semenjak COVID-19 merebak. Setelah berprofesi secara WFH, ingin tidak berkeinginan pekerja semestinya membuat tangan tangan komputerisasi.

Membikin ttd digital dapat dilakukan lewat laman, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Walaupun ada versi berbayar, tapi ketiga website tersebut menawarkan jasa membuat ttd online secara cuma-cuma.
Cara Membuat Pedoman Tangan Komputerisasi Barcode
1. CreateMySignature
Cara Membikin Pertanda Tangan Digital Online Bayaran (1)
searchPerbesar
Tampilan website CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Situs pertama yang menawarkan jasa signature tanda tangan digital yaitu CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) laman ini amat sederhana dan mudah dipahami.
Berikut yakni metode membuat pertanda tangan komputerisasi melewati CreateMySignature:

Buka createmysignature.com melewati browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di bagian sebelah kiri layar.
Buat pertanda tangan yang diinginkan. Jika masih ragu, kamu bisa menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Jikalau telah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil pedoman tangan komputerisasi akan tersimpan otomatis dengan wujud file PNG

Selain membikin petunjuk tangan komputerisasi, CreateMySignature ini juga bisa menandatangani file PDF secara segera. Berikut ini merupakan caranya:

Buka createmysignature.com melewati browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang berkeinginan ditandatangani. Pada tahap ini, kau cuma bisa memilih dokumen dengan ukuran file maksimal 10 MB
File PDF akan muncul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat petunjuk tangan yang diharapkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan pertanda tangan dengan cara menggesar (drag) ke halaman PDF yang diharapkan
Jikalau telah, tekan ‘Save’ dan \’Unduh\’

2. Signaturely
Sistem Membuat Pedoman Tangan Digital Online Cuma-cuma (2)
searchPerbesar
Tampilan web signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Selanjutnya, ada website bernama Signaturely. Dalam laman ini, kamu dapat membuat tanda tangan dengan cara manual dan otomatis. Berikut ini yaitu metode membikin tanda tangan via Signaturely:

Buka signaturely.com lewat browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Usulan tanda tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan tanda tangan
Tekan \’Download eSignature\’ untuk menaruh petunjuk tangan komputerisasi

3. Docsketch
Sistem Membuat Pertanda Tangan Digital Online Free (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di web resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur pedoman tangan komputerisasi. Kemudian, laman ini dapat diakses secara tidak dipungut bayaran. Berikut ini adalah cara menggunakannya:

Buka docsketch.com lewat browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah petunjuk tangan cocok kemauan. Sekiranya belum puas, kamu bisa mengulang dan menghapus petunjuk tangan dengan cara menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna pedoman tangan dengan fitur \’Color\’ di bagian bawah kolom pedoman tangan
Sesudah puas dengan hasil petunjuk tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background apabila ingin membikin latar (background) pertanda tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Unduh\’ untuk menyimpan tanda tangan ke notebook atau smartphone

Hasil petunjuk tangan akan tersimpan di folder \’Download\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah sistem membikin tanda tangan digital online melewati sebagian website. Kau tinggal memilih web di atas untuk membuat pertanda tangan secara komputerisasi.

Ketiga web website tadi dapat digunakan secara gratis dengan sejumlah batasan, misal, pengguna hanya dapat membubuhkan tanda tangan komputerisasi sebanyak satu sampai tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan tersebut dan membuka segala fiturnya, pengguna harus berlangganan.

5. Pertanda Tangan Komputerisasi Siap Dipakai

Sesudah tersimpan, kau dapat menerapkannya untuk seluruh dokumen yang diharapkan dengan merekatkan pertanda tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda Tangan Elektronik

Ini Sistem Gampang Membubuhkan Tanda Tangan Elektronik di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pedoman tangan komputerisasi ataupun pedoman tangan elektronik pada dokumen Word? Ini langkah-langkahnya.

Membubuhkan pertanda tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik mengaplikasikan alat tulis pada sebuah media yang lazimnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pertanda tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak sanggup atau mungkin sulit untuk mengikutinya. Oleh sebab itu pertanda tangan diperlukan pada dikala, umpamanya melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Melainkan di era komputerisasi seperti ketika ini, pertanda tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, namun juga seharusnya dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak seluruh orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada sistem untuk menandatangani dokumen komputerisasi, terlebih pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi opsi banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Padahal tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, web office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah diaplikasikan oleh 258 juta user.

Nah bagaimana sistem membubuhkan pedoman tangan pada dokumen komputerisasi yang diwujudkan dengan Microsoft Word tanpa sepatutnya mencetaknya khususnya dulu?

Kita dapat membubuhkan petunjuk tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan pertanda tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pertanda tangan komputerisasi sebagai pertanda komputerisasi yang terenkripsi dan amat aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Meski pertanda tangan elektronik yakni pertanda virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang biasanya berupa gambar pertanda tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Petunjuk tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung ragam software yang dipakai. Fitur keamanan itu umpamanya berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus pertanda tangan elektronik ataupun petunjuk tangan komputerisasi dianggap resmi dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan petunjuk tangan dari pihak lain, yang pertama dikerjakan yaitu menyisipkan “daerah” pedoman tangan atau Signature Line. Ini langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi petunjuk tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di golongan Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK dikala pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili e-mail. Bila diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Apabila diperlukan, klik untuk mencentang alternatif memperlihatkan tanggal petunjuk tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pedoman tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Bila dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk memperhatikan siapa saja yang mesti menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang semestinya ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK dikala pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace sekiranya akan mengaplikasikan layanan pedoman tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar petunjuk tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Sekiranya Anda berkeinginan membubuhkan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word, demikian ini caranya:

Bubuhkan pertanda tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pedoman tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan bentuk .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting mengaplikasikan tab Picture Tools Bentuk
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Ketika Anda akan membubuhkan pedoman tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar petunjuk tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pertanda tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada petunjuk tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pedoman tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pertanda tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Saat Anda akan mengaplikasikan pedoman tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pertanda tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Pasarwajo. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar