Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Piru

Cara Gampang Membikin Tanda Tangan Elektronik

Dunia yang serba Otomatis ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian adat istiadat baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya yaitu pedoman tangan komputerisasi untuk meresmikan dokumen.

Apabila sebelumnya pedoman tangan identik dengan artikel tangan dan bolpen berair, dikala ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membolehkan penerapan pedoman tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan pedoman tangan komputerisasi, berikut sistem paling gampang untuk membuatnya. Dapat diterapkan PC/komputer jinjing, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Laman Online Signature

Untuk membikin pedoman tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau sepatutnya membuka web Online Signature. Sesungguhnya ada sebagian website yang dapat diterapkan, melainkan seandainya berharap yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka laman Online Signature, langkah yang semestinya kau lakukan merupakan memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas website laman.

3. Gambar Pertanda Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pertanda tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad bila dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Petunjuk Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Sekiranya mengklik tombol Save, akan timbul alternatif Unduh Signature seperti di bawah ini. Petunjuk tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Dipungut

Sistem membikin pedoman tangan komputerisasi online makin ramai dicari sejak COVID-19 merebak. Sesudah berprofesi secara WFH, berharap tak berharap pekerja semestinya membikin tangan tangan komputerisasi.

Membuat ttd digital dapat dilakukan lewat situs, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Meskipun ada versi berbayar, tetapi ketiga website tersebut menawarkan jasa membuat ttd online secara gratis.
Sistem Membuat Petunjuk Tangan Komputerisasi Barcode
1. CreateMySignature
Sistem Membikin Pedoman Tangan Digital Online Free (1)
searchPerbesar
Tampilan laman CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Situs pertama yang menawarkan jasa signature tanda tangan digital yakni CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) web ini betul-betul simpel dan gampang dipahami.
Berikut yaitu cara membuat pedoman tangan digital melalui CreateMySignature:

Buka createmysignature.com melalui browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di bagian sebelah kiri layar.
Buat petunjuk tangan yang diharapkan. Apabila masih ragu, kau bisa menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Seandainya telah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil tanda tangan digital akan tersimpan otomatis dengan bentuk file PNG

Kecuali membikin pedoman tangan digital, CreateMySignature ini juga bisa menandatangani file PDF secara segera. Berikut ini adalah caranya:

Buka createmysignature.com via browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang berharap ditandatangani. Pada tahap ini, kamu hanya dapat memilih dokumen dengan ukuran file maksimal 10 MB
File PDF akan timbul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat pertanda tangan yang diharapkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan tanda tangan dengan sistem menggesar (drag) ke halaman PDF yang diharapkan
Bila telah, tekan ‘Save’ dan \’Unduh\’

2. Signaturely
Cara Membuat Petunjuk Tangan Komputerisasi Online Cuma-cuma (2)
searchPerbesar
Tampilan situs signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Berikutnya, ada website bernama Signaturely. Dalam laman ini, kau bisa membuat tanda tangan dengan cara manual dan otomatis. Berikut ini adalah sistem membikin tanda tangan lewat Signaturely:

Buka signaturely.com via browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Usulan pertanda tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan petunjuk tangan
Tekan \’Download eSignature\’ untuk menyimpan tanda tangan komputerisasi

3. Docsketch
Sistem Membuat Petunjuk Tangan Digital Online Dipungut (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di laman resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur petunjuk tangan komputerisasi. Kemudian, laman ini bisa diakses secara tidak dipungut bayaran. Berikut ini yakni sistem menerapkannya:

Buka docsketch.com melalui browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah tanda tangan layak keinginan. Jika belum puas, kamu bisa mengulang dan menghapus pertanda tangan dengan cara menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna petunjuk tangan dengan fitur \’Color\’ di bagian bawah kolom pertanda tangan
Sesudah puas dengan hasil tanda tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background seandainya berharap membuat latar (background) pedoman tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Unduh\’ untuk menaruh tanda tangan ke laptop atau smartphone

Hasil petunjuk tangan akan tersimpan di folder \’Download\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah sistem membuat pedoman tangan komputerisasi online melewati sebagian laman. Kau tinggal memilih situs di atas untuk membikin pedoman tangan secara komputerisasi.

Ketiga situs laman tadi bisa dipakai secara gratis dengan sejumlah batasan, misal, pengguna hanya bisa membubuhkan petunjuk tangan digital sebanyak satu sampai tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan tersebut dan membuka semua fiturnya, pengguna seharusnya abonemen.

5. Pedoman Tangan Komputerisasi Siap Diterapkan

Sesudah tersimpan, kau dapat menerapkannya untuk seluruh dokumen yang diharapkan dengan merekatkan pertanda tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda Tangan Elektronik

Seperti Sistem Gampang Membubuhkan Tanda Tangan Elektronik di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pedoman tangan komputerisasi ataupun petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word? Demikian langkah-langkahnya.

Membubuhkan petunjuk tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik menerapkan alat tulis pada sebuah media yang umumnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pedoman tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak sanggup atau mungkin sulit untuk mencontohnya. Oleh sebab itu pedoman tangan diperlukan pada ketika, seumpama melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Melainkan di era komputerisasi seperti dikala ini, pedoman tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, namun juga patut dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin pertanda tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak seluruh orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada metode untuk menandatangani dokumen komputerisasi, secara khusus pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi opsi banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Sedangkan tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, website office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah dipakai oleh 258 juta user.

Nah bagaimana metode membubuhkan pertanda tangan pada dokumen komputerisasi yang dihasilkan dengan Microsoft Word tanpa sepatutnya mencetaknya khususnya dulu?

Kita dapat membubuhkan pedoman tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan pertanda tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan petunjuk tangan komputerisasi sebagai pertanda komputerisasi yang terenkripsi dan betul-betul aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Meski pedoman tangan elektronik yakni petunjuk virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang biasanya berupa gambar petunjuk tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pedoman tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung tipe software yang diterapkan. Fitur keamanan itu contohnya berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus petunjuk tangan elektronik ataupun pertanda tangan komputerisasi dianggap resmi dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan petunjuk tangan dari pihak lain, yang pertama dikerjakan merupakan menyisipkan “daerah” pertanda tangan atau Signature Line. Ini langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi pedoman tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di klasifikasi Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK saat pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili e-mail. Seandainya diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Bila diperlukan, klik untuk mencentang pilihan menampakkan tanggal petunjuk tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pertanda tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Seandainya dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk memperhatikan siapa saja yang mesti menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang semestinya ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK dikala pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace seandainya akan menerapkan layanan petunjuk tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar pertanda tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Sekiranya Anda berkeinginan membubuhkan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word, demikian ini caranya:

Bubuhkan pedoman tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pertanda tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan bentuk .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting mengaplikasikan tab Picture Tools Wujud
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Dikala Anda akan membubuhkan pertanda tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pertanda tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pedoman tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada pertanda tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar petunjuk tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pertanda tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Saat Anda akan mengaplikasikan petunjuk tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi petunjuk tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Piru. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar