Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Purbalingga

Cara Gampang Membuat Tanda Tangan Komputerisasi

Dunia yang serba Otomatis ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian kultur baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya yakni pertanda tangan komputerisasi untuk mensahkan dokumen.

Seandainya sebelumnya pedoman tangan identik dengan artikel tangan dan bolpoin berair, ketika ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membolehkan pengaplikasian pedoman tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan petunjuk tangan komputerisasi, berikut sistem paling gampang untuk membuatnya. Dapat dipakai PC/komputer jinjing, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Web Online Signature

Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau seharusnya membuka website Online Signature. Hakekatnya ada sebagian website yang dapat diterapkan, namun sekiranya berkeinginan yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka web Online Signature, langkah yang semestinya kau lakukan merupakan memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas website web.

3. Gambar Pedoman Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar petunjuk tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad seandainya dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Pertanda Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Seandainya mengklik tombol Save, akan timbul alternatif Unduh Signature seperti di bawah ini. Pedoman tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Cuma-cuma

Sistem membuat tanda tangan digital online makin ramai dicari sejak COVID-19 merebak. Sesudah bekerja secara WFH, mau tak mau pekerja seharusnya membikin tangan tangan komputerisasi.

Membikin ttd digital dapat dikerjakan lewat web, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Meskipun ada versi berbayar, tapi ketiga laman tersebut menawarkan jasa membuat ttd online secara cuma-cuma.
Sistem Membuat Pertanda Tangan Digital Barcode
1. CreateMySignature
Cara Membikin Pertanda Tangan Digital Online Tidak (1)
searchPerbesar
Tampilan web CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Website pertama yang menawarkan jasa signature petunjuk tangan digital adalah CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) situs ini sangat simpel dan gampang dipahami.
Berikut merupakan cara membuat tanda tangan komputerisasi melewati CreateMySignature:

Buka createmysignature.com lewat browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di bagian sebelah kiri layar.
Buat petunjuk tangan yang diinginkan. Apabila masih ragu, kau bisa menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Sekiranya telah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil pedoman tangan komputerisasi akan tersimpan otomatis dengan bentuk file PNG

Kecuali membuat petunjuk tangan komputerisasi, CreateMySignature ini juga dapat menandatangani file PDF secara langsung. Berikut ini yaitu caranya:

Buka createmysignature.com melalui browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang berharap ditandatangani. Pada tahap ini, kau cuma bisa memilih dokumen dengan ukuran file optimal 10 MB
File PDF akan muncul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat tanda tangan yang diinginkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan petunjuk tangan dengan sistem menggesar (drag) ke halaman PDF yang diinginkan
Bila sudah, tekan ‘Save’ dan \’Download\’

2. Signaturely
Metode Membikin Pedoman Tangan Digital Online Bayaran (2)
searchPerbesar
Tampilan website signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Berikutnya, ada situs bernama Signaturely. Dalam web ini, kamu dapat membikin pertanda tangan dengan sistem manual dan otomatis. Berikut ini ialah cara membuat tanda tangan via Signaturely:

Buka signaturely.com melalui browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Usul pedoman tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan pertanda tangan
Tekan \’Download eSignature\’ untuk menaruh petunjuk tangan komputerisasi

3. Docsketch
Sistem Membikin Petunjuk Tangan Komputerisasi Online Tidak (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di laman resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur petunjuk tangan komputerisasi. Kemudian, website ini dapat diakses secara gratis. Berikut ini yaitu sistem mengaplikasikannya:

Buka docsketch.com melewati browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah pertanda tangan cocok harapan. Sekiranya belum puas, kau dapat mengulang dan menghapus pedoman tangan dengan sistem menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna pedoman tangan dengan fitur \’Color\’ di bagian bawah kolom pedoman tangan
Setelah puas dengan hasil pertanda tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background jikalau berkeinginan membuat latar (background) pertanda tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Unduh\’ untuk menyimpan tanda tangan ke laptop atau smartphone

Hasil tanda tangan akan tersimpan di folder \’Download\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah cara membuat pertanda tangan komputerisasi online lewat sebagian website. Kau tinggal memilih website di atas untuk membuat tanda tangan secara digital.

Ketiga laman situs tadi bisa digunakan secara gratis dengan sejumlah batasan, misal, pengguna hanya bisa membubuhkan pedoman tangan digital sebanyak satu sampai tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan tersebut dan membuka segala fiturnya, pengguna seharusnya berlangganan.

5. Petunjuk Tangan Komputerisasi Siap Diterapkan

Sesudah tersimpan, kau dapat memakainya untuk segala dokumen yang diharapkan dengan merekatkan petunjuk tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda tangan Digital

Ini Sistem Gampang Membubuhkan Tanda Tangan Elektronik di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pedoman tangan komputerisasi ataupun petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word? Ini langkah-langkahnya.

Membubuhkan pertanda tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik memakai alat tulis pada sebuah media yang umumnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, petunjuk tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak sanggup atau mungkin sulit untuk mengikutinya. Oleh sebab itu pedoman tangan diperlukan pada ketika, seumpama melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Melainkan di era komputerisasi seperti dikala ini, pedoman tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, namun juga seharusnya dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak seluruh orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada metode untuk menandatangani dokumen komputerisasi, terpenting pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi alternatif banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Padahal tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, web office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah diterapkan oleh 258 juta user.

Nah bagaimana metode membubuhkan pertanda tangan pada dokumen komputerisasi yang dijadikan dengan Microsoft Word tanpa wajib mencetaknya khususnya dulu?

Kita dapat membubuhkan petunjuk tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pedoman tangan komputerisasi sebagai petunjuk komputerisasi yang terenkripsi dan betul-betul aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Padahal pertanda tangan elektronik merupakan pedoman virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang biasanya berupa gambar pertanda tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pedoman tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung variasi software yang diaplikasikan. Fitur keamanan itu contohnya berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus petunjuk tangan elektronik ataupun pertanda tangan komputerisasi dianggap legal dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan pertanda tangan dari pihak lain, yang pertama dilaksanakan yaitu menyisipkan “daerah” petunjuk tangan atau Signature Line. Ini langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi pedoman tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di kategori Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK saat pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili e-mail. Seandainya diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Kalau diperlukan, klik untuk mencentang pilihan menonjolkan tanggal petunjuk tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pedoman tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Seandainya dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk mengamati siapa saja yang wajib menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang mesti ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK dikala pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace sekiranya akan mengaplikasikan layanan petunjuk tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar petunjuk tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Seandainya Anda berharap membubuhkan pedoman tangan elektronik pada dokumen Word, seperti ini caranya:

Bubuhkan pertanda tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pertanda tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan wujud .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting memakai tab Picture Tools Wujud
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Ketika Anda akan membubuhkan pertanda tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pertanda tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pedoman tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada pertanda tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pertanda tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pertanda tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Saat Anda akan memakai petunjuk tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pedoman tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Purbalingga. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar