Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Rantau Prapat

Metode Gampang Membuat Tanda Tangan Elektronik

Dunia yang serba digital ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian tradisi baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya yaitu petunjuk tangan komputerisasi untuk meresmikan dokumen.

Seandainya sebelumnya petunjuk tangan identik dengan artikel tangan dan bolpen berair, dikala ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membiarkan pengaplikasian petunjuk tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan pedoman tangan komputerisasi, berikut metode paling gampang untuk membuatnya. Dapat dipakai PC/komputer jinjing, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Web Online Signature

Untuk membikin pedoman tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau wajib membuka web Online Signature. Sebetulnya ada sebagian website yang dapat dipakai, tapi apabila berharap yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka website Online Signature, langkah yang seharusnya kau lakukan yaitu memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas website website.

3. Gambar Pedoman Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pedoman tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad bila dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Petunjuk Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Seandainya mengklik tombol Save, akan timbul alternatif Unduh Signature seperti di bawah ini. Pedoman tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Gratis

Metode membikin pertanda tangan komputerisasi online makin ramai dicari semenjak COVID-19 merebak. Setelah bekerja secara WFH, mau tidak ingin pekerja harus membuat tangan tangan komputerisasi.

Membikin ttd komputerisasi bisa dilaksanakan lewat situs, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Sedangkan ada versi berbayar, namun ketiga laman tersebut menawarkan jasa membikin ttd online secara tidak dipungut bayaran.
Sistem Membuat Petunjuk Tangan Komputerisasi Barcode
1. CreateMySignature
Metode Membikin Pertanda Tangan Digital Online Tidak (1)
searchPerbesar
Tampilan web CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Laman pertama yang menawarkan jasa signature tanda tangan digital yakni CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) website ini betul-betul simpel dan mudah dipahami.
Berikut yakni metode membuat petunjuk tangan digital melalui CreateMySignature:

Buka createmysignature.com melalui browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di bagian sebelah kiri layar.
Buat petunjuk tangan yang diharapkan. Sekiranya masih ragu, kamu dapat menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Seandainya sudah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Unduh’.
Hasil tanda tangan komputerisasi akan tersimpan otomatis dengan format file PNG

Kecuali membuat pertanda tangan komputerisasi, CreateMySignature ini juga bisa menandatangani file PDF secara seketika. Berikut ini yakni caranya:

Buka createmysignature.com via browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang mau ditandatangani. Pada tahap ini, kamu cuma bisa memilih dokumen dengan ukuran file optimal 10 MB
File PDF akan muncul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat tanda tangan yang diharapkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan pertanda tangan dengan cara menggesar (drag) ke halaman PDF yang diinginkan
Seandainya telah, tekan ‘Save’ dan \’Download\’

2. Signaturely
Metode Membikin Pedoman Tangan Komputerisasi Online Bayaran (2)
searchPerbesar
Tampilan situs signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Selanjutnya, ada laman bernama Signaturely. Dalam situs ini, kau bisa membikin petunjuk tangan dengan metode manual dan otomatis. Berikut ini adalah metode membuat pertanda tangan melewati Signaturely:

Buka signaturely.com lewat browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Usulan tanda tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan tanda tangan
Tekan \’Unduh eSignature\’ untuk menaruh pedoman tangan digital

3. Docsketch
Cara Membuat Pertanda Tangan Digital Online Cuma-cuma (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di laman resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur petunjuk tangan digital. Kemudian, laman ini dapat diakses secara gratis. Berikut ini merupakan metode menerapkannya:

Buka docsketch.com lewat browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah tanda tangan layak keinginan. Kalau belum puas, kau bisa mengulang dan menghapus pedoman tangan dengan metode menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna pedoman tangan dengan fitur \’Color\’ di komponen bawah kolom pedoman tangan
Sesudah puas dengan hasil pertanda tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background apabila ingin membikin latar (background) pertanda tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Unduh\’ untuk menyimpan tanda tangan ke notebook atau telpon seluler

Hasil petunjuk tangan akan tersimpan di folder \’Unduh\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah cara membikin petunjuk tangan digital online lewat sebagian laman. Kamu tinggal memilih laman di atas untuk membuat tanda tangan secara digital.

Ketiga website laman tadi bisa dipakai secara gratis dengan sejumlah batasan, misal, pengguna cuma dapat membubuhkan pedoman tangan komputerisasi sebanyak satu sampai tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan hal yang demikian dan membuka seluruh fiturnya, pengguna harus berlangganan.

5. Pedoman Tangan Komputerisasi Siap Diaplikasikan

Sesudah tersimpan, kau dapat menerapkannya untuk seluruh dokumen yang diharapkan dengan melekatkan pedoman tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda Tangan Elektronik

Ini Sistem Gampang Membubuhkan Digital Signature di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pertanda tangan komputerisasi ataupun petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word? Semacam langkah-langkahnya.

Membubuhkan pedoman tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik mengaplikasikan alat tulis pada sebuah media yang lazimnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pertanda tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak cakap atau mungkin sulit untuk mengikutinya. Oleh sebab itu petunjuk tangan diperlukan pada ketika, umpamanya melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Melainkan di era komputerisasi seperti ketika ini, pedoman tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, melainkan juga mesti dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin pertanda tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak seluruh orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada sistem untuk menandatangani dokumen komputerisasi, terpenting pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi opsi banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Walaupun tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, web office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah diterapkan oleh 258 juta user.

Nah bagaimana metode membubuhkan petunjuk tangan pada dokumen komputerisasi yang diciptakan dengan Microsoft Word tanpa wajib mencetaknya terutama dulu?

Kita dapat membubuhkan pertanda tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan pertanda tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pedoman tangan komputerisasi sebagai pertanda komputerisasi yang terenkripsi dan sungguh-sungguh aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Meski pertanda tangan elektronik merupakan pertanda virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang biasanya berupa gambar pertanda tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pedoman tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung variasi software yang diaplikasikan. Fitur keamanan itu umpamanya berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus petunjuk tangan elektronik ataupun pedoman tangan komputerisasi dianggap resmi dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan petunjuk tangan dari pihak lain, yang pertama dikerjakan merupakan menyisipkan “daerah” petunjuk tangan atau Signature Line. Semacam langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi pedoman tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di kategori Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK saat pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili email. Seandainya diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Sekiranya diperlukan, klik untuk mencentang pilihan menonjolkan tanggal pedoman tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan petunjuk tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Apabila dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk memandang siapa saja yang patut menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang sepatutnya ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK saat pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace jikalau akan memakai layanan pertanda tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar pertanda tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Sekiranya Anda berkeinginan membubuhkan pedoman tangan elektronik pada dokumen Word, seperti ini caranya:

Bubuhkan petunjuk tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pertanda tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan bentuk .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting menerapkan tab Picture Tools Bentuk
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Dikala Anda akan membubuhkan pertanda tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pertanda tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pertanda tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada petunjuk tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pertanda tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pedoman tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Saat Anda akan memakai pedoman tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pertanda tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Rantau Prapat. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar