Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Rasiei

Metode Gampang Membuat Tanda Tangan Elektronik

Dunia yang serba komputerisasi ini menuntut kita untuk menyesuaikan diri dengan sebagian budaya baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya adalah pedoman tangan komputerisasi untuk mensahkan dokumen.

Sekiranya sebelumnya pedoman tangan identik dengan artikel tangan dan bolpen berair, dikala ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah memperkenankan pemakaian pertanda tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan petunjuk tangan komputerisasi, berikut sistem paling gampang untuk membuatnya. Dapat diterapkan PC/notebook, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Laman Online Signature

Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau seharusnya membuka website Online Signature. Hakekatnya ada sebagian laman yang dapat diterapkan, tapi apabila berharap yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka laman Online Signature, langkah yang seharusnya kau lakukan merupakan memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas situs laman.

3. Gambar Pedoman Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pertanda tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad kalau dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Petunjuk Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Seandainya mengklik tombol Save, akan timbul opsi Unduh Signature seperti di bawah ini. Pedoman tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Bayaran

Metode membuat pedoman tangan digital online makin ramai dicari sejak COVID-19 merebak. Setelah bekerja secara WFH, berharap tak ingin pekerja harus membikin tangan tangan komputerisasi.

Membuat ttd digital dapat dijalankan melalui website, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Padahal ada versi berbayar, tapi ketiga web hal yang demikian menawarkan jasa membikin ttd online secara cuma-cuma.
Cara Membuat Pertanda Tangan Digital Barcode
1. CreateMySignature
Sistem Membuat Pedoman Tangan Komputerisasi Online Gratis (1)
searchPerbesar
Tampilan website CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Situs pertama yang menawarkan jasa signature pertanda tangan digital yakni CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) laman ini benar-benar simpel dan mudah dipahami.
Berikut yaitu sistem membuat tanda tangan komputerisasi melalui CreateMySignature:

Buka createmysignature.com melewati browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di bagian sebelah kiri layar.
Buat pertanda tangan yang diharapkan. Bila masih ragu, kau bisa menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Seandainya telah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil pertanda tangan komputerisasi akan tersimpan otomatis dengan wujud file PNG

Kecuali membuat petunjuk tangan digital, CreateMySignature ini juga dapat menandatangani file PDF secara seketika. Berikut ini yakni caranya:

Buka createmysignature.com melewati browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang ingin ditandatangani. Pada tahap ini, kamu cuma dapat memilih dokumen dengan ukuran file optimal 10 MB
File PDF akan timbul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat pertanda tangan yang diharapkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan pertanda tangan dengan cara menggesar (drag) ke halaman PDF yang diharapkan
Apabila telah, tekan ‘Save’ dan \’Unduh\’

2. Signaturely
Sistem Membuat Pedoman Tangan Komputerisasi Online Gratis (2)
searchPerbesar
Tampilan situs signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Berikutnya, ada laman bernama Signaturely. Dalam website ini, kamu bisa membuat tanda tangan dengan cara manual dan otomatis. Berikut ini yakni sistem membuat tanda tangan lewat Signaturely:

Buka signaturely.com lewat browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Masukan tanda tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan pedoman tangan
Tekan \’Download eSignature\’ untuk menaruh pedoman tangan digital

3. Docsketch
Metode Membuat Pertanda Tangan Komputerisasi Online Gratis (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di web resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur tanda tangan digital. Kemudian, laman ini dapat diakses secara cuma-cuma. Berikut ini adalah sistem menggunakannya:

Buka docsketch.com lewat browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah tanda tangan sesuai keinginan. Jikalau belum puas, kamu bisa mengulang dan menghapus petunjuk tangan dengan cara menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna petunjuk tangan dengan fitur \’Color\’ di bagian bawah kolom pedoman tangan
Sesudah puas dengan hasil petunjuk tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background bila berkeinginan membuat latar (background) pedoman tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Unduh\’ untuk menaruh petunjuk tangan ke notebook atau telpon pintar

Hasil petunjuk tangan akan tersimpan di folder \’Unduh\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah sistem membuat pertanda tangan digital online melalui beberapa web. Kamu tinggal memilih website di atas untuk membuat pertanda tangan secara komputerisasi.

Ketiga situs situs tadi bisa diterapkan secara free dengan sejumlah batasan, misal, pengguna hanya bisa membubuhkan tanda tangan komputerisasi sebanyak satu sampai tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan hal yang demikian dan membuka seluruh fiturnya, pengguna patut abonemen.

5. Pertanda Tangan Komputerisasi Siap Diaplikasikan

Sesudah tersimpan, kau dapat mengaplikasikannya untuk seluruh dokumen yang diharapkan dengan melekatkan petunjuk tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda Tangan Elektronik

Demikian Metode Gampang Membubuhkan Tanda Tangan Elektronik di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pedoman tangan komputerisasi ataupun pertanda tangan elektronik pada dokumen Word? Seperti langkah-langkahnya.

Membubuhkan pedoman tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik menerapkan alat tulis pada sebuah media yang umumnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, petunjuk tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak sanggup atau mungkin sulit untuk mencontohnya. Oleh sebab itu petunjuk tangan diperlukan pada ketika, seumpama melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Tapi di era komputerisasi seperti ketika ini, pertanda tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, namun juga patut dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin pedoman tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak seluruh orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada sistem untuk menandatangani dokumen komputerisasi, terutamanya pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi alternatif banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Padahal tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, website office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah diterapkan oleh 258 juta user.

Nah bagaimana sistem membubuhkan pertanda tangan pada dokumen komputerisasi yang diciptakan dengan Microsoft Word tanpa mesti mencetaknya terutamanya dulu?

Kita dapat membubuhkan pedoman tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pertanda tangan komputerisasi sebagai petunjuk komputerisasi yang terenkripsi dan betul-betul aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Meski petunjuk tangan elektronik merupakan pertanda virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang biasanya berupa gambar petunjuk tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pertanda tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung variasi software yang diaplikasikan. Fitur keamanan itu contohnya berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus petunjuk tangan elektronik ataupun petunjuk tangan komputerisasi dianggap legal dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan petunjuk tangan dari pihak lain, yang pertama dijalankan merupakan menyisipkan “daerah” pedoman tangan atau Signature Line. Seperti langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi petunjuk tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di klasifikasi Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK dikala pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili surat elektronik. Sekiranya diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Jikalau diperlukan, klik untuk mencentang pilihan menampakkan tanggal petunjuk tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pedoman tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Bila dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk memperhatikan siapa saja yang mesti menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang semestinya ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK saat pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace bila akan mengaplikasikan layanan pertanda tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar petunjuk tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Bila Anda berharap membubuhkan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word, demikian ini caranya:

Bubuhkan pedoman tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pertanda tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan wujud .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting mengaplikasikan tab Picture Tools Wujud
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Ketika Anda akan membubuhkan petunjuk tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pedoman tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pertanda tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada pedoman tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pertanda tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pertanda tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Saat Anda akan menerapkan pedoman tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi petunjuk tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Rasiei. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar