Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Sekayu

Cara Gampang Membikin Tanda Tangan Elektronik

Dunia yang serba digital ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian kultur baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya merupakan pertanda tangan komputerisasi untuk meresmikan dokumen.

Seandainya sebelumnya pedoman tangan identik dengan artikel tangan dan bolpen berair, ketika ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membiarkan pengaplikasian petunjuk tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan pertanda tangan komputerisasi, berikut metode paling gampang untuk membuatnya. Dapat dipakai PC/komputer jinjing, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Laman Online Signature

Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau wajib membuka website Online Signature. Sesungguhnya ada sebagian website yang dapat dipakai, tapi sekiranya berharap yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka website Online Signature, langkah yang wajib kau lakukan adalah memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas web laman.

3. Gambar Pedoman Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pedoman tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad sekiranya dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Petunjuk Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Seandainya mengklik tombol Save, akan timbul opsi Unduh Signature seperti di bawah ini. Pertanda tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Tidak

Metode membuat petunjuk tangan digital online makin ramai dicari sejak COVID-19 merebak. Sesudah berprofesi secara WFH, berharap tidak ingin pekerja semestinya membuat tangan tangan digital.

Membikin ttd komputerisasi bisa dilakukan via laman, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Meski ada versi berbayar, melainkan ketiga web hal yang demikian menawarkan jasa membikin ttd online secara cuma-cuma.
Metode Membikin Petunjuk Tangan Komputerisasi Barcode
1. CreateMySignature
Metode Membuat Petunjuk Tangan Digital Online Cuma-cuma (1)
searchPerbesar
Tampilan web CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Website pertama yang menawarkan jasa signature tanda tangan komputerisasi ialah CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) laman ini sangat sederhana dan mudah dipahami.
Berikut yaitu metode membuat tanda tangan komputerisasi melewati CreateMySignature:

Buka createmysignature.com lewat browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di komponen sebelah kiri layar.
Buat petunjuk tangan yang diharapkan. Apabila masih ragu, kau dapat menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Seandainya telah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil pertanda tangan digital akan tersimpan otomatis dengan wujud file PNG

Selain membuat pertanda tangan komputerisasi, CreateMySignature ini juga dapat menandatangani file PDF secara lantas. Berikut ini yaitu caranya:

Buka createmysignature.com via browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang berkeinginan ditandatangani. Pada tahap ini, kamu cuma dapat memilih dokumen dengan ukuran file optimal 10 MB
File PDF akan muncul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat pedoman tangan yang diinginkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan petunjuk tangan dengan cara menggesar (drag) ke halaman PDF yang diinginkan
Jika sudah, tekan ‘Save’ dan \’Unduh\’

2. Signaturely
Cara Membikin Tanda Tangan Digital Online Cuma-cuma (2)
searchPerbesar
Tampilan website signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Berikutnya, ada web bernama Signaturely. Dalam web ini, kau dapat membikin pedoman tangan dengan cara manual dan otomatis. Berikut ini ialah cara membikin tanda tangan melewati Signaturely:

Buka signaturely.com via browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Masukan petunjuk tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan pertanda tangan
Tekan \’Download eSignature\’ untuk menyimpan petunjuk tangan digital

3. Docsketch
Sistem Membuat Pedoman Tangan Digital Online Tidak (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di laman resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur petunjuk tangan digital. Kemudian, website ini dapat diakses secara gratis. Berikut ini merupakan metode mengaplikasikannya:

Buka docsketch.com via browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah pedoman tangan cocok kemauan. Apabila belum puas, kamu dapat mengulang dan menghapus petunjuk tangan dengan sistem menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna tanda tangan dengan fitur \’Color\’ di komponen bawah kolom pedoman tangan
Sesudah puas dengan hasil petunjuk tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background jika berharap membikin latar (background) tanda tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Unduh\’ untuk menaruh pedoman tangan ke notebook atau telpon seluler

Hasil tanda tangan akan tersimpan di folder \’Download\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah cara membikin pertanda tangan digital online melalui beberapa situs. Kamu tinggal memilih laman di atas untuk membuat pertanda tangan secara komputerisasi.

Ketiga website web tadi dapat diaplikasikan secara gratis dengan sejumlah batasan, misal, pengguna hanya bisa membubuhkan pedoman tangan digital sebanyak satu hingga tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan hal yang demikian dan membuka segala fiturnya, pengguna wajib abonemen.

5. Pertanda Tangan Komputerisasi Siap Diaplikasikan

Sesudah tersimpan, kau dapat menerapkannya untuk seluruh dokumen yang diharapkan dengan merekatkan pedoman tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda Tangan Elektronik

Semacam Metode Gampang Membubuhkan Tanda Tangan Elektronik di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pertanda tangan komputerisasi ataupun pertanda tangan elektronik pada dokumen Word? Ini langkah-langkahnya.

Membubuhkan petunjuk tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik memakai alat tulis pada sebuah media yang lazimnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pertanda tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak sanggup atau mungkin sulit untuk mencontohnya. Oleh sebab itu petunjuk tangan diperlukan pada dikala, umpamanya melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Melainkan di era komputerisasi seperti ketika ini, pertanda tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, melainkan juga patut dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak seluruh orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada metode untuk menandatangani dokumen komputerisasi, terutamanya pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi alternatif banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Meskipun tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, web office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah dipakai oleh 258 juta user.

Nah bagaimana metode membubuhkan pertanda tangan pada dokumen komputerisasi yang dijadikan dengan Microsoft Word tanpa semestinya mencetaknya lebih-lebih dulu?

Kita dapat membubuhkan pedoman tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan pedoman tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pertanda tangan komputerisasi sebagai pedoman komputerisasi yang terenkripsi dan amat aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Meskipun pertanda tangan elektronik yakni petunjuk virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang biasanya berupa gambar pertanda tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pertanda tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung ragam software yang diterapkan. Fitur keamanan itu semisal berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus petunjuk tangan elektronik ataupun pertanda tangan komputerisasi dianggap resmi dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan pedoman tangan dari pihak lain, yang pertama dijalankan yakni menyisipkan “daerah” pertanda tangan atau Signature Line. Ini langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi pedoman tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di golongan Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK dikala pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili surat elektronik. Seandainya diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Apabila diperlukan, klik untuk mencentang alternatif menonjolkan tanggal pertanda tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pedoman tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Sekiranya dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk mengamati siapa saja yang wajib menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang semestinya ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK dikala pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace sekiranya akan memakai layanan pedoman tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar pedoman tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Kalau Anda berkeinginan membubuhkan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word, demikian ini caranya:

Bubuhkan pedoman tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pertanda tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan wujud .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting memakai tab Picture Tools Bentuk
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Ketika Anda akan membubuhkan petunjuk tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pertanda tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah petunjuk tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada pedoman tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar petunjuk tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pertanda tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Saat Anda akan mengaplikasikan pedoman tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pedoman tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Sekayu. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar