Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Seluma

Cara Gampang Membikin Tanda Tangan Komputerisasi

Dunia yang serba komputerisasi ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian adat istiadat baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya adalah pedoman tangan komputerisasi untuk meresmikan dokumen.

Jikalau sebelumnya pertanda tangan identik dengan artikel tangan dan bolpoin berair, dikala ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membiarkan penerapan pedoman tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan pedoman tangan komputerisasi, berikut metode paling gampang untuk membuatnya. Dapat diaplikasikan PC/komputer jinjing, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Laman Online Signature

Untuk membikin pedoman tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau wajib membuka laman Online Signature. Sesungguhnya ada sebagian laman yang dapat diaplikasikan, namun bila berharap yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka website Online Signature, langkah yang sepatutnya kau lakukan adalah memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas web website.

3. Gambar Petunjuk Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pertanda tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad sekiranya dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Pertanda Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Apabila mengklik tombol Save, akan timbul alternatif Unduh Signature seperti di bawah ini. Petunjuk tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Cuma-cuma

Sistem membuat pedoman tangan digital online makin ramai dicari sejak COVID-19 merebak. Setelah bekerja secara WFH, mau tidak mau pekerja sepatutnya membuat tangan tangan komputerisasi.

Membuat ttd digital dapat dilaksanakan melalui laman, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Meski ada versi berbayar, tapi ketiga situs hal yang demikian menawarkan jasa membikin ttd online secara cuma-cuma.
Metode Membuat Tanda Tangan Digital Barcode
1. CreateMySignature
Metode Membikin Pertanda Tangan Digital Online Free (1)
searchPerbesar
Tampilan situs CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Laman pertama yang menawarkan jasa signature petunjuk tangan digital adalah CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) situs ini sangat simpel dan mudah dipahami.
Berikut yaitu sistem membuat pertanda tangan komputerisasi melalui CreateMySignature:

Buka createmysignature.com via browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di komponen sebelah kiri layar.
Buat pedoman tangan yang diharapkan. Kalau masih ragu, kau dapat menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Apabila sudah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil pedoman tangan digital akan tersimpan otomatis dengan bentuk file PNG

Selain membuat tanda tangan komputerisasi, CreateMySignature ini juga bisa menandatangani file PDF secara segera. Berikut ini merupakan caranya:

Buka createmysignature.com melalui browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang berharap ditandatangani. Pada tahap ini, kamu hanya bisa memilih dokumen dengan ukuran file optimal 10 MB
File PDF akan timbul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat petunjuk tangan yang diharapkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan pedoman tangan dengan metode menggesar (drag) ke halaman PDF yang diharapkan
Kalau sudah, tekan ‘Save’ dan \’Unduh\’

2. Signaturely
Cara Membuat Tanda Tangan Digital Online Dipungut (2)
searchPerbesar
Tampilan website signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Berikutnya, ada laman bernama Signaturely. Dalam laman ini, kau dapat membuat pertanda tangan dengan sistem manual dan otomatis. Berikut ini yaitu cara membikin pertanda tangan via Signaturely:

Buka signaturely.com lewat browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Usulan tanda tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan pertanda tangan
Tekan \’Download eSignature\’ untuk menaruh tanda tangan komputerisasi

3. Docsketch
Sistem Membuat Pertanda Tangan Digital Online Dipungut (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di web resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur pertanda tangan digital. Kemudian, laman ini bisa diakses secara free. Berikut ini yakni metode menggunakannya:

Buka docsketch.com melalui browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah pertanda tangan layak keinginan. Apabila belum puas, kamu dapat mengulang dan menghapus petunjuk tangan dengan sistem menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna pertanda tangan dengan fitur \’Color\’ di komponen bawah kolom tanda tangan
Setelah puas dengan hasil pedoman tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background seandainya berkeinginan membikin latar (background) pedoman tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Download\’ untuk menaruh pedoman tangan ke komputer jinjing atau hp

Hasil pertanda tangan akan tersimpan di folder \’Unduh\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah sistem membuat pertanda tangan digital online via beberapa website. Kamu tinggal memilih web di atas untuk membuat petunjuk tangan secara komputerisasi.

Ketiga situs web tadi bisa diaplikasikan secara cuma-cuma dengan sejumlah batasan, misal, pengguna cuma dapat membubuhkan pertanda tangan digital sebanyak satu hingga tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan hal yang demikian dan membuka segala fiturnya, pengguna patut abonemen.

5. Pedoman Tangan Komputerisasi Siap Diterapkan

Sesudah tersimpan, kau dapat mengaplikasikannya untuk seluruh dokumen yang diharapkan dengan merekatkan pertanda tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda tangan Digital

Ini Metode Gampang Membubuhkan Tanda Tangan Elektronik di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pertanda tangan komputerisasi ataupun pertanda tangan elektronik pada dokumen Word? Ini langkah-langkahnya.

Membubuhkan pedoman tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik menerapkan alat tulis pada sebuah media yang lazimnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pedoman tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak cakap atau mungkin sulit untuk mengikutinya. Oleh sebab itu pertanda tangan diperlukan pada ketika, seumpama melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Melainkan di era komputerisasi seperti ketika ini, petunjuk tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, namun juga semestinya dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin pertanda tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak seluruh orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada metode untuk menandatangani dokumen komputerisasi, lebih-lebih pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi alternatif banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Walaupun tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, web office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah diterapkan oleh 258 juta user.

Nah bagaimana metode membubuhkan pertanda tangan pada dokumen komputerisasi yang dijadikan dengan Microsoft Word tanpa mesti mencetaknya secara khusus dulu?

Kita dapat membubuhkan pertanda tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan pedoman tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pertanda tangan komputerisasi sebagai petunjuk komputerisasi yang terenkripsi dan betul-betul aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Walaupun petunjuk tangan elektronik yaitu pertanda virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang lazimnya berupa gambar petunjuk tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pertanda tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung tipe software yang dipakai. Fitur keamanan itu contohnya berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus pertanda tangan elektronik ataupun petunjuk tangan komputerisasi dianggap legal dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan petunjuk tangan dari pihak lain, yang pertama dilaksanakan yaitu menyisipkan “daerah” pertanda tangan atau Signature Line. Semacam langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi pertanda tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di golongan Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK dikala pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili e-mail. Bila diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Sekiranya diperlukan, klik untuk mencentang pilihan menampakkan tanggal pertanda tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan petunjuk tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Seandainya dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk memandang siapa saja yang mesti menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang sepatutnya ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK saat pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace apabila akan menerapkan layanan pertanda tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar pertanda tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Jikalau Anda berharap membubuhkan pedoman tangan elektronik pada dokumen Word, seperti ini caranya:

Bubuhkan pedoman tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pedoman tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan bentuk .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting menerapkan tab Picture Tools Wujud
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Dikala Anda akan membubuhkan pertanda tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pedoman tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pedoman tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada petunjuk tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pertanda tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pedoman tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Dikala Anda akan mengaplikasikan pertanda tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pertanda tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Seluma. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar