Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Seruyan

Cara Gampang Membuat Tanda Tangan Elektronik

Dunia yang serba komputerisasi ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian tradisi baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya merupakan pedoman tangan komputerisasi untuk meresmikan dokumen.

Apabila sebelumnya petunjuk tangan identik dengan artikel tangan dan bolpen berair, dikala ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membiarkan pemakaian pertanda tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan petunjuk tangan komputerisasi, berikut metode paling gampang untuk membuatnya. Dapat diterapkan PC/notebook, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Website Online Signature

Untuk membikin pertanda tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau sepatutnya membuka laman Online Signature. Sebetulnya ada sebagian website yang dapat diaplikasikan, tapi jikalau berkeinginan yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka web Online Signature, langkah yang seharusnya kau lakukan yaitu memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas web website.

3. Gambar Pedoman Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pedoman tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad seandainya dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Petunjuk Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Apabila mengklik tombol Save, akan timbul alternatif Unduh Signature seperti di bawah ini. Pertanda tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Free

Cara membikin pertanda tangan komputerisasi online makin ramai dicari sejak COVID-19 merebak. Setelah berprofesi secara WFH, berharap tak berharap pekerja semestinya membikin tangan tangan komputerisasi.

Membuat ttd digital dapat dikerjakan via web, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Meskipun ada versi berbayar, tapi ketiga laman tersebut menawarkan jasa membuat ttd online secara cuma-cuma.
Sistem Membuat Tanda Tangan Digital Barcode
1. CreateMySignature
Cara Membuat Petunjuk Tangan Komputerisasi Online Free (1)
searchPerbesar
Tampilan website CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Web pertama yang menawarkan jasa signature pertanda tangan digital yaitu CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) website ini benar-benar simpel dan mudah dipahami.
Berikut ialah cara membuat pertanda tangan digital lewat CreateMySignature:

Buka createmysignature.com melalui browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di bagian sebelah kiri layar.
Buat petunjuk tangan yang diharapkan. Sekiranya masih ragu, kamu bisa menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Apabila telah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil pertanda tangan digital akan tersimpan otomatis dengan wujud file PNG

Kecuali membuat pertanda tangan digital, CreateMySignature ini juga dapat menandatangani file PDF secara segera. Berikut ini adalah caranya:

Buka createmysignature.com via browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang berharap ditandatangani. Pada tahap ini, kamu cuma bisa memilih dokumen dengan ukuran file maksimal 10 MB
File PDF akan timbul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat pertanda tangan yang diharapkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan petunjuk tangan dengan metode menggesar (drag) ke halaman PDF yang diinginkan
Apabila sudah, tekan ‘Save’ dan \’Download\’

2. Signaturely
Sistem Membuat Pertanda Tangan Komputerisasi Online Gratis (2)
searchPerbesar
Tampilan laman signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Berikutnya, ada laman bernama Signaturely. Dalam laman ini, kamu dapat membikin pedoman tangan dengan metode manual dan otomatis. Berikut ini yaitu metode membikin pedoman tangan melalui Signaturely:

Buka signaturely.com lewat browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Masukan pertanda tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan petunjuk tangan
Tekan \’Unduh eSignature\’ untuk menaruh tanda tangan komputerisasi

3. Docsketch
Sistem Membikin Petunjuk Tangan Komputerisasi Online Tidak (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di web resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur petunjuk tangan digital. Kemudian, website ini dapat diakses secara tidak dipungut bayaran. Berikut ini yaitu cara mengaplikasikannya:

Buka docsketch.com via browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah petunjuk tangan cocok harapan. Bila belum puas, kau bisa mengulang dan menghapus petunjuk tangan dengan cara menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna pedoman tangan dengan fitur \’Color\’ di komponen bawah kolom pedoman tangan
Sesudah puas dengan hasil pertanda tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background bila berharap membikin latar (background) pedoman tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Unduh\’ untuk menaruh petunjuk tangan ke notebook atau ponsel

Hasil tanda tangan akan tersimpan di folder \’Download\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah metode membuat petunjuk tangan komputerisasi online lewat beberapa web. Kamu tinggal memilih web di atas untuk membikin petunjuk tangan secara digital.

Ketiga website situs tadi bisa diaplikasikan secara tidak dipungut bayaran dengan sejumlah batasan, misal, pengguna cuma bisa membubuhkan pertanda tangan digital sebanyak satu sampai tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan hal yang demikian dan membuka semua fiturnya, pengguna seharusnya berlangganan.

5. Pertanda Tangan Komputerisasi Siap Dipakai

Sesudah tersimpan, kau dapat menerapkannya untuk seluruh dokumen yang diharapkan dengan merekatkan petunjuk tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda Tangan Elektronik

Ini Sistem Gampang Membubuhkan Digital Signature di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pedoman tangan komputerisasi ataupun pedoman tangan elektronik pada dokumen Word? Ini langkah-langkahnya.

Membubuhkan pertanda tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik menerapkan alat tulis pada sebuah media yang umumnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, petunjuk tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak cakap atau mungkin sulit untuk mencontohnya. Oleh sebab itu pertanda tangan diperlukan pada ketika, contohnya melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Tetapi di era komputerisasi seperti ketika ini, pedoman tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, tetapi juga mesti dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak segala orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada metode untuk menandatangani dokumen komputerisasi, lebih-lebih pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi alternatif banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Padahal tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, website office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah diterapkan oleh 258 juta user.

Nah bagaimana metode membubuhkan pedoman tangan pada dokumen komputerisasi yang diwujudkan dengan Microsoft Word tanpa semestinya mencetaknya khususnya dulu?

Kita dapat membubuhkan pertanda tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan pertanda tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pedoman tangan komputerisasi sebagai pedoman komputerisasi yang terenkripsi dan benar-benar aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Walaupun pertanda tangan elektronik yakni petunjuk virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang lazimnya berupa gambar pedoman tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pertanda tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung macam software yang diaplikasikan. Fitur keamanan itu seumpama berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus pertanda tangan elektronik ataupun pedoman tangan komputerisasi dianggap resmi dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan pedoman tangan dari pihak lain, yang pertama dikerjakan merupakan menyisipkan “daerah” pedoman tangan atau Signature Line. Demikian langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi pedoman tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di klasifikasi Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK dikala pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili email. Sekiranya diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Bila diperlukan, klik untuk mencentang pilihan menunjukkan tanggal pedoman tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pedoman tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Apabila dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk memperhatikan siapa saja yang wajib menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang mesti ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK saat pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace seandainya akan menerapkan layanan petunjuk tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar pertanda tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Sekiranya Anda berkeinginan membubuhkan pedoman tangan elektronik pada dokumen Word, demikian ini caranya:

Bubuhkan pertanda tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto petunjuk tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan wujud .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting menerapkan tab Picture Tools Wujud
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Dikala Anda akan membubuhkan petunjuk tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pedoman tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pedoman tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada pertanda tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pertanda tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pertanda tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Dikala Anda akan memakai petunjuk tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pertanda tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Seruyan. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar