Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Subulussalam

Metode Gampang Membuat Tanda Tangan Elektronik

Dunia yang serba komputerisasi ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian adat istiadat baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya yakni pertanda tangan komputerisasi untuk meresmikan dokumen.

Seandainya sebelumnya pertanda tangan identik dengan artikel tangan dan bolpoin berair, ketika ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah memperkenankan pemakaian pedoman tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan pertanda tangan komputerisasi, berikut sistem paling gampang untuk membuatnya. Dapat dipakai PC/komputer jinjing, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Website Online Signature

Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau wajib membuka web Online Signature. Sesungguhnya ada sebagian web yang dapat dipakai, melainkan jikalau mau yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka website Online Signature, langkah yang seharusnya kau lakukan yakni memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas web laman.

3. Gambar Petunjuk Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar petunjuk tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad seandainya dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Pertanda Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Seandainya mengklik tombol Save, akan timbul opsi Unduh Signature seperti di bawah ini. Petunjuk tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Tidak

Cara membikin petunjuk tangan komputerisasi online makin ramai dicari sejak COVID-19 merebak. Setelah berprofesi secara WFH, berkeinginan tidak berharap pekerja wajib membuat tangan tangan komputerisasi.

Membikin ttd komputerisasi dapat dijalankan melewati website, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Sedangkan ada versi berbayar, tapi ketiga situs tersebut menawarkan jasa membuat ttd online secara tidak dipungut bayaran.
Metode Membuat Tanda Tangan Digital Barcode
1. CreateMySignature
Cara Membikin Pedoman Tangan Digital Online Tidak (1)
searchPerbesar
Tampilan website CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Website pertama yang menawarkan jasa signature petunjuk tangan komputerisasi ialah CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) website ini sangat simpel dan gampang dipahami.
Berikut ialah cara membuat petunjuk tangan digital melewati CreateMySignature:

Buka createmysignature.com melalui browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di bagian sebelah kiri layar.
Buat pedoman tangan yang diinginkan. Kalau masih ragu, kamu dapat menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Seandainya sudah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil pedoman tangan komputerisasi akan tersimpan otomatis dengan format file PNG

Selain membikin petunjuk tangan digital, CreateMySignature ini juga dapat menandatangani file PDF secara lantas. Berikut ini ialah caranya:

Buka createmysignature.com via browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang berkeinginan ditandatangani. Pada tahap ini, kau cuma dapat memilih dokumen dengan ukuran file optimal 10 MB
File PDF akan timbul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat pedoman tangan yang diinginkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan pedoman tangan dengan sistem menggesar (drag) ke halaman PDF yang diharapkan
Seandainya telah, tekan ‘Save’ dan \’Download\’

2. Signaturely
Metode Membikin Tanda Tangan Komputerisasi Online Tidak (2)
searchPerbesar
Tampilan laman signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Selanjutnya, ada web bernama Signaturely. Dalam situs ini, kau bisa membuat tanda tangan dengan metode manual dan otomatis. Berikut ini ialah cara membuat pertanda tangan via Signaturely:

Buka signaturely.com lewat browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Usul pedoman tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan petunjuk tangan
Tekan \’Unduh eSignature\’ untuk menaruh petunjuk tangan komputerisasi

3. Docsketch
Sistem Membuat Tanda Tangan Komputerisasi Online Dipungut (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di situs resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur petunjuk tangan komputerisasi. Kemudian, website ini dapat diakses secara free. Berikut ini merupakan cara menggunakannya:

Buka docsketch.com melewati browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah pedoman tangan pantas kemauan. Apabila belum puas, kau bisa mengulang dan menghapus pertanda tangan dengan cara menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna petunjuk tangan dengan fitur \’Color\’ di komponen bawah kolom petunjuk tangan
Setelah puas dengan hasil pedoman tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background kalau ingin membikin latar (background) tanda tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Unduh\’ untuk menaruh pertanda tangan ke komputer jinjing atau telepon seluler

Hasil pedoman tangan akan tersimpan di folder \’Unduh\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah cara membikin petunjuk tangan komputerisasi online melalui sebagian website. Kamu tinggal memilih web di atas untuk membikin petunjuk tangan secara komputerisasi.

Ketiga laman web tadi dapat diaplikasikan secara cuma-cuma dengan sejumlah batasan, misal, pengguna cuma dapat membubuhkan pedoman tangan digital sebanyak satu hingga tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan tersebut dan membuka seluruh fiturnya, pengguna harus berlangganan.

5. Petunjuk Tangan Komputerisasi Siap Diterapkan

Sesudah tersimpan, kau dapat mengaplikasikannya untuk segala dokumen yang diharapkan dengan merekatkan pedoman tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda Tangan Elektronik

Ini Sistem Gampang Membubuhkan Tanda Tangan Elektronik di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan petunjuk tangan komputerisasi ataupun pedoman tangan elektronik pada dokumen Word? Demikian langkah-langkahnya.

Membubuhkan pedoman tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik mengaplikasikan alat tulis pada sebuah media yang umumnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, petunjuk tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak sanggup atau mungkin sulit untuk mencontohnya. Oleh sebab itu pedoman tangan diperlukan pada ketika, semisal melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Tapi di era komputerisasi seperti ketika ini, petunjuk tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, melainkan juga semestinya dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin pedoman tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak segala orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada metode untuk menandatangani dokumen komputerisasi, lebih-lebih pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi opsi banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Meskipun tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, website office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah diaplikasikan oleh 258 juta user.

Nah bagaimana sistem membubuhkan pertanda tangan pada dokumen komputerisasi yang diwujudkan dengan Microsoft Word tanpa sepatutnya mencetaknya khususnya dulu?

Kita dapat membubuhkan pertanda tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan petunjuk tangan komputerisasi sebagai petunjuk komputerisasi yang terenkripsi dan sungguh-sungguh aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Walaupun petunjuk tangan elektronik yakni pedoman virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang biasanya berupa gambar petunjuk tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pedoman tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung tipe software yang diterapkan. Fitur keamanan itu contohnya berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus pedoman tangan elektronik ataupun pertanda tangan komputerisasi dianggap resmi dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan pertanda tangan dari pihak lain, yang pertama dilaksanakan yaitu menyisipkan “daerah” petunjuk tangan atau Signature Line. Ini langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi petunjuk tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di klasifikasi Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK dikala pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili e-mail. Seandainya diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Jikalau diperlukan, klik untuk mencentang pilihan menampakkan tanggal pertanda tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan petunjuk tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Jikalau dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk mengamati siapa saja yang patut menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang mesti ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK dikala pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace sekiranya akan mengaplikasikan layanan pedoman tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar petunjuk tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Apabila Anda mau membubuhkan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word, seperti ini caranya:

Bubuhkan pertanda tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pertanda tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan wujud .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting mengaplikasikan tab Picture Tools Wujud
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Dikala Anda akan membubuhkan petunjuk tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pedoman tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pertanda tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada pertanda tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar petunjuk tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pertanda tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Saat Anda akan menerapkan pedoman tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pedoman tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Subulussalam. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar