Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Tabalong

Cara Gampang Membuat Tanda Tangan Elektronik

Dunia yang serba komputerisasi ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian tradisi baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya adalah pertanda tangan komputerisasi untuk meresmikan dokumen.

Seandainya sebelumnya pedoman tangan identik dengan artikel tangan dan bolpoin berair, dikala ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membolehkan pemakaian pertanda tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan pedoman tangan komputerisasi, berikut sistem paling gampang untuk membuatnya. Dapat dipakai PC/notebook, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Laman Online Signature

Untuk membikin pertanda tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau wajib membuka website Online Signature. Hakekatnya ada sebagian website yang dapat diterapkan, namun apabila berharap yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka web Online Signature, langkah yang wajib kau lakukan yakni memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas web website.

3. Gambar Petunjuk Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pertanda tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad bila dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Petunjuk Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Bila mengklik tombol Save, akan timbul alternatif Unduh Signature seperti di bawah ini. Petunjuk tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Free

Sistem membikin tanda tangan komputerisasi online makin ramai dicari semenjak COVID-19 merebak. Sesudah berprofesi secara WFH, mau tak berharap pekerja mesti membikin tangan tangan digital.

Membuat ttd digital dapat dijalankan melalui website, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Meski ada versi berbayar, melainkan ketiga laman hal yang demikian menawarkan jasa membikin ttd online secara cuma-cuma.
Sistem Membuat Pedoman Tangan Komputerisasi Barcode
1. CreateMySignature
Metode Membuat Tanda Tangan Digital Online Free (1)
searchPerbesar
Tampilan laman CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Situs pertama yang menawarkan jasa signature pedoman tangan digital yakni CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) website ini amat sederhana dan gampang dipahami.
Berikut ialah sistem membuat pedoman tangan digital lewat CreateMySignature:

Buka createmysignature.com via browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di komponen sebelah kiri layar.
Buat pedoman tangan yang diharapkan. Jikalau masih ragu, kau bisa menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Bila telah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil tanda tangan digital akan tersimpan otomatis dengan bentuk file PNG

Selain membuat pertanda tangan digital, CreateMySignature ini juga dapat menandatangani file PDF secara lantas. Berikut ini adalah caranya:

Buka createmysignature.com lewat browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang berharap ditandatangani. Pada tahap ini, kamu hanya bisa memilih dokumen dengan ukuran file maksimal 10 MB
File PDF akan muncul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat pedoman tangan yang diharapkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan pedoman tangan dengan metode menggesar (drag) ke halaman PDF yang diinginkan
Kalau sudah, tekan ‘Save’ dan \’Download\’

2. Signaturely
Cara Membikin Tanda Tangan Komputerisasi Online Gratis (2)
searchPerbesar
Tampilan situs signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Selanjutnya, ada website bernama Signaturely. Dalam website ini, kamu bisa membikin petunjuk tangan dengan metode manual dan otomatis. Berikut ini ialah cara membikin petunjuk tangan via Signaturely:

Buka signaturely.com melewati browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Usul pertanda tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan pedoman tangan
Tekan \’Download eSignature\’ untuk menyimpan tanda tangan komputerisasi

3. Docsketch
Sistem Membikin Tanda Tangan Digital Online Free (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di laman resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur tanda tangan komputerisasi. Kemudian, website ini dapat diakses secara tidak dipungut bayaran. Berikut ini yaitu sistem mengaplikasikannya:

Buka docsketch.com via browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah petunjuk tangan layak keinginan. Apabila belum puas, kamu dapat mengulang dan menghapus tanda tangan dengan metode menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna pedoman tangan dengan fitur \’Color\’ di komponen bawah kolom pedoman tangan
Sesudah puas dengan hasil petunjuk tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background apabila ingin membikin latar (background) tanda tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Unduh\’ untuk menyimpan tanda tangan ke komputer jinjing atau telpon pintar

Hasil pedoman tangan akan tersimpan di folder \’Unduh\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah cara membikin tanda tangan komputerisasi online melewati sebagian laman. Kau tinggal memilih website di atas untuk membuat petunjuk tangan secara digital.

Ketiga website web tadi bisa dipakai secara tidak dipungut bayaran dengan sejumlah batasan, misal, pengguna hanya bisa membubuhkan petunjuk tangan digital sebanyak satu hingga tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan hal yang demikian dan membuka seluruh fiturnya, pengguna semestinya berlangganan.

5. Pedoman Tangan Komputerisasi Siap Diaplikasikan

Sesudah tersimpan, kau dapat memakainya untuk seluruh dokumen yang diharapkan dengan merekatkan pedoman tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda tangan Digital

Demikian Metode Gampang Membubuhkan Digital Signature di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan petunjuk tangan komputerisasi ataupun pedoman tangan elektronik pada dokumen Word? Demikian langkah-langkahnya.

Membubuhkan pertanda tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik memakai alat tulis pada sebuah media yang umumnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pedoman tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak sanggup atau mungkin sulit untuk mengikutinya. Oleh sebab itu petunjuk tangan diperlukan pada dikala, semisal melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Tetapi di era komputerisasi seperti ketika ini, pertanda tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, namun juga sepatutnya dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin pedoman tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak segala orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada metode untuk menandatangani dokumen komputerisasi, lebih-lebih pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi alternatif banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Meskipun tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, web office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah diaplikasikan oleh 258 juta user.

Nah bagaimana sistem membubuhkan pedoman tangan pada dokumen komputerisasi yang dihasilkan dengan Microsoft Word tanpa wajib mencetaknya lebih-lebih dulu?

Kita dapat membubuhkan pertanda tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan pertanda tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pertanda tangan komputerisasi sebagai pedoman komputerisasi yang terenkripsi dan benar-benar aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Meski pedoman tangan elektronik ialah pertanda virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang lazimnya berupa gambar pertanda tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pedoman tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung macam software yang diterapkan. Fitur keamanan itu umpamanya berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus petunjuk tangan elektronik ataupun petunjuk tangan komputerisasi dianggap legal dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan petunjuk tangan dari pihak lain, yang pertama dikerjakan yakni menyisipkan “daerah” pertanda tangan atau Signature Line. Demikian langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi pertanda tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di golongan Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK saat pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili email. Apabila diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Apabila diperlukan, klik untuk mencentang alternatif menunjukkan tanggal pedoman tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pedoman tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Bila dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk memandang siapa saja yang seharusnya menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang patut ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK saat pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace bila akan memakai layanan pedoman tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar pedoman tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Jikalau Anda berkeinginan membubuhkan pedoman tangan elektronik pada dokumen Word, demikian ini caranya:

Bubuhkan pedoman tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto pertanda tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan bentuk .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting menerapkan tab Picture Tools Bentuk
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Dikala Anda akan membubuhkan petunjuk tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar petunjuk tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pertanda tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada petunjuk tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pertanda tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pertanda tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Saat Anda akan menerapkan pedoman tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pedoman tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Tabalong. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar