Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Taliwang

Sistem Gampang Membikin Tanda Tangan Komputerisasi

Dunia yang serba komputerisasi ini menuntut kita untuk menyesuaikan diri dengan sebagian kultur baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya merupakan pedoman tangan komputerisasi untuk mensahkan dokumen.

Jikalau sebelumnya petunjuk tangan identik dengan artikel tangan dan bolpoin berair, ketika ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membiarkan penerapan pedoman tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan pedoman tangan komputerisasi, berikut sistem paling gampang untuk membuatnya. Dapat diterapkan PC/notebook, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Website Online Signature

Untuk membikin pedoman tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau sepatutnya membuka website Online Signature. Sesungguhnya ada sebagian web yang dapat dipakai, namun kalau berharap yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka web Online Signature, langkah yang sepatutnya kau lakukan merupakan memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas situs web.

3. Gambar Pedoman Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pedoman tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad seandainya dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Petunjuk Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Jikalau mengklik tombol Save, akan timbul opsi Unduh Signature seperti di bawah ini. Pedoman tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Tidak

Sistem membikin pedoman tangan digital online makin ramai dicari semenjak COVID-19 merebak. Sesudah berprofesi secara WFH, ingin tidak berkeinginan pekerja sepatutnya membuat tangan tangan komputerisasi.

Membuat ttd digital bisa dikerjakan melalui laman, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Padahal ada versi berbayar, tapi ketiga situs hal yang demikian menawarkan jasa membikin ttd online secara gratis.
Metode Membuat Pedoman Tangan Komputerisasi Barcode
1. CreateMySignature
Metode Membuat Tanda Tangan Digital Online Dipungut (1)
searchPerbesar
Tampilan situs CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Laman pertama yang menawarkan jasa signature pertanda tangan komputerisasi yakni CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) situs ini benar-benar sederhana dan mudah dipahami.
Berikut ialah metode membuat pertanda tangan digital melalui CreateMySignature:

Buka createmysignature.com via browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di bagian sebelah kiri layar.
Buat petunjuk tangan yang diharapkan. Jikalau masih ragu, kamu dapat menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Sekiranya sudah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil pertanda tangan digital akan tersimpan otomatis dengan format file PNG

Kecuali membikin pertanda tangan komputerisasi, CreateMySignature ini juga dapat menandatangani file PDF secara seketika. Berikut ini adalah caranya:

Buka createmysignature.com melewati browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang berharap ditandatangani. Pada tahap ini, kau cuma bisa memilih dokumen dengan ukuran file maksimal 10 MB
File PDF akan timbul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat pertanda tangan yang diinginkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan pertanda tangan dengan metode menggesar (drag) ke halaman PDF yang diinginkan
Sekiranya sudah, tekan ‘Save’ dan \’Download\’

2. Signaturely
Cara Membuat Petunjuk Tangan Digital Online Tidak (2)
searchPerbesar
Tampilan situs signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Berikutnya, ada website bernama Signaturely. Dalam website ini, kau bisa membuat pedoman tangan dengan sistem manual dan otomatis. Berikut ini merupakan sistem membikin tanda tangan melalui Signaturely:

Buka signaturely.com melalui browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Masukan tanda tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan tanda tangan
Tekan \’Unduh eSignature\’ untuk menaruh pedoman tangan komputerisasi

3. Docsketch
Metode Membikin Pertanda Tangan Digital Online Bayaran (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di laman resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur pertanda tangan komputerisasi. Kemudian, website ini bisa diakses secara cuma-cuma. Berikut ini merupakan cara menerapkannya:

Buka docsketch.com lewat browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah pedoman tangan pantas kemauan. Bila belum puas, kau bisa mengulang dan menghapus petunjuk tangan dengan sistem menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna tanda tangan dengan fitur \’Color\’ di komponen bawah kolom pertanda tangan
Sesudah puas dengan hasil petunjuk tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background seandainya berharap membikin latar (background) pertanda tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Unduh\’ untuk menaruh pertanda tangan ke laptop atau telpon seluler

Hasil tanda tangan akan tersimpan di folder \’Download\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah cara membuat pedoman tangan komputerisasi online lewat beberapa web. Kamu tinggal memilih situs di atas untuk membuat tanda tangan secara komputerisasi.

Ketiga web web tadi dapat diaplikasikan secara gratis dengan sejumlah batasan, misal, pengguna cuma bisa membubuhkan tanda tangan komputerisasi sebanyak satu hingga tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan hal yang demikian dan membuka seluruh fiturnya, pengguna seharusnya berlangganan.

5. Pertanda Tangan Komputerisasi Siap Diaplikasikan

Sesudah tersimpan, kau dapat menerapkannya untuk segala dokumen yang diharapkan dengan merekatkan pertanda tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda tangan Digital

Semacam Sistem Gampang Membubuhkan Tanda Tangan Elektronik di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pertanda tangan komputerisasi ataupun pedoman tangan elektronik pada dokumen Word? Ini langkah-langkahnya.

Membubuhkan petunjuk tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik memakai alat tulis pada sebuah media yang lazimnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pertanda tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak sanggup atau mungkin sulit untuk mengikutinya. Oleh sebab itu pedoman tangan diperlukan pada dikala, seumpama melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Melainkan di era komputerisasi seperti ketika ini, pedoman tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, tetapi juga wajib dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak seluruh orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada metode untuk menandatangani dokumen komputerisasi, khususnya pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi alternatif banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Meskipun tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, laman office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah diaplikasikan oleh 258 juta user.

Nah bagaimana sistem membubuhkan pertanda tangan pada dokumen komputerisasi yang dihasilkan dengan Microsoft Word tanpa sepatutnya mencetaknya terutamanya dulu?

Kita dapat membubuhkan pertanda tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pertanda tangan komputerisasi sebagai pedoman komputerisasi yang terenkripsi dan betul-betul aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Walaupun petunjuk tangan elektronik yakni petunjuk virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang biasanya berupa gambar pedoman tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pedoman tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung macam software yang diterapkan. Fitur keamanan itu contohnya berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus pedoman tangan elektronik ataupun petunjuk tangan komputerisasi dianggap resmi dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan petunjuk tangan dari pihak lain, yang pertama dilaksanakan ialah menyisipkan “daerah” petunjuk tangan atau Signature Line. Ini langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi petunjuk tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di kategori Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK dikala pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili e-mail. Apabila diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Bila diperlukan, klik untuk mencentang pilihan menunjukkan tanggal pedoman tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pertanda tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Sekiranya dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk mengamati siapa saja yang semestinya menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang patut ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK saat pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace apabila akan menerapkan layanan petunjuk tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar pertanda tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Sekiranya Anda mau membubuhkan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word, semacam ini caranya:

Bubuhkan pertanda tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto petunjuk tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan bentuk .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting menerapkan tab Picture Tools Wujud
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Dikala Anda akan membubuhkan pertanda tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pedoman tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pertanda tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada petunjuk tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar petunjuk tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pertanda tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Dikala Anda akan memakai pedoman tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pertanda tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Taliwang. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar