Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Tanjung Jabung Timur

Cara Gampang Membuat Tanda Tangan Elektronik

Dunia yang serba komputerisasi ini menuntut kita untuk menyesuaikan diri dengan sebagian tradisi baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya yaitu pertanda tangan komputerisasi untuk meresmikan dokumen.

Kalau sebelumnya pedoman tangan identik dengan artikel tangan dan bolpoin berair, dikala ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah membiarkan pemakaian pertanda tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan petunjuk tangan komputerisasi, berikut sistem paling gampang untuk membuatnya. Dapat dipakai PC/notebook, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Website Online Signature

Untuk membikin pedoman tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau mesti membuka web Online Signature. Sebetulnya ada sebagian web yang dapat diterapkan, namun kalau mau yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka laman Online Signature, langkah yang sepatutnya kau lakukan yaitu memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas web laman.

3. Gambar Petunjuk Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar petunjuk tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad apabila dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Pedoman Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Apabila mengklik tombol Save, akan timbul alternatif Unduh Signature seperti di bawah ini. Pertanda tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Gratis

Sistem membikin pedoman tangan digital online makin ramai dicari semenjak COVID-19 merebak. Sesudah berprofesi secara WFH, mau tidak mau pekerja sepatutnya membikin tangan tangan komputerisasi.

Membuat ttd digital bisa dilaksanakan lewat laman, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Walaupun ada versi berbayar, tapi ketiga laman hal yang demikian menawarkan jasa membuat ttd online secara gratis.
Cara Membuat Tanda Tangan Digital Barcode
1. CreateMySignature
Metode Membikin Pertanda Tangan Digital Online Tidak (1)
searchPerbesar
Tampilan website CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Laman pertama yang menawarkan jasa signature pertanda tangan digital merupakan CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) website ini sungguh-sungguh simpel dan gampang dipahami.
Berikut merupakan sistem membuat tanda tangan komputerisasi lewat CreateMySignature:

Buka createmysignature.com lewat browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di bagian sebelah kiri layar.
Buat tanda tangan yang diharapkan. Jika masih ragu, kau bisa menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Seandainya telah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Unduh’.
Hasil tanda tangan komputerisasi akan tersimpan otomatis dengan format file PNG

Kecuali membikin pertanda tangan komputerisasi, CreateMySignature ini juga dapat menandatangani file PDF secara langsung. Berikut ini yakni caranya:

Buka createmysignature.com melewati browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang berharap ditandatangani. Pada tahap ini, kamu hanya bisa memilih dokumen dengan ukuran file maksimal 10 MB
File PDF akan muncul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat pedoman tangan yang diinginkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan pertanda tangan dengan metode menggesar (drag) ke halaman PDF yang diharapkan
Apabila telah, tekan ‘Save’ dan \’Download\’

2. Signaturely
Cara Membikin Tanda Tangan Digital Online Gratis (2)
searchPerbesar
Tampilan laman signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Selanjutnya, ada situs bernama Signaturely. Dalam web ini, kau dapat membuat petunjuk tangan dengan sistem manual dan otomatis. Berikut ini merupakan cara membikin petunjuk tangan via Signaturely:

Buka signaturely.com lewat browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Masukan pertanda tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan pertanda tangan
Tekan \’Download eSignature\’ untuk menaruh petunjuk tangan digital

3. Docsketch
Cara Membikin Pertanda Tangan Komputerisasi Online Gratis (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di situs resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur pertanda tangan komputerisasi. Kemudian, web ini bisa diakses secara cuma-cuma. Berikut ini yakni sistem menerapkannya:

Buka docsketch.com lewat browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah tanda tangan cocok kemauan. Sekiranya belum puas, kau dapat mengulang dan menghapus pedoman tangan dengan sistem menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna pertanda tangan dengan fitur \’Color\’ di bagian bawah kolom tanda tangan
Setelah puas dengan hasil pertanda tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background jikalau berharap membuat latar (background) petunjuk tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Download\’ untuk menaruh pedoman tangan ke komputer jinjing atau telepon seluler

Hasil tanda tangan akan tersimpan di folder \’Download\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah cara membikin pertanda tangan digital online melalui sebagian situs. Kamu tinggal memilih situs di atas untuk membuat petunjuk tangan secara digital.

Ketiga web laman tadi dapat diterapkan secara tidak dipungut bayaran dengan sejumlah batasan, misal, pengguna hanya bisa membubuhkan pedoman tangan komputerisasi sebanyak satu hingga tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan hal yang demikian dan membuka segala fiturnya, pengguna sepatutnya abonemen.

5. Pedoman Tangan Komputerisasi Siap Diterapkan

Sesudah tersimpan, kau dapat menerapkannya untuk segala dokumen yang diharapkan dengan merekatkan pertanda tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda tangan Digital

Ini Metode Gampang Membubuhkan Digital Signature di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan petunjuk tangan komputerisasi ataupun pedoman tangan elektronik pada dokumen Word? Demikian langkah-langkahnya.

Membubuhkan pedoman tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik memakai alat tulis pada sebuah media yang lazimnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pertanda tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak kapabel atau mungkin sulit untuk mengikutinya. Oleh sebab itu pedoman tangan diperlukan pada dikala, umpamanya melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Melainkan di era komputerisasi seperti ketika ini, pedoman tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, namun juga sepatutnya dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak segala orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada sistem untuk menandatangani dokumen komputerisasi, terutamanya pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi alternatif banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Walaupun tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, website office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah diaplikasikan oleh 258 juta user.

Nah bagaimana metode membubuhkan pedoman tangan pada dokumen komputerisasi yang diwujudkan dengan Microsoft Word tanpa seharusnya mencetaknya terutama dulu?

Kita dapat membubuhkan pedoman tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan pertanda tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pedoman tangan komputerisasi sebagai pedoman komputerisasi yang terenkripsi dan benar-benar aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Padahal petunjuk tangan elektronik ialah petunjuk virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang lazimnya berupa gambar pedoman tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pertanda tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung tipe software yang dipakai. Fitur keamanan itu umpamanya berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus petunjuk tangan elektronik ataupun petunjuk tangan komputerisasi dianggap resmi dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan pedoman tangan dari pihak lain, yang pertama dijalankan yakni menyisipkan “daerah” pertanda tangan atau Signature Line. Semacam langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi petunjuk tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di kategori Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK dikala pada kotak dialog perihal signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili surat elektronik. Kalau diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Apabila diperlukan, klik untuk mencentang pilihan menampakkan tanggal pertanda tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan petunjuk tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Kalau dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk mengamati siapa saja yang patut menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang mesti ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK dikala pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace sekiranya akan mengaplikasikan layanan petunjuk tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar petunjuk tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Sekiranya Anda mau membubuhkan petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word, demikian ini caranya:

Bubuhkan petunjuk tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto petunjuk tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan wujud .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting mengaplikasikan tab Picture Tools Bentuk
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Dikala Anda akan membubuhkan pertanda tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pedoman tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pedoman tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada pedoman tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar petunjuk tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar pertanda tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Saat Anda akan memakai pertanda tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi petunjuk tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Tanjung Jabung Timur. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar