Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Tarempa

Metode Gampang Membuat Tanda Tangan Komputerisasi

Dunia yang serba digital ini menuntut kita untuk mengikuti keadaan dengan sebagian kultur baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan, salah satunya adalah pedoman tangan komputerisasi untuk mensahkan dokumen.

Kalau sebelumnya pertanda tangan identik dengan artikel tangan dan bolpen berair, dikala ini pada sebagian lembaga, organisasi, atau perusahaan, sudah memperkenankan penerapan pertanda tangan komputerisasi. Kecuali menghemat kertas, dokumen komputerisasi ini juga gampang dibaca di mana saja.

Nah, untuk kau yang mungkin sedang akan menandatangani kontrak kerja dengan perusahaan baru di masa pandemi ini dan membutuhkan pertanda tangan komputerisasi, berikut sistem paling gampang untuk membuatnya. Dapat diaplikasikan PC/komputer jinjing, lho. Simak, yuk!

tanda tangan digital

 

1. Pakai Web Online Signature

Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi ini, pertama-tama kau sepatutnya membuka laman Online Signature. Hakekatnya ada sebagian web yang dapat dipakai, tapi apabila berharap yang gampang dan sederhana, Online Signature cukup menjanjikan hasil yang memuaskan.
2. Pilih Draw Signature

Sesudah membuka web Online Signature, langkah yang patut kau lakukan yaitu memilih menu Draw Signature pada pojok kanan atas website website.

3. Gambar Petunjuk Tanganmu di Kolom yang Tersedia

Sesudah mengklik menu Drawing Signature, akan ditampilkan kolom seperti gambar di bawah ini. Kau telah dapat menggambar pertanda tanganmu di sana. Untuk hasil yang terbaik, pakai mouse atau silakan pakai touchpad kalau dirasa lebih nyaman.

4. Simpan Petunjuk Tangan

Sesudah menggambar pada kolom yang tersedia, kau bisa menaruhnya dengan mengklik tombol Save atau menghapusnya dengan tombol Clear. Bila mengklik tombol Save, akan timbul opsi Unduh Signature seperti di bawah ini. Pertanda tangan yang kau download, otomatis akan tersimpan di folder perangkat yang kau pakai.

3 Layanan Buat Tanda Tangan Elektronik Bayaran

Metode membuat pedoman tangan komputerisasi online makin ramai dicari sejak COVID-19 merebak. Sesudah berprofesi secara WFH, mau tak mau pekerja seharusnya membuat tangan tangan komputerisasi.

Membuat ttd digital dapat dijalankan melalui situs, seperti Docsketch, CreateMySignature, dan Signaturely.
Walaupun ada versi berbayar, tetapi ketiga web tersebut menawarkan jasa membuat ttd online secara free.
Sistem Membuat Pedoman Tangan Digital Barcode
1. CreateMySignature
Cara Membuat Pertanda Tangan Digital Online Dipungut (1)
searchPerbesar
Tampilan website CreateMySignature. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Web pertama yang menawarkan jasa signature pedoman tangan komputerisasi merupakan CreateMySignature. Tampilan dan antarmuka (interface) website ini sangat sederhana dan gampang dipahami.
Berikut merupakan metode membikin pertanda tangan komputerisasi lewat CreateMySignature:

Buka createmysignature.com melalui browser
Pilih ‘Draw signature’ yang di komponen sebelah kiri layar.
Buat pedoman tangan yang diinginkan. Bila masih ragu, kau bisa menghapusnya dengan menekan logo penghapus di sebelah kanan atas
Seandainya telah selesai, klik tombol ‘Save’ dan pilih tombol ‘Download’.
Hasil tanda tangan digital akan tersimpan otomatis dengan wujud file PNG

Selain membikin tanda tangan digital, CreateMySignature ini juga dapat menandatangani file PDF secara lantas. Berikut ini yakni caranya:

Buka createmysignature.com melewati browser
Pilih ‘Sign PDF Document’ di sebelah kanan layar.
Pilih dokumen PDF yang ingin ditandatangani. Pada tahap ini, kau cuma bisa memilih dokumen dengan ukuran file optimal 10 MB
File PDF akan timbul di layar, lalu pilih menu ‘Sign’
Buat pedoman tangan yang diharapkan, kemudian tekan ‘Save’
Tempatkan tanda tangan dengan metode menggesar (drag) ke halaman PDF yang diharapkan
Apabila sudah, tekan ‘Save’ dan \’Download\’

2. Signaturely
Cara Membikin Pertanda Tangan Komputerisasi Online Tidak (2)
searchPerbesar
Tampilan laman signaturely. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Selanjutnya, ada website bernama Signaturely. Dalam laman ini, kau bisa membuat pedoman tangan dengan cara manual dan otomatis. Berikut ini ialah sistem membikin pertanda tangan via Signaturely:

Buka signaturely.com melalui browser
Pilih menu ‘Draw your signature’
Usulan tanda tangan ke kolom yang tersedia
Atur warna, ketebalan, dan kemiringan pertanda tangan
Tekan \’Unduh eSignature\’ untuk menaruh pedoman tangan komputerisasi

3. Docsketch
Metode Membuat Petunjuk Tangan Komputerisasi Online Bayaran (3)
searchPerbesar
Tampilan logo Docsketch di laman resminya. Foto: Umar Tusin/Kumparan
Docsketch menawarkan fitur tanda tangan komputerisasi. Kemudian, web ini dapat diakses secara free. Berikut ini adalah cara memakainya:

Buka docsketch.com melalui browser
Pilih fitur \’Draw Signature\’
Buatlah pedoman tangan cocok harapan. Jika belum puas, kau bisa mengulang dan menghapus pertanda tangan dengan cara menekan tombol \’Clear\’
Tentukan warna pedoman tangan dengan fitur \’Color\’ di komponen bawah kolom pertanda tangan
Sesudah puas dengan hasil pedoman tangan, klik saja tombol \’Save\’
Lalu, geser sakelar transparent background apabila berharap membikin latar (background) pertanda tangan menjadi transparan.
Kemudian, tekan \’Download\’ untuk menyimpan pedoman tangan ke komputer jinjing atau hp

Hasil pertanda tangan akan tersimpan di folder \’Unduh\’ dengan file gambar berjenis PNG.
Itulah sistem membikin petunjuk tangan digital online melewati beberapa web. Kau tinggal memilih web di atas untuk membuat pertanda tangan secara digital.

Ketiga web situs tadi dapat digunakan secara tidak dipungut bayaran dengan sejumlah batasan, misal, pengguna cuma bisa membubuhkan petunjuk tangan komputerisasi sebanyak satu sampai tiga dokumen per hari. Untuk menghilangkan batasan tersebut dan membuka semua fiturnya, pengguna wajib abonemen.

5. Petunjuk Tangan Komputerisasi Siap Dipakai

Sesudah tersimpan, kau dapat mengaplikasikannya untuk segala dokumen yang diharapkan dengan merekatkan pertanda tangan komputerisasi pada halaman yang diperlukan.

Baca : Tanda Tangan Elektronik

Ini Metode Gampang Membubuhkan Tanda Tangan Elektronik di Dokumen Word

tanda tangan elektronik
tanda tangan elektronik

Perlu membubuhkan pedoman tangan komputerisasi ataupun petunjuk tangan elektronik pada dokumen Word? Ini langkah-langkahnya.

Membubuhkan pedoman tangan berarti menuliskan nama secara khas atau unik menerapkan alat tulis pada sebuah media yang lazimnya berupa kertas. Bersifat khas atau unik, pedoman tangan dianggap sebagai penanda pribadi sebab orang lain dianggap tak kapabel atau mungkin sulit untuk mengikutinya. Oleh sebab itu pertanda tangan diperlukan pada dikala, contohnya melegitimasi sebuah dokumen perjanjian.

Tapi di era komputerisasi seperti ketika ini, petunjuk tangan tak cuma dibubuhkan di media berupa dokumen kertas yang telah dicetak, namun juga mesti dapat ditorehkan pada dokumen komputerisasi. Untuk membikin petunjuk tangan komputerisasi, kita memerlukan sebuah pena komputerisasi yang sayangnya tak segala orang mempunyai pena semacam ini. Nah, ada metode untuk menandatangani dokumen komputerisasi, terpenting pada program Microsoft Word.

Kenapa Microsoft Word? Sebab software word processing masih menjadi opsi banyak orang untuk membikin proposal, kontrak, surat perjanjian, dan dokumen penting lainnya. Padahal tak secara spesifik menceritakan jumlah pengguna Word, website office365itpros.com menceritakan bahwa Microsoft Office 365, yang mencakupkan Word dalam bundel aplikasinya, sampai bulan April tahun lalu sudah diterapkan oleh 258 juta user.

Nah bagaimana metode membubuhkan pertanda tangan pada dokumen komputerisasi yang diciptakan dengan Microsoft Word tanpa seharusnya mencetaknya terpenting dulu?

Kita dapat membubuhkan pertanda tangan komputerisasi (komputerisasi signature) dan pedoman tangan elektronik pada dokumen Word. Apa perbedaan di antara keduanya? Pandadoc.com mendefinisikan pertanda tangan komputerisasi sebagai pertanda komputerisasi yang terenkripsi dan betul-betul aman dan memerlukan software khusus dan akta komputerisasi dari pihak sender ataupun recipient.

Padahal pedoman tangan elektronik merupakan pedoman virtual yang ditambahkan ke dokumen, yang lazimnya berupa gambar petunjuk tangan atau teks yang diketikkan pada dokumen. Pedoman tangan elektronik ini dapat saja disertai fitur keamanan tambahan, tergantung tipe software yang diaplikasikan. Fitur keamanan itu umpamanya berupa akta yang mencantumkan waktu dan tanggal penandatanganan dokumen. Bagus petunjuk tangan elektronik ataupun pertanda tangan komputerisasi dianggap resmi dan aman.

Sebagai pihak yang memerlukan pertanda tangan dari pihak lain, yang pertama dijalankan ialah menyisipkan “daerah” petunjuk tangan atau Signature Line. Semacam langkah-langkahnya:

Buka dokumen yang akan ditandatangani
Arahkan kursor ke zona di dokumen Word yang akan dibubuhi pedoman tangan
Pilih tab Insert
Buka daftar Signature Line yang berlokasi di klasifikasi Text
Pilih Microsoft Office Signature Line untuk membuka kotak dialog Signature Setup
Klik OK saat pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Di kotak dialog Signature Setup, masukkan data-data penandatangan, seperti nama, jabatan, dan domisili surat elektronik. Kalau diperlukan, ketikkan perintah untuk penandatangan.
Seandainya diperlukan, klik untuk mencentang pilihan memperlihatkan tanggal pertanda tangan atau mengijinkan penandatangan menambahkan komentar.
Klik OK
Simpan file.

Untuk membubuhkan pertanda tangan komputerisasi pada dokumen Word:

Buka file dokumen Word yang akan ditandatangani
Jikalau dokumen hal yang demikian telah mengandung Signature Line, karenanya di bawah Toolbar akan timbul Message bar yang memberitahukan bahwa dokumen hal yang demikian perlu ditandatangani.
Untuk memperhatikan siapa saja yang mesti menandatangani dokumen, klik tombol View Signatures.
Untuk menandatangani dokumen, pergi ke Signature Line yang sepatutnya ditandatangani, dan klik untuk memilih Signature Line
Klik dua kali pada Signature Line
Klik OK saat pada kotak dialog seputar signature service dari pihak ketiga
Atau klik Signature Services from the Office Marketplace sekiranya akan mengaplikasikan layanan petunjuk tangan komputerisasi dari pihak ketiga.
Pada kotak dialog Sign yang timbul, ketikkan nama atau upload gambar pertanda tangan dengan mengeklik Select Image.
Klik Sign.

Bila Anda mau membubuhkan pedoman tangan elektronik pada dokumen Word, seperti ini caranya:

Bubuhkan petunjuk tangan Anda pada secarik kertas putih.
Scan atau foto petunjuk tangan hal yang demikian dan simpan sebagai file gambar dengan bentuk .bmp, .gif, .png, atau .jpg
Buka file gambar hal yang demikian di Word dengan mengeklik tab Insert>Pictures
Klik pada gambar dan sunting mengaplikasikan tab Picture Tools Bentuk
Sesudah selesai menyunting, klik kanan pada gambar dan pilih Save as Picture
Ketika Anda akan membubuhkan pedoman tangan hal yang demikian ke dokumen, pilih Insert> Pictures
Cari file gambar pedoman tangan yang tadi telah disunting, drag & drop ke daerah pertanda tangan akan diletakkan di dokumen Word.

Apakah kita dapat menambahkan keterangan berupa teks pada pertanda tangan elektronik? Tentu dapat, ini caranya:

Ketikkan teks diharapkan di bawah gambar pertanda tangan yang telah disisipkan tadi
Klik untuk memilih gambar petunjuk tangan dan teksnya
Klik Insert>Quick Parts
Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
Pada kotak Name, ketikkan nama untuk signature block
Pada kotak Gallery, pilih AutoText
Klik OK
Dikala Anda akan mengaplikasikan petunjuk tangan hal yang demikian, arahkan kursor ke zona yang akan dibubuhi pedoman tangan (disebut signature block)
Klik Insert>Quick Parts>AutoText, pilih nama signature block, lalu klik Insert.

Demikian bahasan Cara Buat Tanda Tangan Elektronik Tarempa. semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar