Jasa dan Layanan e-KYC online di Cikarang

Jasa dan Layanan e-KYC online di Cikarang – Pada lazimnya dalam hampir semua bisnis, terpenting lagi bisnis yang bergerak di dunia perbankan, keuangan, dan online menggunakan prinsip KYC atau singkatan dari Know Your Customer. Berikut bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Cikarang

Apa itu E-KYC

eKYC yaitu ekspresi yang digunakan untuk menandakan digitalisasi dan konsepsi elektronik dan online dari pengerjaan KYC. eKYC (Electronic Know Your Customer) ialah pelaksanaan jarak jauh tanpa kertas yang meminimalkan biaya dan birokrasi tradisional yang diperlukan dalam progres KYC.

Pemalsuan identitas, tanda tangan, dan phishing benar-benar biasa terjadi. Bisnis ahli yang didedikasikan untuk solusi kepatuhan teknologi telah mengoptimalkan pengerjaan eKYC yang sepenuhnya aman dengan margin nol untuk tindakan pelanggaran pemalsuan dan kriminal terkait ini.

e-kyc flow
e-kyc flow

Kerja eKYC

Kerja eKYC adalah transposisi digital dan jarak jauh dari pelaksanaan KYC tradisional. Minggu yang dibutuhkan untuk penyelesaiannya menjadi sebagian detik dengan biaya yang benar-benar rendah dalam proses yang dikembangkan.

Identifikasi dan verifikasi identitas klien langsung terjadi, menolong bisnis meningkatkan tingkat konversi mereka sampai, semisal dalam kasus solusi eID, 84% dan menawarkan pengalaman yang lancar, nyaman, dan sederhana kepada klien mereka. Progres eKYC meningkatkan kepuasan pelanggan dan menetapkan bahwa klien bisa mengaplikasikan layanan sejak saat pertama bisnis berkaitan dengan mereka.

Untuk menentukan bahwa pengerjaan eKYC memenuhi standar keamanan yang sama dengan yang tradisional untuk identifikasi dan verifikasi wajah, perusahaan wajib mengaplikasikan pelaksanaan identifikasi elektronik dengan tingkat keamanan dan keandalan yang tinggi dan mengikuti regulasi yang ditetapkan dalam regulasi AML5 atau eIDAS.

Baca : Jasa dan Layanan e-KYC online di Cikarang

Alat Pengenal Teks Optik yang Kuat

Solusi E-KYC benar-benar maju dan bekerja dengan baik dengan keadaan cahaya rendah dan toleransi kemiringan. Mempertahankan hasil akurasi tinggi bahkan dengan beragam variabel di area sekitarnya.

Kelebihan e-KYC

Kelebihan e-KYC merupakan dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja (remote). Keunggulan lainnya, e-KYC juga paperless sehingga praktis dan efisien dalam memangkas birokrasi.

Baca Penerapan e-KYC di Indonesia

Di masa pandemi seperti dikala ini, penggunaan e-KYC ialah solusi ideal untuk menghindari kontak seketika dengan pelanggan guna mengurangi penyebaran mata rantai Covid-19.

Kemudian, juga memangkas tarif dan yang tidak kalah pentingnya yaitu dari segi keamanan bisa dipercaya. Sebab, e-KYC menerapkan prinsip-prinsip dasar yang seperti yang tertuang dalam electronic identification standards and trust services (eIDAS).

Jikalau dirunut lagi, setidaknya ada tiga perusahaan yang perlu dan semestinya menerapkan e-KYC dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di antaranya ialah:

1. Perusahaan Bidang Asuransi

Berikutnya adalah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Selama ini memang calon nasabah asuransi banyak yang mengeluhkan proses pengurusan administrasi yang cukup lama saat mendaftar. Maka, e-KYC sangatlah menolong dalam proses otentikasi ataupun verifikasi identitas nasabah secara komputerisasi. Tentu saja, ini juga menolong bagi calon nasabah yang mau mendaftar asuransi secara online di masa pandemi.

2. Fintech

Di Indonesia, startup yang bergerak di bidang fintech saat ini sudah amat marak. Layanan mereka malah bermacam-macam mulai dari mobile payment, e-wallet, sampai peer to peer lending (P2P). Sama halnya seperti perusahaan perbankan dan asuransi, setidaknya e-KYC menolong untuk progres otentikasi maupun verifikasi.

Secara lagi bagi calon nasabah yang ada di daerah. Hal itu juga mensupport peran pemerintah dalam rangka memerangi perbuatan melanggar tata tertib yang merugikan negara maupun masyarakat. Seperti pencucian uang maupun pendanaan terhadap terorisme melalui layanan mobile payment, e-wallet maupun peer to peer lending (P2P).

3. Perusahaan Perbankan

e-KYC dalam perusahaan perbankan semestinya dilaksanakan untuk mengamati calon nasabah dan meminimalisir risiko pelanggaran. Sebelumnya, perbankan mewajibkan calon nasabahnya untuk datang segera ke bank untuk mengurus administrasinya.

Dengan adanya e-KYC setidaknya memberikan pengalaman baru bagi calon nasabah atau pelanggan untuk membuka rekening mereka di mana saja dan kapan saja tanpa semestinya mendatangi bank terdekat. Lalu, manfaat lainnya dari e-KYC adalah nasabah atau pelanggan dapat memandang transaksi keuangan mereka secara realtime.

Dari KYC ke eKYC: Transformasi komputerisasi

Seluruh pelaku bisnis dan pelaku ekonomi, terpenting institusi keuangan dan bank, mengalami proses digitalisasi yang drastis. Transformasi digital sudah menjadi komponen dari perubahan paling relevan dalam organisasi dalam satu dekade terakhir, membikin mereka yang melupakan tugas ini kehilangan kesempatan di sektor mereka atau pun menghilang.

Perusahaan dan organisasi sedang berjuang untuk merubah dan mendigitalkan cara kerja yang tampaknya sulit untuk diotomatisasi dan menjadi jauh. Tetapi, bisnis khusus sudah muncul untuk menempuh tugas ini, memakai teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan dan pelajaran mesin untuk mengubah dan mengembangkan proses.

Perusahaan yang kami kategorikan sebagai RegTech telah muncul, menemani bisnis dalam penggunaan regulasi dan prosedur hukum dengan solusi yang memaksimalkan, meningkatkan dan mengurangi biaya pelaksanaan tersebut.

Siapa yang bisa mengaplikasikan layanan e-KYC?

Setiap pemegang layanan yang ingin menunjukkan identitasnya ke penyedia layanan mana bahkan menggunakan file XML yang ditandatangani secara digital yang diunduh dari laman web legal UIDAI bisa menjadi pengguna layanan yang nyaman ini. Penyedia layanan wajib memiliki syarat untuk menyediakan Paperless Offline e-KYC berbasis Aadhaar ini di daerah mereka dan melanjutkan otentikasi offline. Dengan kata simpel, tiap-tiap agen / penyedia layanan legal atau lembaga bersertifikat dapat menggunakan layanan e-KYC jikalau dan saat mereka perlu mengotentikasi siapa malah untuk memvalidasi identitas mereka.

Mengapa cara kerja KYC penting?

Prosedur KYC yang diatur oleh bank melibatkan semua tindakan yang diperlukan untuk memastikan bahwa pelanggan mereka riil, mengukur, dan memantau risiko.

Proses orientasi klien ini menolong mencegah dan mengidentifikasi pencucian uang, pendanaan terorisme, dan skema korupsi ilegal lainnya.

Pengerjaan KYC mencakup verifikasi KTP, verifikasi wajah, verifikasi dokumen seperti tagihan utilitas sebagai bukti alamat, dan verifikasi biometrik.

Bank semestinya mematuhi peraturan KYC dan aturan anti pencucian uang untuk memegang penipuan. Tanggung jawab kepatuhan KYC berlokasi pada bank.

Sekiranya gagal mematuhinya, hukuman berat dapat diaplikasikan.

Di AS, Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik, akumulasi denda sebesar USD26 miliar telah dikenakan untuk ketidakpatuhan terhadap AML, KYC, dan denda hukuman selama sepuluh tahun terakhir (2008-2018) – apalagi kerusakan reputasi dilakukan dan tak dievaluasi.

Dokumen KYC

Pemeriksaan KYC dijalankan melalui sumber dokumen, data, atau info yang independen dan andal. Tiap-tiap klien diharuskan memberikan kredensial untuk menggambarkan identitas dan domisili.

Pada Mei 2018, Jaringan Penegakan Kezaliman Keuangan AS (FinCEN) – menambahkan prasyarat baru bagi bank untuk memverifikasi identitas perorangan dari pelanggan badan tata tertib yang memiliki, mengatur, dan mendapatkan keuntungan dari perusahaan dikala organisasi tersebut membuka rekening.

Intinya: saat perusahaan korporat membuka akun baru, ia patut memberikan nomor Jaminan Sosial dan salinan ID foto dan paspor untuk karyawan, anggota dewan, dan pemegang saham mereka.

Data tercakup dalam e-KYC offline

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyedia layanan atau agensi akan dapat mengautentikasi mendetail Anda. Mari kita lihat detil apa yang bisa mereka lihat ketika men-download atau mendapatkan data e-KYC offline yang disertakan dalam XML.

  • Nama Penduduk
  • Download Nomor Rujukan
  • Domisili
  • Foto
  • Tanggal Lahir atau Tahun Lahir
  • Jenis kelamin
  • Nomor Hand dalam format hash
  • Alamat Surel dalam format hash

Demikian bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Cikarang . Jika anda tertarik dengan dengan layanan e-KYC, anda dapat mencoba layanan E-KYC Enkripa berikut ini