Jasa dan Layanan e-KYC online di Cimahi

Jasa dan Layanan e-KYC online di Cimahi – Pada umumnya dalam hampir semua bisnis, terlebih lagi bisnis yang bergerak di dunia perbankan, keuangan, dan online menerapkan prinsip KYC atau singkatan dari Know Your Customer. Berikut bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Cimahi

Apa itu E-KYC

eKYC merupakan ekspresi yang diaplikasikan untuk menggambarkan digitalisasi dan konsepsi elektronik dan online dari pengerjaan KYC. eKYC (Electronic Know Your Customer) yaitu cara kerja jarak jauh tanpa kertas yang meminimalkan tarif dan birokrasi tradisional yang diperlukan dalam proses KYC.

Pemalsuan identitas, pertanda tangan, dan phishing amat awam terjadi. Bisnis ahli yang didedikasikan untuk solusi kepatuhan teknologi sudah memaksimalkan cara kerja eKYC yang sepenuhnya aman dengan margin nol untuk tindakan pelanggaran pemalsuan dan kriminal berhubungan ini.

e-kyc flow
e-kyc flow

Progres eKYC

Cara eKYC yaitu transposisi komputerisasi dan jarak jauh dari proses KYC tradisional. Pekan yang diperlukan untuk penyelesaiannya menjadi sebagian detik dengan tarif yang sangat rendah dalam pengerjaan yang dikembangkan.

Identifikasi dan verifikasi identitas klien segera terjadi, membantu bisnis meningkatkan tingkat konversi mereka sampai, umpamanya dalam kasus solusi eID, 84% dan menawarkan pengalaman yang lancar, nyaman, dan simpel terhadap klien mereka. Proses eKYC meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempertimbangkan bahwa klien bisa menggunakan layanan sejak saat pertama bisnis berhubungan dengan mereka.

Untuk mempertimbangkan bahwa pelaksanaan eKYC memenuhi standar keamanan yang sama dengan yang tradisional untuk identifikasi dan verifikasi wajah, perusahaan sepatutnya menggunakan pelaksanaan identifikasi elektronik dengan tingkat keamanan dan keandalan yang tinggi dan mencontoh hukum yang diatur dalam undang-undang AML5 atau eIDAS.

Baca : Jasa dan Layanan e-KYC online di Cimahi

Alat Pengenal Teks Optik yang Kuat

Solusi E-KYC benar-benar maju dan bekerja dengan baik dengan situasi sinar rendah dan toleransi kemiringan. Mempertahankan hasil akurasi tinggi malahan dengan bermacam variabel di area sekitarnya.

Kelebihan e-KYC

Kelebihan e-KYC ialah bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja (remote). Keunggulan lainnya, e-KYC juga paperless sehingga praktis dan efisien dalam memangkas birokrasi.

Baca Penerapan e-KYC di Indonesia

Di masa pandemi seperti saat ini, penggunaan e-KYC merupakan solusi pas untuk menghindari kontak segera dengan pelanggan guna mengurangi penyebaran mata rantai Covid-19.

Kemudian, juga memangkas biaya dan yang tak kalah pentingnya adalah dari segi keamanan bisa dipercaya. Karena, e-KYC memakai prinsip-prinsip dasar yang seperti yang tertuang dalam electronic identification standards and trust services (eIDAS).

Apabila dirunut lagi, setidaknya ada tiga perusahaan yang perlu dan patut menggunakan e-KYC dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di antaranya yakni:

1. Perusahaan Bidang Asuransi

Selanjutnya yaitu perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Selama ini memang calon nasabah asuransi banyak yang mengeluhkan proses pengurusan administrasi yang cukup lama ketika mendaftar. Karenanya, e-KYC sangatlah membantu dalam progres otentikasi ataupun verifikasi identitas nasabah secara digital. Tentu saja, ini juga membantu bagi calon nasabah yang ingin mendaftar asuransi secara online di masa pandemi.

2. Fintech

Di Indonesia, startup yang bergerak di bidang fintech saat ini sudah sangat marak. Layanan mereka malahan berjenis-jenis mulai dari mobile payment, e-wallet, sampai peer to peer lending (P2P). Sama halnya seperti perusahaan perbankan dan asuransi, setidaknya e-KYC menolong untuk proses otentikasi maupun verifikasi.

Khusus lagi bagi calon nasabah yang ada di daerah. Hal itu juga menyokong peran pemerintah dalam rangka memerangi perbuatan melanggar regulasi yang merugikan negara maupun masyarakat. Seperti pencucian uang ataupun pendanaan terhadap terorisme melalui layanan mobile payment, e-wallet ataupun peer to peer lending (P2P).

3. Perusahaan Perbankan

e-KYC dalam perusahaan perbankan semestinya dilakukan untuk memandang calon nasabah dan meminimalisir risiko pelanggaran. Sebelumnya, perbankan mewajibkan calon nasabahnya untuk datang seketika ke bank untuk mengurus administrasinya.

Dengan adanya e-KYC setidaknya memberikan pengalaman baru bagi calon nasabah atau pelanggan untuk membuka rekening mereka di mana saja dan kapan saja tanpa wajib mendatangi bank terdekat. Lalu, manfaat lainnya dari e-KYC adalah nasabah atau pelanggan dapat memperhatikan transaksi keuangan mereka secara realtime.

Dari KYC ke eKYC: Transformasi digital

Segala pelaku bisnis dan pelaku ekonomi, terutama lembaga keuangan dan bank, mengalami proses digitalisasi yang drastis. Transformasi komputerisasi telah menjadi bagian dari perubahan paling relevan dalam organisasi dalam satu dekade terakhir, membikin mereka yang melupakan tugas ini kehilangan kesempatan di sektor mereka atau bahkan menghilang.

Perusahaan dan organisasi sedang berjuang untuk merubah dan mendigitalkan proses yang tampaknya susah untuk diotomatisasi dan menjadi jauh. Tetapi, bisnis khusus sudah muncul untuk mencapai tugas ini, menerapkan teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan dan pelajaran mesin untuk mengubah dan mengoptimalkan pengerjaan.

Perusahaan yang kami kategorikan sebagai RegTech telah timbul, menemani bisnis dalam pemakaian undang-undang dan prosedur peraturan dengan solusi yang mengoptimalkan, meningkatkan dan mengurangi tarif pengerjaan tersebut.

Siapa yang bisa menerapkan layanan e-KYC?

Tiap-tiap pemegang layanan yang ingin menampilkan identitasnya ke penyedia layanan mana malahan menggunakan file XML yang ditandatangani secara komputerisasi yang diunduh dari web situs sah UIDAI bisa menjadi pengguna layanan yang nyaman ini. Penyedia layanan semestinya memiliki persyaratan untuk menyediakan Paperless Offline e-KYC berbasis Aadhaar ini di tempat mereka dan melanjutkan otentikasi offline. Dengan kata sederhana, setiap agen / penyedia layanan legal atau institusi bersertifikat dapat mengaplikasikan layanan e-KYC jikalau dan saat mereka perlu mengotentikasi siapa pun untuk memvalidasi identitas mereka.

Mengapa cara kerja KYC penting?

Prosedur KYC yang ditentukan oleh bank melibatkan seluruh tindakan yang diperlukan untuk menentukan bahwa pelanggan mereka nyata, menilai, dan memantau risiko.

Proses orientasi klien ini menolong mencegah dan mengidentifikasi pencucian uang, pendanaan terorisme, dan skema korupsi ilegal lainnya.

Proses KYC meliputi verifikasi KTP, verifikasi wajah, verifikasi dokumen seperti tagihan utilitas sebagai bukti alamat, dan verifikasi biometrik.

Bank patut mematuhi undang-undang KYC dan aturan anti pencucian uang untuk membatasi penipuan. Tanggung jawab kepatuhan KYC berlokasi pada bank.

Jika gagal mematuhinya, sanksi berat bisa diaplikasikan.

Di AS, Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik, akumulasi denda sebesar USD26 miliar sudah dikenakan untuk ketidakpatuhan terhadap AML, KYC, dan denda sanksi selama sepuluh tahun terakhir (2008-2018) – apalagi kerusakan reputasi dikerjakan dan tidak dinilai.

Dokumen KYC

Pemeriksaan KYC dikerjakan via sumber dokumen, data, atau berita yang independen dan andal. Tiap-tiap klien diharuskan memberikan kredensial untuk membuktikan identitas dan alamat.

Pada Mei 2018, Jaringan Penegakan Melanggar Keuangan AS (FinCEN) – menambahkan prasyarat baru bagi bank untuk memverifikasi identitas perorangan dari pelanggan badan aturan yang mempunyai, memegang, dan menerima profit dari perusahaan ketika organisasi hal yang demikian membuka rekening.

Intinya: ketika perusahaan korporat membuka akun baru, dia harus memberikan nomor Jaminan Sosial dan salinan ID foto dan paspor untuk karyawan, anggota dewan, dan pemegang saham mereka.

Data tercakup dalam e-KYC offline

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyedia layanan atau agensi akan dapat mengautentikasi detil Anda. Mari kita lihat rinci apa yang dapat mereka lihat ketika men-download atau menerima data e-KYC offline yang disertakan dalam XML.

  • Nama Penduduk
  • Download Nomor Rujukan
  • Alamat
  • Foto
  • Tanggal Lahir atau Tahun Lahir
  • Jenis kelamin
  • Nomor Seluler dalam format hash
  • Domisili Elektronik dalam format hash

Demikian bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Cimahi . Jika anda tertarik dengan dengan layanan e-KYC, anda dapat mencoba layanan E-KYC Enkripa berikut ini