Jasa dan Layanan e-KYC online di Intan Jaya

Jasa dan Layanan e-KYC online di Intan Jaya – Pada umumnya dalam hampir segala bisnis, lebih-lebih lagi bisnis yang bergerak di dunia perbankan, keuangan, dan online menerapkan prinsip KYC atau singkatan dari Know Your Customer. Berikut bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Intan Jaya

Apa itu E-KYC

eKYC adalah ekspresi yang diterapkan untuk menggambarkan digitalisasi dan konsepsi elektronik dan online dari pengerjaan KYC. eKYC (Electronic Know Your Customer) merupakan proses jarak jauh tanpa kertas yang meminimalkan tarif dan birokrasi tradisional yang diperlukan dalam pelaksanaan KYC.

Pemalsuan identitas, pertanda tangan, dan phishing benar-benar umum terjadi. Bisnis spesialis yang didedikasikan untuk solusi kepatuhan teknologi telah mengembangkan cara kerja eKYC yang sepenuhnya aman dengan margin nol untuk tindakan pelanggaran pemalsuan dan kejahatan berkaitan ini.

e kyc flow 1024x342 - Jasa dan Layanan e-KYC online di Intan Jaya
e-kyc flow

Cara eKYC

Pelaksanaan eKYC merupakan transposisi komputerisasi dan jarak jauh dari proses KYC tradisional. Pekan yang dibutuhkan untuk penyelesaiannya menjadi sebagian detik dengan biaya yang sangat rendah dalam pelaksanaan yang dimaksimalkan.

Identifikasi dan verifikasi identitas klien lantas terjadi, membantu bisnis meningkatkan tingkat konversi mereka hingga, contohnya dalam kasus solusi eID, 84% dan menawarkan pengalaman yang lancar, nyaman, dan simpel terhadap klien mereka. Cara eKYC meningkatkan kepuasan pelanggan dan menetapkan bahwa klien bisa menggunakan layanan sejak saat pertama bisnis terkait dengan mereka.

Untuk mempertimbangkan bahwa pelaksanaan eKYC memenuhi standar keamanan yang sama dengan yang tradisional untuk identifikasi dan verifikasi wajah, perusahaan wajib menerapkan pelaksanaan identifikasi elektronik dengan tingkat keamanan dan keandalan yang tinggi dan mencontoh hukum yang ditetapkan dalam hukum AML5 atau eIDAS.

Baca : Jasa dan Layanan e-KYC online di Intan Jaya

Alat Pengenal Teks Optik yang Kuat

Solusi E-KYC benar-benar maju dan bekerja dengan baik dengan situasi cahaya rendah dan toleransi kemiringan. Mempertahankan hasil akurasi tinggi pun dengan berjenis-jenis variabel di area sekitarnya.

Kelebihan e-KYC

Kelebihan e-KYC adalah bisa dijalankan di mana saja dan kapan saja (remote). Keunggulan lainnya, e-KYC juga paperless sehingga praktis dan efisien dalam memangkas birokrasi.

Baca Penerapan e-KYC di Indonesia

Di masa pandemi seperti dikala ini, penggunaan e-KYC adalah solusi ideal untuk menghindari kontak langsung dengan pelanggan guna mengurangi penyebaran mata rantai Covid-19.

Kemudian, juga memangkas biaya dan yang tidak kalah pentingnya adalah dari segi keamanan bisa dipercaya. Karena, e-KYC menerapkan prinsip-prinsip dasar yang seperti yang tertuang dalam electronic identification standards and trust services (eIDAS).

Sekiranya dirunut lagi, setidaknya ada tiga perusahaan yang perlu dan wajib memakai e-KYC dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di antaranya yakni:

1. Perusahaan Bidang Asuransi

Selanjutnya yakni perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Selama ini memang calon nasabah asuransi banyak yang mengeluhkan progres pengurusan administrasi yang cukup lama saat mendaftar. Maka, e-KYC sangatlah membantu dalam cara kerja otentikasi ataupun verifikasi identitas nasabah secara komputerisasi. Tentu saja, ini juga membantu bagi calon nasabah yang mau mendaftar asuransi secara online di masa pandemi.

2. Fintech

Di Indonesia, startup yang bergerak di bidang fintech ketika ini sudah sangat marak. Layanan mereka malah pelbagai mulai dari mobile payment, e-wallet, hingga peer to peer lending (P2P). Sama halnya seperti perusahaan perbankan dan asuransi, setidaknya e-KYC membantu untuk proses otentikasi ataupun verifikasi.

Terlebih lagi bagi calon nasabah yang ada di daerah. Hal itu juga menunjang peran pemerintah dalam rangka memerangi perbuatan melanggar tata tertib yang merugikan negara maupun masyarakat. Seperti pencucian uang maupun pendanaan kepada terorisme lewat layanan mobile payment, e-wallet maupun peer to peer lending (P2P).

3. Perusahaan Perbankan

e-KYC dalam perusahaan perbankan mesti dijalankan untuk melihat calon nasabah dan meminimalisir risiko pelanggaran. Sebelumnya, perbankan mengharuskan calon nasabahnya untuk datang seketika ke bank untuk mengurus administrasinya.

Dengan adanya e-KYC setidaknya memberikan pengalaman baru bagi calon nasabah atau pelanggan untuk membuka rekening mereka di mana saja dan kapan saja tanpa harus mendatangi bank terdekat. Lalu, manfaat lainnya dari e-KYC yakni nasabah atau pelanggan dapat melihat transaksi keuangan mereka secara realtime.

Dari KYC ke eKYC: Transformasi komputerisasi

Semua pelaku bisnis dan pelaku ekonomi, terutama lembaga keuangan dan bank, mengalami pelaksanaan digitalisasi yang drastis. Transformasi komputerisasi sudah menjadi bagian dari perubahan paling relevan dalam organisasi dalam satu dekade terakhir, membikin mereka yang melupakan tugas ini kehilangan peluang di sektor mereka atau malahan menghilang.

Perusahaan dan organisasi sedang berjuang untuk mengubah dan mendigitalkan proses yang tampaknya sulit untuk diotomatisasi dan menjadi jauh. Namun, bisnis khusus telah timbul untuk mencapai tugas ini, menerapkan teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk mengubah dan mengembangkan progres.

Perusahaan yang kami kategorikan sebagai RegTech sudah muncul, menemani bisnis dalam penerapan peraturan dan prosedur tata tertib dengan solusi yang memaksimalkan, meningkatkan dan mengurangi tarif pengerjaan hal yang demikian.

Siapa yang bisa menerapkan layanan e-KYC?

Setiap pemegang layanan yang mau memperlihatkan identitasnya ke penyedia layanan mana pun menerapkan file XML yang ditandatangani secara komputerisasi yang diunduh dari laman laman sah UIDAI bisa menjadi pengguna layanan yang nyaman ini. Penyedia layanan patut memiliki persyaratan untuk menyediakan Paperless Offline e-KYC berbasis Aadhaar ini di daerah mereka dan melanjutkan otentikasi offline. Dengan kata sederhana, setiap agen / penyedia layanan legal atau institusi bersertifikat bisa menerapkan layanan e-KYC jika dan ketika mereka perlu mengotentikasi siapa pun untuk memvalidasi identitas mereka.

Mengapa pelaksanaan KYC penting?

Prosedur KYC yang ditetapkan oleh bank melibatkan seluruh perbuatan yang diperlukan untuk menentukan bahwa pelanggan mereka riil, mengukur, dan memantau risiko.

Pelaksanaan orientasi klien ini menolong mencegah dan mengidentifikasi pencucian uang, pendanaan terorisme, dan skema korupsi ilegal lainnya.

Progres KYC mencakup verifikasi KTP, verifikasi wajah, verifikasi dokumen seperti tagihan utilitas sebagai bukti domisili, dan verifikasi biometrik.

Bank wajib mematuhi hukum KYC dan tata tertib anti pencucian uang untuk mengontrol penipuan. Tanggung jawab kepatuhan KYC berlokasi pada bank.

Bila gagal mematuhinya, hukuman berat bisa diterapkan.

Di AS, Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik, akumulasi denda sebesar USD26 miliar telah dikenakan untuk ketidakpatuhan terhadap AML, KYC, dan denda sanksi selama sepuluh tahun terakhir (2008-2018) – apalagi kerusakan reputasi dijalankan dan tak dinilai.

Dokumen KYC

Pemeriksaan KYC dikerjakan lewat sumber dokumen, data, atau info yang independen dan andal. Setiap klien diharuskan memberikan kredensial untuk menggambarkan identitas dan alamat.

Pada Mei 2018, Jaringan Penegakan Kezaliman Keuangan AS (FinCEN) – menambahkan persyaratan baru bagi bank untuk memverifikasi identitas perorangan dari pelanggan badan regulasi yang mempunyai, mengendalikan, dan mendapatkan keuntungan dari perusahaan dikala organisasi tersebut membuka rekening.

Intinya: ketika perusahaan korporat membuka akun baru, dia sepatutnya memberikan nomor Jaminan Sosial dan salinan ID foto dan paspor untuk karyawan, anggota dewan, dan pemegang saham mereka.

Data tercakup dalam e-KYC offline

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyedia layanan atau agensi akan dapat mengautentikasi mendetail Anda. Mari kita lihat mendetail apa yang dapat mereka lihat saat mendownload atau menerima data e-KYC offline yang disertakan dalam XML.

  • Nama Penduduk
  • Unduh Nomor Rujukan
  • Domisili
  • Foto
  • Tanggal Lahir atau Tahun Lahir
  • Jenis kelamin
  • Nomor Seluler dalam format hash
  • Alamat Elektronik dalam bentuk hash

Demikian bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Intan Jaya . Jika anda tertarik dengan dengan layanan e-KYC, anda dapat mencoba layanan E-KYC Enkripa berikut ini