Jasa dan Layanan e-KYC online di Marisa

Jasa dan Layanan e-KYC online di Marisa – Pada umumnya dalam hampir segala bisnis, terutamanya lagi bisnis yang bergerak di dunia perbankan, keuangan, dan online menggunakan prinsip KYC atau singkatan dari Know Your Customer. Berikut bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Marisa

Apa itu E-KYC

eKYC merupakan ekspresi yang dipakai untuk membuktikan digitalisasi dan konsepsi elektronik dan online dari cara kerja KYC. eKYC (Electronic Know Your Customer) yaitu pengerjaan jarak jauh tanpa kertas yang meminimalkan tarif dan birokrasi tradisional yang diperlukan dalam cara kerja KYC.

Pemalsuan identitas, pertanda tangan, dan phishing betul-betul umum terjadi. Bisnis ahli yang didedikasikan untuk solusi kepatuhan teknologi telah mengoptimalkan proses eKYC yang sepenuhnya aman dengan margin nol untuk tindakan pelanggaran pemalsuan dan kezaliman terkait ini.

e-kyc flow
e-kyc flow

Proses eKYC

Pengerjaan eKYC yakni transposisi digital dan jarak jauh dari progres KYC tradisional. Pekan yang dibutuhkan untuk penyelesaiannya menjadi sebagian detik dengan biaya yang betul-betul rendah dalam progres yang dioptimalkan.

Identifikasi dan verifikasi identitas klien lantas terjadi, membantu bisnis meningkatkan tingkat konversi mereka sampai, misalnya dalam kasus solusi eID, 84% dan menawarkan pengalaman yang lancar, nyaman, dan sederhana terhadap klien mereka. Pelaksanaan eKYC meningkatkan kepuasan pelanggan dan memutuskan bahwa klien bisa memakai layanan sejak ketika pertama bisnis terkait dengan mereka.

Untuk menetapkan bahwa pengerjaan eKYC memenuhi standar keamanan yang sama dengan yang tradisional untuk identifikasi dan verifikasi wajah, perusahaan wajib mengaplikasikan pengerjaan identifikasi elektronik dengan tingkat keamanan dan keandalan yang tinggi dan mengikuti regulasi yang diatur dalam undang-undang AML5 atau eIDAS.

Baca : Jasa dan Layanan e-KYC online di Marisa

Alat Pengenal Teks Optik yang Kuat

Solusi E-KYC amat maju dan bekerja dengan bagus dengan situasi sinar rendah dan toleransi kemiringan. Mempertahankan hasil kecermatan tinggi bahkan dengan bermacam variabel di zona sekitarnya.

Kelebihan e-KYC

Kelebihan e-KYC merupakan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja (remote). Keunggulan lainnya, e-KYC juga paperless sehingga praktis dan efisien dalam memangkas birokrasi.

Baca Penerapan e-KYC di Indonesia

Di masa pandemi seperti saat ini, pengaplikasian e-KYC adalah solusi ideal untuk menghindari kontak lantas dengan pelanggan guna mengurangi penyebaran mata rantai Covid-19.

Kemudian, juga memangkas tarif dan yang tak kalah pentingnya merupakan dari segi keamanan dapat diandalkan. Karena, e-KYC menerapkan prinsip-prinsip dasar yang seperti yang tertuang dalam electronic identification standards and trust services (eIDAS).

Kalau dirunut lagi, setidaknya ada tiga perusahaan yang perlu dan harus memakai e-KYC dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di antaranya yakni:

1. Perusahaan Bidang Asuransi

Selanjutnya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Selama ini memang calon nasabah asuransi banyak yang mengeluhkan pelaksanaan pengurusan administrasi yang cukup lama ketika mendaftar. Maka, e-KYC sangatlah menolong dalam pengerjaan otentikasi ataupun verifikasi identitas nasabah secara komputerisasi. Tentu saja, ini juga menolong bagi calon nasabah yang berkeinginan mendaftar asuransi secara online di masa pandemi.

2. Fintech

Di Indonesia, startup yang bergerak di bidang fintech ketika ini telah amat marak. Layanan mereka bahkan pelbagai mulai dari mobile payment, e-wallet, sampai peer to peer lending (P2P). Sama halnya seperti perusahaan perbankan dan asuransi, setidaknya e-KYC membantu untuk cara kerja otentikasi ataupun verifikasi.

Lebih-lebih lagi bagi calon nasabah yang ada di tempat. Hal itu juga menyokong peran pemerintah dalam rangka memerangi tindakan melanggar tata tertib yang merugikan negara maupun masyarakat. Seperti pencucian uang ataupun pendanaan kepada terorisme lewat layanan mobile payment, e-wallet ataupun peer to peer lending (P2P).

3. Perusahaan Perbankan

e-KYC dalam perusahaan perbankan wajib dikerjakan untuk mengamati calon nasabah dan meminimalisir risiko pelanggaran. Sebelumnya, perbankan mengharuskan calon nasabahnya untuk datang langsung ke bank untuk mengurus administrasinya.

Dengan adanya e-KYC setidaknya memberikan pengalaman baru bagi calon nasabah atau pelanggan untuk membuka rekening mereka di mana saja dan kapan saja tanpa seharusnya mendatangi bank terdekat. Lalu, manfaat lainnya dari e-KYC adalah nasabah atau pelanggan dapat melihat transaksi keuangan mereka secara realtime.

Dari KYC ke eKYC: Transformasi komputerisasi

Segala pelaku bisnis dan pelaku ekonomi, terutamanya lembaga keuangan dan bank, mengalami cara kerja digitalisasi yang drastis. Transformasi digital sudah menjadi komponen dari perubahan paling relevan dalam organisasi dalam satu dekade terakhir, membuat mereka yang melupakan tugas ini kehilangan kesempatan di sektor mereka atau malahan menghilang.

Perusahaan dan organisasi sedang berjuang untuk mengubah dan mendigitalkan pelaksanaan yang tampaknya susah untuk diotomatisasi dan menjadi jauh. Melainkan, bisnis khusus sudah muncul untuk mencapai tugas ini, menggunakan teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan dan pelajaran mesin untuk merubah dan memaksimalkan cara kerja.

Perusahaan yang kami kategorikan sebagai RegTech telah muncul, mendampingi bisnis dalam pemakaian regulasi dan prosedur aturan dengan solusi yang mengoptimalkan, meningkatkan dan mengurangi biaya proses tersebut.

Siapa yang bisa memakai layanan e-KYC?

Setiap pemegang layanan yang mau menampilkan identitasnya ke penyedia layanan mana bahkan menggunakan file XML yang ditandatangani secara digital yang diunduh dari situs web legal UIDAI bisa menjadi pengguna layanan yang nyaman ini. Penyedia layanan patut mempunyai syarat untuk menyediakan Paperless Offline e-KYC berbasis Aadhaar ini di daerah mereka dan melanjutkan otentikasi offline. Dengan kata simpel, tiap agen / penyedia layanan sah atau institusi bersertifikat dapat memakai layanan e-KYC bila dan dikala mereka perlu mengotentikasi siapa malahan untuk memvalidasi identitas mereka.

Mengapa cara kerja KYC penting?

Prosedur KYC yang ditetapkan oleh bank melibatkan semua tindakan yang diperlukan untuk menetapkan bahwa pelanggan mereka kongkrit, menilai, dan memantau risiko.

Kerja orientasi klien ini membantu mencegah dan mengidentifikasi pencucian uang, pendanaan terorisme, dan skema korupsi ilegal lainnya.

Proses KYC meliputi verifikasi KTP, verifikasi wajah, verifikasi dokumen seperti tagihan utilitas sebagai bukti alamat, dan verifikasi biometrik.

Bank mesti mematuhi undang-undang KYC dan peraturan anti pencucian uang untuk memegang pembohongan. Tanggung jawab kepatuhan KYC terletak pada bank.

Jika gagal mematuhinya, hukuman berat dapat digunakan.

Di AS, Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik, akumulasi denda sebesar USD26 miliar telah dikenakan untuk ketidakpatuhan terhadap AML, KYC, dan denda sanksi selama sepuluh tahun terakhir (2008-2018) – apalagi kerusakan reputasi dikerjakan dan tidak diukur.

Dokumen KYC

Pemeriksaan KYC dilakukan melewati sumber dokumen, data, atau info yang independen dan andal. Setiap klien diharuskan memberikan kredensial untuk menggambarkan identitas dan domisili.

Pada Mei 2018, Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan AS (FinCEN) – menambahkan syarat baru bagi bank untuk memverifikasi identitas perorangan dari pelanggan badan aturan yang memiliki, membatasi, dan menerima keuntungan dari perusahaan ketika organisasi hal yang demikian membuka rekening.

Intinya: ketika perusahaan korporat membuka akun baru, dia harus memberikan nomor Jaminan Sosial dan salinan ID foto dan paspor untuk karyawan, anggota dewan, dan pemegang saham mereka.

Data tercakup dalam e-KYC offline

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyedia layanan atau agensi akan bisa mengautentikasi detil Anda. Mari kita lihat mendetail apa yang dapat mereka lihat dikala men-download atau mendapatkan data e-KYC offline yang disertakan dalam XML.

  • Nama Penduduk
  • Download Nomor Referensi
  • Domisili
  • Foto
  • Tanggal Lahir atau Tahun Lahir
  • Jenis kelamin
  • Nomor Pintar dalam format hash
  • Domisili Surel dalam bentuk hash

Demikian bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Marisa . Jika anda tertarik dengan dengan layanan e-KYC, anda dapat mencoba layanan E-KYC Enkripa berikut ini