Jasa dan Layanan e-KYC online di Nusa Tenggara Barat

Jasa dan Layanan e-KYC online di Nusa Tenggara Barat – Pada umumnya dalam hampir segala bisnis, khususnya lagi bisnis yang bergerak di dunia perbankan, keuangan, dan online mengaplikasikan prinsip KYC atau singkatan dari Know Your Customer. Berikut bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Nusa Tenggara Barat

Apa itu E-KYC

eKYC ialah ekspresi yang digunakan untuk membuktikan digitalisasi dan konsepsi elektronik dan online dari proses KYC. eKYC (Electronic Know Your Customer) merupakan proses jarak jauh tanpa kertas yang meminimalkan tarif dan birokrasi tradisional yang diperlukan dalam cara kerja KYC.

Pemalsuan identitas, pertanda tangan, dan phishing betul-betul lazim terjadi. Bisnis ahli yang didedikasikan untuk solusi kepatuhan teknologi telah mengoptimalkan cara kerja eKYC yang sepenuhnya aman dengan margin nol untuk perbuatan pelanggaran pemalsuan dan kriminalitas berhubungan ini.

e-kyc flow
e-kyc flow

Progres eKYC

Proses eKYC yaitu transposisi komputerisasi dan jarak jauh dari proses KYC tradisional. Minggu yang dibutuhkan untuk penyelesaiannya menjadi sebagian detik dengan tarif yang betul-betul rendah dalam cara kerja yang dimaksimalkan.

Identifikasi dan verifikasi identitas klien langsung terjadi, menolong bisnis meningkatkan tingkat konversi mereka sampai, umpamanya dalam kasus solusi eID, 84% dan menawarkan pengalaman yang lancar, nyaman, dan simpel terhadap klien mereka. Proses eKYC meningkatkan kepuasan pelanggan dan memutuskan bahwa klien bisa menerapkan layanan sejak saat pertama bisnis terkait dengan mereka.

Untuk mempertimbangkan bahwa pengerjaan eKYC memenuhi standar keamanan yang sama dengan yang tradisional untuk identifikasi dan verifikasi wajah, perusahaan harus mengaplikasikan cara kerja identifikasi elektronik dengan tingkat keamanan dan keandalan yang tinggi dan mengikuti aturan yang ditetapkan dalam undang-undang AML5 atau eIDAS.

Baca : Jasa dan Layanan e-KYC online di Nusa Tenggara Barat

Alat Pengenal Teks Optik yang Kuat

Solusi E-KYC sungguh-sungguh maju dan berprofesi dengan bagus dengan keadaan cahaya rendah dan toleransi kemiringan. Mempertahankan hasil kecermatan tinggi pun dengan bermacam-macam variabel di area sekitarnya.

Kelebihan e-KYC

Kelebihan e-KYC yaitu bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja (remote). Keunggulan lainnya, e-KYC juga paperless sehingga praktis dan efisien dalam memangkas birokrasi.

Baca Penerapan e-KYC di Indonesia

Di masa pandemi seperti dikala ini, pengaplikasian e-KYC yaitu solusi ideal untuk menghindari kontak seketika dengan pelanggan guna mengurangi penyebaran mata rantai Covid-19.

Kemudian, juga memangkas tarif dan yang tidak keok pentingnya ialah dari segi keamanan dapat dipercaya. Sebab, e-KYC menerapkan prinsip-prinsip dasar yang seperti yang tertuang dalam electronic identification standards and trust services (eIDAS).

Sekiranya dirunut lagi, setidaknya ada tiga perusahaan yang perlu dan seharusnya menerapkan e-KYC dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di antaranya merupakan:

1. Perusahaan Bidang Asuransi

Selanjutnya adalah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Selama ini memang calon nasabah asuransi banyak yang mengeluhkan proses pengurusan administrasi yang cukup lama saat mendaftar. Karenanya, e-KYC sangatlah menolong dalam pelaksanaan otentikasi maupun verifikasi identitas nasabah secara komputerisasi. Tentu saja, ini juga menolong bagi calon nasabah yang berkeinginan mendaftar asuransi secara online di masa pandemi.

2. Fintech

Di Indonesia, startup yang bergerak di bidang fintech ketika ini telah sangat marak. Layanan mereka pun pelbagai mulai dari mobile payment, e-wallet, sampai peer to peer lending (P2P). Sama halnya seperti perusahaan perbankan dan asuransi, setidaknya e-KYC menolong untuk proses otentikasi ataupun verifikasi.

Khusus lagi bagi calon nasabah yang ada di tempat. Hal itu juga mendorong peran pemerintah dalam rangka memerangi perbuatan melanggar undang-undang yang merugikan negara maupun masyarakat. Seperti pencucian uang maupun pendanaan kepada terorisme lewat layanan mobile payment, e-wallet ataupun peer to peer lending (P2P).

3. Perusahaan Perbankan

e-KYC dalam perusahaan perbankan mesti dikerjakan untuk memandang calon nasabah dan meminimalisir risiko pelanggaran. Sebelumnya, perbankan mewajibkan calon nasabahnya untuk datang seketika ke bank untuk mengurus administrasinya.

Dengan adanya e-KYC setidaknya memberikan pengalaman baru bagi calon nasabah atau pelanggan untuk membuka rekening mereka di mana saja dan kapan saja tanpa patut mendatangi bank terdekat. Lalu, manfaat lainnya dari e-KYC adalah nasabah atau pelanggan dapat mengamati transaksi keuangan mereka secara realtime.

Dari KYC ke eKYC: Transformasi komputerisasi

Semua pelaku bisnis dan pelaku ekonomi, terlebih lembaga keuangan dan bank, mengalami progres digitalisasi yang drastis. Transformasi komputerisasi sudah menjadi komponen dari perubahan paling relevan dalam organisasi dalam satu dekade terakhir, membuat mereka yang melupakan tugas ini kehilangan peluang di sektor mereka atau malah menghilang.

Perusahaan dan organisasi sedang berjuang untuk merubah dan mendigitalkan pengerjaan yang tampaknya susah untuk diotomatisasi dan menjadi jauh. Melainkan, bisnis khusus sudah timbul untuk menempuh tugas ini, menerapkan teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan dan pelajaran mesin untuk mengubah dan mengoptimalkan cara kerja.

Perusahaan yang kami kategorikan sebagai RegTech telah timbul, memandu bisnis dalam pengaplikasian peraturan dan prosedur tata tertib dengan solusi yang memaksimalkan, meningkatkan dan mengurangi biaya proses hal yang demikian.

Siapa yang dapat menggunakan layanan e-KYC?

Tiap pemegang layanan yang mau menunjukkan identitasnya ke penyedia layanan mana malah mengaplikasikan file XML yang ditandatangani secara komputerisasi yang diunduh dari website laman resmi UIDAI dapat menjadi pengguna layanan yang nyaman ini. Penyedia layanan semestinya memiliki prasyarat untuk menyediakan Paperless Offline e-KYC berbasis Aadhaar ini di tempat mereka dan melanjutkan otentikasi offline. Dengan kata sederhana, setiap agen / penyedia layanan sah atau lembaga bersertifikat bisa menerapkan layanan e-KYC apabila dan saat mereka perlu mengotentikasi siapa pun untuk memvalidasi identitas mereka.

Mengapa proses KYC penting?

Prosedur KYC yang ditetapkan oleh bank melibatkan seluruh perbuatan yang diperlukan untuk mempertimbangkan bahwa pelanggan mereka kongkret, mengukur, dan memantau risiko.

Kerja orientasi klien ini membantu mencegah dan mengidentifikasi pencucian uang, pendanaan terorisme, dan skema korupsi ilegal lainnya.

Kerja KYC meliputi verifikasi KTP, verifikasi wajah, verifikasi dokumen seperti tagihan utilitas sebagai bukti domisili, dan verifikasi biometrik.

Bank wajib mematuhi undang-undang KYC dan aturan anti pencucian uang untuk mengendalikan penipuan. Tanggung jawab kepatuhan KYC berlokasi pada bank.

Sekiranya gagal mematuhinya, hukuman berat dapat dipakai.

Di AS, Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik, akumulasi denda sebesar USD26 miliar telah dikenakan untuk ketidakpatuhan terhadap AML, KYC, dan denda sanksi selama sepuluh tahun terakhir (2008-2018) – apalagi kerusakan reputasi dilakukan dan tak dievaluasi.

Dokumen KYC

Pemeriksaan KYC dilaksanakan melalui sumber dokumen, data, atau informasi yang independen dan andal. Tiap klien diharuskan memberikan kredensial untuk membuktikan identitas dan alamat.

Pada Mei 2018, Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan AS (FinCEN) – menambahkan prasyarat baru bagi bank untuk memverifikasi identitas perorangan dari pelanggan badan regulasi yang memiliki, membatasi, dan mendapatkan keuntungan dari perusahaan saat organisasi hal yang demikian membuka rekening.

Intinya: saat perusahaan korporat membuka akun baru, ia mesti memberikan nomor Jaminan Sosial dan salinan ID foto dan paspor untuk karyawan, anggota dewan, dan pemegang saham mereka.

Data tercakup dalam e-KYC offline

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyedia layanan atau agensi akan bisa mengautentikasi mendetail Anda. Mari kita lihat detil apa yang bisa mereka lihat saat men-download atau mendapatkan data e-KYC offline yang disertakan dalam XML.

  • Nama Penduduk
  • Unduh Nomor Acuan
  • Domisili
  • Foto
  • Tanggal Lahir atau Tahun Lahir
  • Jenis kelamin
  • Nomor Hp dalam format hash
  • Domisili Email dalam format hash

Demikian bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Nusa Tenggara Barat . Jika anda tertarik dengan dengan layanan e-KYC, anda dapat mencoba layanan E-KYC Enkripa berikut ini