Jasa dan Layanan e-KYC online di Nusa Tenggara Timur

Jasa dan Layanan e-KYC online di Nusa Tenggara Timur – Pada biasanya dalam hampir semua bisnis, terutamanya lagi bisnis yang bergerak di dunia perbankan, keuangan, dan online menggunakan prinsip KYC atau singkatan dari Know Your Customer. Berikut bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Nusa Tenggara Timur

Apa itu E-KYC

eKYC yakni ekspresi yang diaplikasikan untuk menggambarkan digitalisasi dan konsepsi elektronik dan online dari cara kerja KYC. eKYC (Electronic Know Your Customer) merupakan progres jarak jauh tanpa kertas yang meminimalkan biaya dan birokrasi tradisional yang dibutuhkan dalam cara kerja KYC.

Pemalsuan identitas, pertanda tangan, dan phishing sangat biasa terjadi. Bisnis ahli yang didedikasikan untuk solusi kepatuhan teknologi telah memaksimalkan pengerjaan eKYC yang sepenuhnya aman dengan margin nol untuk tindakan pelanggaran pemalsuan dan kriminal terkait ini.

e-kyc flow
e-kyc flow

Proses eKYC

Pelaksanaan eKYC ialah transposisi digital dan jarak jauh dari cara kerja KYC tradisional. Pekan yang diperlukan untuk penyelesaiannya menjadi sebagian detik dengan tarif yang betul-betul rendah dalam proses yang dioptimalkan.

Identifikasi dan verifikasi identitas klien langsung terjadi, membantu bisnis meningkatkan tingkat konversi mereka sampai, misalnya dalam kasus solusi eID, 84% dan menawarkan pengalaman yang lancar, nyaman, dan sederhana terhadap klien mereka. Pelaksanaan eKYC meningkatkan kepuasan pelanggan dan memastikan bahwa klien dapat memakai layanan sejak dikala pertama bisnis terkait dengan mereka.

Untuk mempertimbangkan bahwa pelaksanaan eKYC memenuhi standar keamanan yang sama dengan yang tradisional untuk identifikasi dan verifikasi wajah, perusahaan harus memakai cara kerja identifikasi elektronik dengan tingkat keamanan dan keandalan yang tinggi dan mengikuti tata tertib yang ditetapkan dalam aturan AML5 atau eIDAS.

Baca : Jasa dan Layanan e-KYC online di Nusa Tenggara Timur

Alat Pengenal Teks Optik yang Kuat

Solusi E-KYC sungguh-sungguh maju dan berprofesi dengan bagus dengan situasi cahaya rendah dan toleransi kemiringan. Mempertahankan hasil ketepatan tinggi malah dengan pelbagai variabel di zona sekitarnya.

Kelebihan e-KYC

Kelebihan e-KYC adalah bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja (remote). Keunggulan lainnya, e-KYC juga paperless sehingga praktis dan efisien dalam memangkas birokrasi.

Baca Penerapan e-KYC di Indonesia

Di masa pandemi seperti ketika ini, pemakaian e-KYC yakni solusi pas untuk menghindari kontak langsung dengan pelanggan guna mengurangi penyebaran mata rantai Covid-19.

Kemudian, juga memangkas tarif dan yang tak kalah pentingnya yakni dari segi keamanan bisa diandalkan. Sebab, e-KYC menerapkan prinsip-prinsip dasar yang seperti yang tertuang dalam electronic identification standards and trust services (eIDAS).

Jikalau dirunut lagi, setidaknya ada tiga perusahaan yang perlu dan sepatutnya memakai e-KYC dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di antaranya merupakan:

1. Perusahaan Bidang Asuransi

Berikutnya adalah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Selama ini memang calon nasabah asuransi banyak yang mengeluhkan cara kerja pengurusan administrasi yang cukup lama saat mendaftar. Maka, e-KYC sangatlah membantu dalam progres otentikasi maupun verifikasi identitas nasabah secara komputerisasi. Tentu saja, ini juga menolong bagi calon nasabah yang ingin mendaftar asuransi secara online di masa pandemi.

2. Fintech

Di Indonesia, startup yang bergerak di bidang fintech ketika ini telah benar-benar marak. Layanan mereka malah berbagai mulai dari mobile payment, e-wallet, sampai peer to peer lending (P2P). Sama halnya seperti perusahaan perbankan dan asuransi, setidaknya e-KYC menolong untuk progres otentikasi maupun verifikasi.

Khususnya lagi bagi calon nasabah yang ada di tempat. Hal itu juga menunjang peran pemerintah dalam rangka memerangi perbuatan melanggar hukum yang merugikan negara maupun masyarakat. Seperti pencucian uang maupun pendanaan kepada terorisme via layanan mobile payment, e-wallet maupun peer to peer lending (P2P).

3. Perusahaan Perbankan

e-KYC dalam perusahaan perbankan seharusnya dilaksanakan untuk memperhatikan calon nasabah dan meminimalisir risiko pelanggaran. Sebelumnya, perbankan mengharuskan calon nasabahnya untuk datang seketika ke bank untuk mengurus administrasinya.

Dengan adanya e-KYC setidaknya memberikan pengalaman baru bagi calon nasabah atau pelanggan untuk membuka rekening mereka di mana saja dan kapan saja tanpa seharusnya mendatangi bank terdekat. Lalu, manfaat lainnya dari e-KYC merupakan nasabah atau pelanggan dapat mengamati transaksi keuangan mereka secara realtime.

Dari KYC ke eKYC: Transformasi komputerisasi

Segala pelaku bisnis dan pelaku ekonomi, terpenting institusi keuangan dan bank, mengalami pelaksanaan digitalisasi yang drastis. Transformasi digital telah menjadi bagian dari perubahan paling relevan dalam organisasi dalam satu dekade terakhir, membuat mereka yang melupakan tugas ini kehilangan kesempatan di sektor mereka atau malahan menghilang.

Perusahaan dan organisasi sedang berjuang untuk mengubah dan mendigitalkan proses yang tampaknya sulit untuk diotomatisasi dan menjadi jauh. Namun, bisnis khusus sudah timbul untuk mencapai tugas ini, menerapkan teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk mengubah dan mengoptimalkan cara kerja.

Perusahaan yang kami kategorikan sebagai RegTech telah timbul, mengantar bisnis dalam penggunaan hukum dan prosedur peraturan dengan solusi yang mengembangkan, meningkatkan dan mengurangi tarif proses tersebut.

Siapa yang bisa mengaplikasikan layanan e-KYC?

Tiap-tiap pemegang layanan yang berkeinginan menunjukkan identitasnya ke penyedia layanan mana pun memakai file XML yang ditandatangani secara komputerisasi yang diunduh dari web web resmi UIDAI bisa menjadi pengguna layanan yang nyaman ini. Penyedia layanan seharusnya mempunyai syarat untuk menyediakan Paperless Offline e-KYC berbasis Aadhaar ini di tempat mereka dan melanjutkan otentikasi offline. Dengan kata sederhana, tiap-tiap agen / penyedia layanan resmi atau institusi bersertifikat bisa memakai layanan e-KYC jika dan ketika mereka perlu mengotentikasi siapa pun untuk memvalidasi identitas mereka.

Mengapa pelaksanaan KYC penting?

Prosedur KYC yang ditentukan oleh bank melibatkan seluruh perbuatan yang diperlukan untuk menentukan bahwa pelanggan mereka kongkret, mengukur, dan memantau risiko.

Progres orientasi klien ini membantu mencegah dan mengidentifikasi pencucian uang, pendanaan terorisme, dan skema korupsi ilegal lainnya.

Pelaksanaan KYC meliputi verifikasi KTP, verifikasi wajah, verifikasi dokumen seperti tagihan utilitas sebagai bukti alamat, dan verifikasi biometrik.

Bank sepatutnya mematuhi tata tertib KYC dan hukum anti pencucian uang untuk mengendalikan pembohongan. Tanggung jawab kepatuhan KYC terletak pada bank.

Apabila gagal mematuhinya, sanksi berat dapat digunakan.

Di AS, Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik, akumulasi denda sebesar USD26 miliar telah dikenakan untuk ketidakpatuhan terhadap AML, KYC, dan denda hukuman selama sepuluh tahun terakhir (2008-2018) – apalagi kerusakan reputasi dikerjakan dan tak dievaluasi.

Dokumen KYC

Pemeriksaan KYC dilaksanakan melalui sumber dokumen, data, atau informasi yang independen dan andal. Tiap-tiap klien diharuskan memberikan kredensial untuk menandakan identitas dan domisili.

Pada Mei 2018, Jaringan Penegakan Melanggar Keuangan AS (FinCEN) – menambahkan prasyarat baru bagi bank untuk memverifikasi identitas perorangan dari pelanggan badan tata tertib yang mempunyai, mengendalikan, dan mendapatkan profit dari perusahaan dikala organisasi tersebut membuka rekening.

Intinya: saat perusahaan korporat membuka akun baru, ia wajib memberikan nomor Jaminan Sosial dan salinan ID foto dan paspor untuk karyawan, anggota dewan, dan pemegang saham mereka.

Data tercakup dalam e-KYC offline

Seperti yang diceritakan sebelumnya, penyedia layanan atau agensi akan bisa mengautentikasi detil Anda. Mari kita lihat terperinci apa yang dapat mereka lihat saat men-download atau mendapatkan data e-KYC offline yang disertakan dalam XML.

  • Nama Penduduk
  • Unduh Nomor Rujukan
  • Alamat
  • Foto
  • Tanggal Lahir atau Tahun Lahir
  • Jenis kelamin
  • Nomor Seluler dalam bentuk hash
  • Domisili Surel dalam format hash

Demikian bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Nusa Tenggara Timur . Jika anda tertarik dengan dengan layanan e-KYC, anda dapat mencoba layanan E-KYC Enkripa berikut ini