Jasa dan Layanan e-KYC online di Oelamasi

Jasa dan Layanan e-KYC online di Oelamasi – Pada umumnya dalam hampir segala bisnis, khususnya lagi bisnis yang bergerak di dunia perbankan, keuangan, dan online mengaplikasikan prinsip KYC atau singkatan dari Know Your Customer. Berikut bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Oelamasi

Apa itu E-KYC

eKYC ialah ekspresi yang digunakan untuk menggambarkan digitalisasi dan konsepsi elektronik dan online dari cara kerja KYC. eKYC (Electronic Know Your Customer) adalah progres jarak jauh tanpa kertas yang meminimalkan biaya dan birokrasi tradisional yang diperlukan dalam proses KYC.

Pemalsuan identitas, pertanda tangan, dan phishing sungguh-sungguh biasa terjadi. Bisnis pakar yang didedikasikan untuk solusi kepatuhan teknologi telah mengoptimalkan pelaksanaan eKYC yang sepenuhnya aman dengan margin nol untuk perbuatan pelanggaran pemalsuan dan melanggar hukum berhubungan ini.

e-kyc flow
e-kyc flow

Pelaksanaan eKYC

Pengerjaan eKYC merupakan transposisi digital dan jarak jauh dari pelaksanaan KYC tradisional. Minggu yang dibutuhkan untuk penyelesaiannya menjadi beberapa detik dengan biaya yang benar-benar rendah dalam cara kerja yang dioptimalkan.

Identifikasi dan verifikasi identitas klien seketika terjadi, menolong bisnis meningkatkan tingkat konversi mereka hingga, misalnya dalam kasus solusi eID, 84% dan menawarkan pengalaman yang lancar, nyaman, dan sederhana kepada klien mereka. Cara eKYC meningkatkan kepuasan pelanggan dan menetapkan bahwa klien dapat mengaplikasikan layanan sejak ketika pertama bisnis berhubungan dengan mereka.

Untuk menentukan bahwa progres eKYC memenuhi standar keamanan yang sama dengan yang tradisional untuk identifikasi dan verifikasi wajah, perusahaan sepatutnya menerapkan progres identifikasi elektronik dengan tingkat keamanan dan keandalan yang tinggi dan mencontoh tata tertib yang ditetapkan dalam tata tertib AML5 atau eIDAS.

Baca : Jasa dan Layanan e-KYC online di Oelamasi

Alat Pengenal Teks Optik yang Kuat

Solusi E-KYC betul-betul maju dan berprofesi dengan baik dengan keadaan cahaya rendah dan toleransi kemiringan. Mempertahankan hasil ketepatan tinggi bahkan dengan pelbagai variabel di area sekitarnya.

Kelebihan e-KYC

Kelebihan e-KYC yakni bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja (remote). Keunggulan lainnya, e-KYC juga paperless sehingga praktis dan efisien dalam memangkas birokrasi.

Baca Penerapan e-KYC di Indonesia

Di masa pandemi seperti ketika ini, pengaplikasian e-KYC yaitu solusi pas untuk menghindari kontak langsung dengan pelanggan guna mengurangi penyebaran mata rantai Covid-19.

Kemudian, juga memangkas tarif dan yang tak kalah pentingnya yaitu dari segi keamanan dapat dipercaya. Karena, e-KYC menerapkan prinsip-prinsip dasar yang seperti yang tertuang dalam electronic identification standards and trust services (eIDAS).

Kalau dirunut lagi, setidaknya ada tiga perusahaan yang perlu dan seharusnya mengaplikasikan e-KYC dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di antaranya ialah:

1. Perusahaan Bidang Asuransi

Berikutnya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Selama ini memang calon nasabah asuransi banyak yang mengeluhkan progres pengurusan administrasi yang cukup lama ketika mendaftar. Maka, e-KYC sangatlah membantu dalam cara kerja otentikasi maupun verifikasi identitas nasabah secara digital. Tentu saja, ini juga membantu bagi calon nasabah yang ingin mendaftar asuransi secara online di masa pandemi.

2. Fintech

Di Indonesia, startup yang bergerak di bidang fintech ketika ini telah amat marak. Layanan mereka bahkan bermacam-macam mulai dari mobile payment, e-wallet, sampai peer to peer lending (P2P). Sama halnya seperti perusahaan perbankan dan asuransi, setidaknya e-KYC menolong untuk proses otentikasi maupun verifikasi.

Khusus lagi bagi calon nasabah yang ada di daerah. Hal itu juga mendorong peran pemerintah dalam rangka memerangi tindakan melanggar aturan yang merugikan negara maupun masyarakat. Seperti pencucian uang maupun pendanaan terhadap terorisme melewati layanan mobile payment, e-wallet ataupun peer to peer lending (P2P).

3. Perusahaan Perbankan

e-KYC dalam perusahaan perbankan semestinya dilaksanakan untuk memperhatikan calon nasabah dan meminimalisir risiko pelanggaran. Sebelumnya, perbankan mewajibkan calon nasabahnya untuk datang lantas ke bank untuk mengurus administrasinya.

Dengan adanya e-KYC setidaknya memberikan pengalaman baru bagi calon nasabah atau pelanggan untuk membuka rekening mereka di mana saja dan kapan saja tanpa mesti mendatangi bank terdekat. Lalu, manfaat lainnya dari e-KYC yakni nasabah atau pelanggan dapat memandang transaksi keuangan mereka secara realtime.

Dari KYC ke eKYC: Transformasi komputerisasi

Segala pelaku bisnis dan pelaku ekonomi, terutamanya institusi keuangan dan bank, mengalami proses digitalisasi yang drastis. Transformasi digital sudah menjadi komponen dari perubahan paling relevan dalam organisasi dalam satu dekade terakhir, membikin mereka yang melupakan tugas ini kehilangan kesempatan di sektor mereka atau bahkan menghilang.

Perusahaan dan organisasi sedang berjuang untuk mengubah dan mendigitalkan pengerjaan yang tampaknya susah untuk diotomatisasi dan menjadi jauh. Tetapi, bisnis khusus sudah timbul untuk menempuh tugas ini, menggunakan teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan dan pelajaran mesin untuk mengubah dan memaksimalkan progres.

Perusahaan yang kami kategorikan sebagai RegTech sudah timbul, menemani bisnis dalam pengaplikasian undang-undang dan prosedur tata tertib dengan solusi yang memaksimalkan, meningkatkan dan mengurangi tarif cara kerja hal yang demikian.

Siapa yang dapat menggunakan layanan e-KYC?

Tiap pemegang layanan yang mau menonjolkan identitasnya ke penyedia layanan mana malahan menerapkan file XML yang ditandatangani secara komputerisasi yang diunduh dari situs situs resmi UIDAI bisa menjadi pengguna layanan yang nyaman ini. Penyedia layanan mesti memiliki persyaratan untuk menyediakan Paperless Offline e-KYC berbasis Aadhaar ini di daerah mereka dan melanjutkan otentikasi offline. Dengan kata sederhana, tiap-tiap agen / penyedia layanan legal atau institusi bersertifikat bisa menggunakan layanan e-KYC sekiranya dan saat mereka perlu mengotentikasi siapa malahan untuk memvalidasi identitas mereka.

Kenapa cara kerja KYC penting?

Prosedur KYC yang diatur oleh bank melibatkan seluruh perbuatan yang dibutuhkan untuk memutuskan bahwa pelanggan mereka kongkrit, menilai, dan memantau risiko.

Progres orientasi klien ini membantu mencegah dan mengidentifikasi pencucian uang, pendanaan terorisme, dan skema korupsi ilegal lainnya.

Progres KYC mencakup verifikasi KTP, verifikasi wajah, verifikasi dokumen seperti tagihan utilitas sebagai bukti alamat, dan verifikasi biometrik.

Bank mesti mematuhi undang-undang KYC dan hukum anti pencucian uang untuk membatasi penipuan. Tanggung jawab kepatuhan KYC terletak pada bank.

Sekiranya gagal mematuhinya, sanksi berat dapat digunakan.

Di AS, Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik, akumulasi denda sebesar USD26 miliar sudah dikenakan untuk ketidakpatuhan terhadap AML, KYC, dan denda hukuman selama sepuluh tahun terakhir (2008-2018) – apalagi kerusakan reputasi dilakukan dan tidak diukur.

Dokumen KYC

Pemeriksaan KYC dilakukan melewati sumber dokumen, data, atau isu yang independen dan andal. Setiap klien diharuskan memberikan kredensial untuk menandakan identitas dan alamat.

Pada Mei 2018, Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan AS (FinCEN) – menambahkan prasyarat baru bagi bank untuk memverifikasi identitas perorangan dari pelanggan badan undang-undang yang mempunyai, memegang, dan mendapatkan profit dari perusahaan ketika organisasi tersebut membuka rekening.

Intinya: saat perusahaan korporat membuka akun baru, ia patut memberikan nomor Jaminan Sosial dan salinan ID foto dan paspor untuk karyawan, member dewan, dan pemegang saham mereka.

Data tercakup dalam e-KYC offline

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyedia layanan atau agensi akan dapat mengautentikasi rinci Anda. Mari kita lihat mendetail apa yang dapat mereka lihat dikala mengunduh atau menerima data e-KYC offline yang disertakan dalam XML.

  • Nama Penduduk
  • Unduh Nomor Rujukan
  • Alamat
  • Foto
  • Tanggal Lahir atau Tahun Lahir
  • Jenis kelamin
  • Nomor Ponsel dalam wujud hash
  • Alamat E-mail dalam wujud hash

Demikian bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Oelamasi . Jika anda tertarik dengan dengan layanan e-KYC, anda dapat mencoba layanan E-KYC Enkripa berikut ini