Jasa dan Layanan e-KYC online di Raya

Jasa dan Layanan e-KYC online di Raya – Pada biasanya dalam hampir segala bisnis, lebih-lebih lagi bisnis yang bergerak di dunia perbankan, keuangan, dan online menerapkan prinsip KYC atau singkatan dari Know Your Customer. Berikut bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Raya

Apa itu E-KYC

eKYC merupakan ekspresi yang diterapkan untuk membuktikan digitalisasi dan konsepsi elektronik dan online dari proses KYC. eKYC (Electronic Know Your Customer) ialah pengerjaan jarak jauh tanpa kertas yang meminimalkan biaya dan birokrasi tradisional yang diperlukan dalam pelaksanaan KYC.

Pemalsuan identitas, pertanda tangan, dan phishing betul-betul awam terjadi. Bisnis ahli yang didedikasikan untuk solusi kepatuhan teknologi sudah mengembangkan pelaksanaan eKYC yang sepenuhnya aman dengan margin nol untuk tindakan pelanggaran pemalsuan dan kriminalitas berhubungan ini.

e-kyc flow
e-kyc flow

Pengerjaan eKYC

Progres eKYC ialah transposisi digital dan jarak jauh dari proses KYC tradisional. Minggu yang diperlukan untuk penyelesaiannya menjadi beberapa detik dengan tarif yang sangat rendah dalam pengerjaan yang dimaksimalkan.

Identifikasi dan verifikasi identitas klien segera terjadi, menolong bisnis meningkatkan tingkat konversi mereka hingga, contohnya dalam kasus solusi eID, 84% dan menawarkan pengalaman yang lancar, nyaman, dan sederhana terhadap klien mereka. Proses eKYC meningkatkan kepuasan pelanggan dan menetapkan bahwa klien bisa mengaplikasikan layanan sejak saat pertama bisnis terkait dengan mereka.

Untuk menetapkan bahwa progres eKYC memenuhi standar keamanan yang sama dengan yang tradisional untuk identifikasi dan verifikasi wajah, perusahaan mesti menggunakan pengerjaan identifikasi elektronik dengan tingkat keamanan dan keandalan yang tinggi dan mencontoh regulasi yang ditentukan dalam peraturan AML5 atau eIDAS.

Baca : Jasa dan Layanan e-KYC online di Raya

Alat Pengenal Teks Optik yang Kuat

Solusi E-KYC amat maju dan bekerja dengan bagus dengan kondisi cahaya rendah dan toleransi kemiringan. Mempertahankan hasil kecermatan tinggi malah dengan beragam variabel di zona sekitarnya.

Kelebihan e-KYC

Kelebihan e-KYC merupakan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja (remote). Keunggulan lainnya, e-KYC juga paperless sehingga praktis dan efisien dalam memangkas birokrasi.

Baca Penerapan e-KYC di Indonesia

Di masa pandemi seperti saat ini, pengaplikasian e-KYC yaitu solusi tepat untuk menghindari kontak seketika dengan pelanggan guna mengurangi penyebaran mata rantai Covid-19.

Kemudian, juga memangkas tarif dan yang tak keok pentingnya adalah dari segi keamanan bisa diandalkan. Karena, e-KYC menggunakan prinsip-prinsip dasar yang seperti yang tertuang dalam electronic identification standards and trust services (eIDAS).

Sekiranya dirunut lagi, setidaknya ada tiga perusahaan yang perlu dan sepatutnya mengaplikasikan e-KYC dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di antaranya yakni:

1. Perusahaan Bidang Asuransi

Selanjutnya yaitu perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Selama ini memang calon nasabah asuransi banyak yang mengeluhkan proses pengurusan administrasi yang cukup lama dikala mendaftar. Karenanya, e-KYC sangatlah membantu dalam proses otentikasi maupun verifikasi identitas nasabah secara komputerisasi. Tentu saja, ini juga membantu bagi calon nasabah yang berkeinginan mendaftar asuransi secara online di masa pandemi.

2. Fintech

Di Indonesia, startup yang bergerak di bidang fintech saat ini sudah betul-betul marak. Layanan mereka malahan berjenis-jenis mulai dari mobile payment, e-wallet, sampai peer to peer lending (P2P). Sama halnya seperti perusahaan perbankan dan asuransi, setidaknya e-KYC membantu untuk pelaksanaan otentikasi maupun verifikasi.

Khusus lagi bagi calon nasabah yang ada di daerah. Hal itu juga mendorong peran pemerintah dalam rangka memerangi tindakan melanggar peraturan yang merugikan negara ataupun masyarakat. Seperti pencucian uang maupun pendanaan terhadap terorisme lewat layanan mobile payment, e-wallet ataupun peer to peer lending (P2P).

3. Perusahaan Perbankan

e-KYC dalam perusahaan perbankan seharusnya dilakukan untuk mengamati calon nasabah dan meminimalisir risiko pelanggaran. Sebelumnya, perbankan mewajibkan calon nasabahnya untuk datang seketika ke bank untuk mengurus administrasinya.

Dengan adanya e-KYC setidaknya memberikan pengalaman baru bagi calon nasabah atau pelanggan untuk membuka rekening mereka di mana saja dan kapan saja tanpa sepatutnya mendatangi bank terdekat. Lalu, manfaat lainnya dari e-KYC merupakan nasabah atau pelanggan dapat memperhatikan transaksi keuangan mereka secara realtime.

Dari KYC ke eKYC: Transformasi komputerisasi

Semua pelaku bisnis dan pelaku ekonomi, lebih-lebih lembaga keuangan dan bank, mengalami cara kerja digitalisasi yang drastis. Transformasi komputerisasi telah menjadi komponen dari perubahan paling relevan dalam organisasi dalam satu dekade terakhir, membikin mereka yang melupakan tugas ini kehilangan kans di sektor mereka atau malahan menghilang.

Perusahaan dan organisasi sedang berjuang untuk mengubah dan mendigitalkan proses yang tampaknya susah untuk diotomatisasi dan menjadi jauh. Melainkan, bisnis khusus telah timbul untuk mencapai tugas ini, mengaplikasikan teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk merubah dan mengembangkan proses.

Perusahaan yang kami kategorikan sebagai RegTech sudah muncul, memandu bisnis dalam penggunaan peraturan dan prosedur peraturan dengan solusi yang mengembangkan, meningkatkan dan mengurangi biaya pengerjaan tersebut.

Siapa yang bisa menerapkan layanan e-KYC?

Tiap-tiap pemegang layanan yang mau menonjolkan identitasnya ke penyedia layanan mana bahkan menggunakan file XML yang ditandatangani secara komputerisasi yang diunduh dari website website legal UIDAI dapat menjadi pengguna layanan yang nyaman ini. Penyedia layanan wajib mempunyai syarat untuk menyediakan Paperless Offline e-KYC berbasis Aadhaar ini di daerah mereka dan melanjutkan otentikasi offline. Dengan kata sederhana, tiap agen / penyedia layanan resmi atau lembaga bersertifikat bisa mengaplikasikan layanan e-KYC seandainya dan ketika mereka perlu mengotentikasi siapa bahkan untuk memvalidasi identitas mereka.

Kenapa cara kerja KYC penting?

Prosedur KYC yang ditentukan oleh bank melibatkan semua perbuatan yang dibutuhkan untuk menetapkan bahwa pelanggan mereka riil, mengukur, dan memantau risiko.

Kerja orientasi klien ini menolong mencegah dan mengidentifikasi pencucian uang, pendanaan terorisme, dan skema korupsi ilegal lainnya.

Proses KYC meliputi verifikasi KTP, verifikasi wajah, verifikasi dokumen seperti tagihan utilitas sebagai bukti alamat, dan verifikasi biometrik.

Bank mesti mematuhi hukum KYC dan peraturan anti pencucian uang untuk mengatur penipuan. Tanggung jawab kepatuhan KYC terletak pada bank.

Bila gagal mematuhinya, hukuman berat bisa digunakan.

Di AS, Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik, akumulasi denda sebesar USD26 miliar telah dikenakan untuk ketidakpatuhan terhadap AML, KYC, dan denda sanksi selama sepuluh tahun terakhir (2008-2018) – apalagi kerusakan reputasi dikerjakan dan tidak diukur.

Dokumen KYC

Pemeriksaan KYC dilaksanakan via sumber dokumen, data, atau informasi yang independen dan andal. Tiap-tiap klien diharuskan memberikan kredensial untuk menggambarkan identitas dan domisili.

Pada Mei 2018, Jaringan Penegakan Kriminal Keuangan AS (FinCEN) – menambahkan syarat baru bagi bank untuk memverifikasi identitas perorangan dari pelanggan badan tata tertib yang mempunyai, mengatur, dan mendapatkan keuntungan dari perusahaan ketika organisasi hal yang demikian membuka rekening.

Intinya: ketika perusahaan korporat membuka akun baru, ia semestinya memberikan nomor Jaminan Sosial dan salinan ID foto dan paspor untuk karyawan, member dewan, dan pemegang saham mereka.

Data tercakup dalam e-KYC offline

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyedia layanan atau agensi akan dapat mengautentikasi mendetail Anda. Mari kita lihat mendetail apa yang bisa mereka lihat saat mengunduh atau menerima data e-KYC offline yang disertakan dalam XML.

  • Nama Penduduk
  • Unduh Nomor Referensi
  • Alamat
  • Foto
  • Tanggal Lahir atau Tahun Lahir
  • Jenis kelamin
  • Nomor Seluler dalam wujud hash
  • Alamat E-mail dalam bentuk hash

Demikian bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Raya . Jika anda tertarik dengan dengan layanan e-KYC, anda dapat mencoba layanan E-KYC Enkripa berikut ini