Jasa dan Layanan e-KYC online di Sumatera Barat

Jasa dan Layanan e-KYC online di Sumatera Barat – Pada biasanya dalam hampir segala bisnis, terlebih lagi bisnis yang bergerak di dunia perbankan, keuangan, dan online memakai prinsip KYC atau singkatan dari Know Your Customer. Berikut bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Sumatera Barat

Apa itu E-KYC

eKYC merupakan ekspresi yang diaplikasikan untuk membuktikan digitalisasi dan konsepsi elektronik dan online dari pelaksanaan KYC. eKYC (Electronic Know Your Customer) merupakan progres jarak jauh tanpa kertas yang meminimalkan biaya dan birokrasi tradisional yang dibutuhkan dalam pelaksanaan KYC.

Pemalsuan identitas, tanda tangan, dan phishing sungguh-sungguh umum terjadi. Bisnis pakar yang didedikasikan untuk solusi kepatuhan teknologi telah mengoptimalkan progres eKYC yang sepenuhnya aman dengan margin nol untuk tindakan pelanggaran pemalsuan dan kejahatan berkaitan ini.

e-kyc flow
e-kyc flow

Kerja eKYC

Pelaksanaan eKYC ialah transposisi digital dan jarak jauh dari cara kerja KYC tradisional. Pekan yang diperlukan untuk penyelesaiannya menjadi beberapa detik dengan biaya yang amat rendah dalam pengerjaan yang dioptimalkan.

Identifikasi dan verifikasi identitas klien seketika terjadi, membantu bisnis meningkatkan tingkat konversi mereka sampai, umpamanya dalam kasus solusi eID, 84% dan menawarkan pengalaman yang lancar, nyaman, dan sederhana kepada klien mereka. Pelaksanaan eKYC meningkatkan kepuasan pelanggan dan memastikan bahwa klien dapat mengaplikasikan layanan semenjak dikala pertama bisnis terkait dengan mereka.

Untuk menetapkan bahwa pelaksanaan eKYC memenuhi standar keamanan yang sama dengan yang tradisional untuk identifikasi dan verifikasi wajah, perusahaan harus menerapkan pelaksanaan identifikasi elektronik dengan tingkat keamanan dan keandalan yang tinggi dan meniru hukum yang diatur dalam aturan AML5 atau eIDAS.

Baca : Jasa dan Layanan e-KYC online di Sumatera Barat

Alat Pengenal Teks Optik yang Kuat

Solusi E-KYC sangat maju dan bekerja dengan bagus dengan situasi cahaya rendah dan toleransi kemiringan. Mempertahankan hasil akurasi tinggi malah dengan berbagai variabel di zona sekitarnya.

Kelebihan e-KYC

Kelebihan e-KYC adalah bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja (remote). Keunggulan lainnya, e-KYC juga paperless sehingga praktis dan efisien dalam memangkas birokrasi.

Baca Penerapan e-KYC di Indonesia

Di masa pandemi seperti ketika ini, penerapan e-KYC yakni solusi pas untuk menghindari kontak segera dengan pelanggan guna mengurangi penyebaran mata rantai Covid-19.

Kemudian, juga memangkas tarif dan yang tak kalah pentingnya yaitu dari segi keamanan dapat diandalkan. Sebab, e-KYC menerapkan prinsip-prinsip dasar yang seperti yang tertuang dalam electronic identification standards and trust services (eIDAS).

Jikalau dirunut lagi, setidaknya ada tiga perusahaan yang perlu dan sepatutnya menerapkan e-KYC dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di antaranya merupakan:

1. Perusahaan Bidang Asuransi

Selanjutnya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Selama ini memang calon nasabah asuransi banyak yang mengeluhkan cara kerja pengurusan administrasi yang cukup lama saat mendaftar. Karenanya, e-KYC sangatlah menolong dalam proses otentikasi ataupun verifikasi identitas nasabah secara digital. Tentu saja, ini juga menolong bagi calon nasabah yang berkeinginan mendaftar asuransi secara online di masa pandemi.

2. Fintech

Di Indonesia, startup yang bergerak di bidang fintech ketika ini sudah amat marak. Layanan mereka malah berjenis-jenis mulai dari mobile payment, e-wallet, hingga peer to peer lending (P2P). Sama halnya seperti perusahaan perbankan dan asuransi, setidaknya e-KYC membantu untuk pelaksanaan otentikasi ataupun verifikasi.

Terpenting lagi bagi calon nasabah yang ada di tempat. Hal itu juga mendukung peran pemerintah dalam rangka memerangi perbuatan melanggar hukum yang merugikan negara ataupun masyarakat. Seperti pencucian uang maupun pendanaan kepada terorisme lewat layanan mobile payment, e-wallet ataupun peer to peer lending (P2P).

3. Perusahaan Perbankan

e-KYC dalam perusahaan perbankan wajib dilakukan untuk memandang calon nasabah dan meminimalisir risiko pelanggaran. Sebelumnya, perbankan mewajibkan calon nasabahnya untuk datang segera ke bank untuk mengurus administrasinya.

Dengan adanya e-KYC setidaknya memberikan pengalaman baru bagi calon nasabah atau pelanggan untuk membuka rekening mereka di mana saja dan kapan saja tanpa mesti mendatangi bank terdekat. Lalu, manfaat lainnya dari e-KYC adalah nasabah atau pelanggan dapat melihat transaksi keuangan mereka secara realtime.

Dari KYC ke eKYC: Transformasi komputerisasi

Segala pelaku bisnis dan pelaku ekonomi, khususnya lembaga keuangan dan bank, mengalami pengerjaan digitalisasi yang drastis. Transformasi komputerisasi telah menjadi bagian dari perubahan paling relevan dalam organisasi dalam satu dekade terakhir, membikin mereka yang melupakan tugas ini kehilangan peluang di sektor mereka atau malah menghilang.

Perusahaan dan organisasi sedang berjuang untuk merubah dan mendigitalkan pelaksanaan yang tampaknya susah untuk diotomatisasi dan menjadi jauh. Namun, bisnis khusus telah muncul untuk mencapai tugas ini, menggunakan teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan dan pelajaran mesin untuk mengubah dan mengoptimalkan progres.

Perusahaan yang kami kategorikan sebagai RegTech sudah muncul, mendampingi bisnis dalam penerapan tata tertib dan prosedur aturan dengan solusi yang memaksimalkan, meningkatkan dan mengurangi biaya progres hal yang demikian.

Siapa yang dapat mengaplikasikan layanan e-KYC?

Tiap-tiap pemegang layanan yang berkeinginan menunjukkan identitasnya ke penyedia layanan mana malahan menerapkan file XML yang ditandatangani secara digital yang diunduh dari website web sah UIDAI dapat menjadi pengguna layanan yang nyaman ini. Penyedia layanan harus memiliki prasyarat untuk menyediakan Paperless Offline e-KYC berbasis Aadhaar ini di tempat mereka dan melanjutkan otentikasi offline. Dengan kata sederhana, tiap agen / penyedia layanan legal atau institusi bersertifikat bisa mengaplikasikan layanan e-KYC sekiranya dan saat mereka perlu mengotentikasi siapa bahkan untuk memvalidasi identitas mereka.

Mengapa pelaksanaan KYC penting?

Prosedur KYC yang diatur oleh bank melibatkan semua perbuatan yang dibutuhkan untuk menentukan bahwa pelanggan mereka nyata, mengevaluasi, dan memantau risiko.

Pelaksanaan orientasi klien ini menolong mencegah dan mengidentifikasi pencucian uang, pendanaan terorisme, dan skema korupsi ilegal lainnya.

Progres KYC meliputi verifikasi KTP, verifikasi wajah, verifikasi dokumen seperti tagihan utilitas sebagai bukti domisili, dan verifikasi biometrik.

Bank mesti mematuhi undang-undang KYC dan hukum anti pencucian uang untuk memegang penipuan. Tanggung jawab kepatuhan KYC berlokasi pada bank.

Bila gagal mematuhinya, hukuman berat bisa digunakan.

Di AS, Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik, akumulasi denda sebesar USD26 miliar telah dikenakan untuk ketidakpatuhan kepada AML, KYC, dan denda sanksi selama sepuluh tahun terakhir (2008-2018) – apalagi kerusakan reputasi dilaksanakan dan tidak diukur.

Dokumen KYC

Pemeriksaan KYC dilaksanakan melalui sumber dokumen, data, atau info yang independen dan andal. Setiap klien diharuskan memberikan kredensial untuk menggambarkan identitas dan domisili.

Pada Mei 2018, Jaringan Penegakan Kriminalitas Keuangan AS (FinCEN) – menambahkan prasyarat baru bagi bank untuk memverifikasi identitas perorangan dari pelanggan badan tata tertib yang memiliki, mengatur, dan mendapatkan keuntungan dari perusahaan saat organisasi tersebut membuka rekening.

Intinya: dikala perusahaan korporat membuka akun baru, ia semestinya memberikan nomor Jaminan Sosial dan salinan ID foto dan paspor untuk karyawan, anggota dewan, dan pemegang saham mereka.

Data tercakup dalam e-KYC offline

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyedia layanan atau agensi akan dapat mengautentikasi terperinci Anda. Mari kita lihat detail apa yang dapat mereka lihat ketika mendownload atau mendapatkan data e-KYC offline yang disertakan dalam XML.

  • Nama Penduduk
  • Unduh Nomor Referensi
  • Alamat
  • Foto
  • Tanggal Lahir atau Tahun Lahir
  • Jenis kelamin
  • Nomor Hp dalam format hash
  • Alamat Surel dalam bentuk hash

Demikian bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Sumatera Barat . Jika anda tertarik dengan dengan layanan e-KYC, anda dapat mencoba layanan E-KYC Enkripa berikut ini