Jasa dan Layanan e-KYC online di Sumatera Utara

Jasa dan Layanan e-KYC online di Sumatera Utara – Pada biasanya dalam hampir seluruh bisnis, terutamanya lagi bisnis yang bergerak di dunia perbankan, keuangan, dan online menerapkan prinsip KYC atau singkatan dari Know Your Customer. Berikut bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Sumatera Utara

Apa itu E-KYC

eKYC adalah ekspresi yang dipakai untuk menandakan digitalisasi dan konsepsi elektronik dan online dari proses KYC. eKYC (Electronic Know Your Customer) yaitu proses jarak jauh tanpa kertas yang meminimalkan tarif dan birokrasi tradisional yang diperlukan dalam pelaksanaan KYC.

Pemalsuan identitas, tanda tangan, dan phishing amat biasa terjadi. Bisnis ahli yang didedikasikan untuk solusi kepatuhan teknologi sudah mengoptimalkan pelaksanaan eKYC yang sepenuhnya aman dengan margin nol untuk perbuatan pelanggaran pemalsuan dan kriminal berhubungan ini.

e-kyc flow
e-kyc flow

Proses eKYC

Progres eKYC adalah transposisi komputerisasi dan jarak jauh dari cara kerja KYC tradisional. Minggu yang diperlukan untuk penyelesaiannya menjadi sebagian detik dengan tarif yang betul-betul rendah dalam proses yang dimaksimalkan.

Identifikasi dan verifikasi identitas klien seketika terjadi, membantu bisnis meningkatkan tingkat konversi mereka sampai, contohnya dalam kasus solusi eID, 84% dan menawarkan pengalaman yang lancar, nyaman, dan sederhana terhadap klien mereka. Proses eKYC meningkatkan kepuasan pelanggan dan memastikan bahwa klien dapat menggunakan layanan sejak saat pertama bisnis berkaitan dengan mereka.

Untuk menetapkan bahwa proses eKYC memenuhi standar keamanan yang sama dengan yang tradisional untuk identifikasi dan verifikasi wajah, perusahaan sepatutnya menerapkan pengerjaan identifikasi elektronik dengan tingkat keamanan dan keandalan yang tinggi dan mengikuti regulasi yang diatur dalam undang-undang AML5 atau eIDAS.

Baca : Jasa dan Layanan e-KYC online di Sumatera Utara

Alat Pengenal Teks Optik yang Kuat

Solusi E-KYC betul-betul maju dan bekerja dengan bagus dengan situasi sinar rendah dan toleransi kemiringan. Mempertahankan hasil akurasi tinggi bahkan dengan beragam variabel di zona sekitarnya.

Kelebihan e-KYC

Kelebihan e-KYC merupakan bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja (remote). Keunggulan lainnya, e-KYC juga paperless sehingga praktis dan efisien dalam memangkas birokrasi.

Baca Penerapan e-KYC di Indonesia

Di masa pandemi seperti ketika ini, pemakaian e-KYC adalah solusi ideal untuk menghindari kontak segera dengan pelanggan guna mengurangi penyebaran mata rantai Covid-19.

Kemudian, juga memangkas biaya dan yang tak kalah pentingnya adalah dari segi keamanan dapat diandalkan. Karena, e-KYC menerapkan prinsip-prinsip dasar yang seperti yang tertuang dalam electronic identification standards and trust services (eIDAS).

Seandainya dirunut lagi, setidaknya ada tiga perusahaan yang perlu dan wajib memakai e-KYC dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di antaranya yaitu:

1. Perusahaan Bidang Asuransi

Selanjutnya ialah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Selama ini memang calon nasabah asuransi banyak yang mengeluhkan proses pengurusan administrasi yang cukup lama saat mendaftar. Maka, e-KYC sangatlah membantu dalam cara kerja otentikasi ataupun verifikasi identitas nasabah secara komputerisasi. Tentu saja, ini juga menolong bagi calon nasabah yang berharap mendaftar asuransi secara online di masa pandemi.

2. Fintech

Di Indonesia, startup yang bergerak di bidang fintech dikala ini telah betul-betul marak. Layanan mereka malah pelbagai mulai dari mobile payment, e-wallet, hingga peer to peer lending (P2P). Sama halnya seperti perusahaan perbankan dan asuransi, setidaknya e-KYC menolong untuk progres otentikasi ataupun verifikasi.

Lebih-lebih lagi bagi calon nasabah yang ada di daerah. Hal itu juga mensupport peran pemerintah dalam rangka memerangi perbuatan melanggar peraturan yang merugikan negara ataupun masyarakat. Seperti pencucian uang ataupun pendanaan terhadap terorisme lewat layanan mobile payment, e-wallet maupun peer to peer lending (P2P).

3. Perusahaan Perbankan

e-KYC dalam perusahaan perbankan sepatutnya dilakukan untuk memandang calon nasabah dan meminimalisir risiko pelanggaran. Sebelumnya, perbankan mewajibkan calon nasabahnya untuk datang segera ke bank untuk mengurus administrasinya.

Dengan adanya e-KYC setidaknya memberikan pengalaman baru bagi calon nasabah atau pelanggan untuk membuka rekening mereka di mana saja dan kapan saja tanpa mesti mendatangi bank terdekat. Lalu, manfaat lainnya dari e-KYC adalah nasabah atau pelanggan dapat mengamati transaksi keuangan mereka secara realtime.

Dari KYC ke eKYC: Transformasi digital

Semua pelaku bisnis dan pelaku ekonomi, terutamanya lembaga keuangan dan bank, mengalami progres digitalisasi yang drastis. Transformasi digital telah menjadi komponen dari perubahan paling relevan dalam organisasi dalam satu dekade terakhir, membikin mereka yang melupakan tugas ini kehilangan peluang di sektor mereka atau malah menghilang.

Perusahaan dan organisasi sedang berjuang untuk merubah dan mendigitalkan pelaksanaan yang tampaknya sulit untuk diotomatisasi dan menjadi jauh. Melainkan, bisnis khusus telah muncul untuk mencapai tugas ini, menerapkan teknologi mutakhir seperti kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin untuk merubah dan mengembangkan pelaksanaan.

Perusahaan yang kami kategorikan sebagai RegTech telah timbul, memandu bisnis dalam pemakaian undang-undang dan prosedur regulasi dengan solusi yang mengembangkan, meningkatkan dan mengurangi tarif progres hal yang demikian.

Siapa yang bisa mengaplikasikan layanan e-KYC?

Tiap pemegang layanan yang berkeinginan menonjolkan identitasnya ke penyedia layanan mana pun mengaplikasikan file XML yang ditandatangani secara digital yang diunduh dari web laman legal UIDAI bisa menjadi pengguna layanan yang nyaman ini. Penyedia layanan mesti memiliki persyaratan untuk menyediakan Paperless Offline e-KYC berbasis Aadhaar ini di tempat mereka dan melanjutkan otentikasi offline. Dengan kata sederhana, setiap agen / penyedia layanan resmi atau lembaga bersertifikat dapat menggunakan layanan e-KYC seandainya dan ketika mereka perlu mengotentikasi siapa pun untuk memvalidasi identitas mereka.

Kenapa cara kerja KYC penting?

Prosedur KYC yang ditetapkan oleh bank melibatkan seluruh perbuatan yang diperlukan untuk memastikan bahwa pelanggan mereka kongkret, menilai, dan memantau risiko.

Proses orientasi klien ini membantu mencegah dan mengidentifikasi pencucian uang, pendanaan terorisme, dan skema korupsi ilegal lainnya.

Pelaksanaan KYC meliputi verifikasi KTP, verifikasi wajah, verifikasi dokumen seperti tagihan utilitas sebagai bukti alamat, dan verifikasi biometrik.

Bank mesti mematuhi undang-undang KYC dan regulasi anti pencucian uang untuk mengontrol pembohongan. Tanggung jawab kepatuhan KYC berlokasi pada bank.

Sekiranya gagal mematuhinya, sanksi berat bisa dipakai.

Di AS, Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik, akumulasi denda sebesar USD26 miliar telah dikenakan untuk ketidakpatuhan kepada AML, KYC, dan denda sanksi selama sepuluh tahun terakhir (2008-2018) – apalagi kerusakan reputasi dilaksanakan dan tak dievaluasi.

Dokumen KYC

Pemeriksaan KYC dilaksanakan lewat sumber dokumen, data, atau informasi yang independen dan andal. Tiap-tiap klien diharuskan memberikan kredensial untuk menggambarkan identitas dan domisili.

Pada Mei 2018, Jaringan Penegakan Kriminalitas Keuangan AS (FinCEN) – menambahkan syarat baru bagi bank untuk memverifikasi identitas perorangan dari pelanggan badan tata tertib yang memiliki, mengendalikan, dan menerima profit dari perusahaan dikala organisasi tersebut membuka rekening.

Intinya: dikala perusahaan korporat membuka akun baru, ia patut memberikan nomor Jaminan Sosial dan salinan ID foto dan paspor untuk karyawan, anggota dewan, dan pemegang saham mereka.

Data tercakup dalam e-KYC offline

Seperti yang diceritakan sebelumnya, penyedia layanan atau agensi akan bisa mengautentikasi rinci Anda. Mari kita lihat mendetail apa yang dapat mereka lihat saat mengunduh atau menerima data e-KYC offline yang disertakan dalam XML.

  • Nama Penduduk
  • Download Nomor Referensi
  • Alamat
  • Foto
  • Tanggal Lahir atau Tahun Lahir
  • Jenis kelamin
  • Nomor Phone dalam wujud hash
  • Domisili Email dalam bentuk hash

Demikian bahasan terkait Jasa dan Layanan e-KYC online di Sumatera Utara . Jika anda tertarik dengan dengan layanan e-KYC, anda dapat mencoba layanan E-KYC Enkripa berikut ini