Orang sedang melakukan proses penggunaan e-Meterai pada dokumen elektronik

Panduan Lengkap Cara Membeli e-Meterai

E-Meterai merupakan label digital yang berfungsi sebagai pengganti meterai fisik dan dapat digunakan pada dokumen elektronik. Sama halnya dengan meterai tradisional, e-Meterai menandakan bahwa suatu dokumen memiliki kekuatan hukum dan dapat digunakan di pengadilan. Pada tahun 2024, bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS), penting untuk memahami bahwa beberapa dokumen persyaratan harus dilengkapi dengan e-Meterai sebelum diunggah ke situs sscasn.bkn.go.id. Dokumen tersebut antara lain adalah surat lamaran dan surat pernyataan dari instansi. Penggunaan e-Meterai adalah langkah penting untuk memastikan legalitas dokumen yang Anda ajukan.

Langkah-Langkah Cara Membeli e-Meterai

Bagi Anda yang ingin membeli e-Meterai, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

1. Persiapan Pembelian e-Meterai

  • Akses situs pembelian e-Meterai dari distributor resmi.
  • Pilih opsi pembelian individu.
  • Isi formulir dengan informasi yang diminta secara lengkap dan akurat.
  • Cek email Anda untuk menemukan tautan aktivasi akun, lalu klik untuk mengonfirmasi.
  • Setelah aktivasi berhasil, Anda akan menerima notifikasi “verifikasi berhasil”.
  • Kembali ke situs distributor dan masuk ke akun Anda.
  • Klik opsi “pembelian” untuk melanjutkan.
  • Tentukan jumlah e-Meterai yang ingin dibeli serta metode pembayaran yang Anda pilih.
  • Lakukan pembayaran melalui dompet digital atau metode lainnya.
  • Setelah pembayaran berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi “pembayaran sukses”.

2. Pembubuhan e-Meterai pada Dokumen

  • Pastikan Anda telah membeli e-Meterai secara online.
  • Cetak dokumen yang memerlukan pembubuhan e-Meterai.
  • Tanda tangani dokumen tersebut secara fisik..
  • Lakukan pemindaian (scan) pada dokumen yang sudah ditandatangani.
  • Tambahkan e-Meterai ke dalam dokumen yang telah discan.
  • Terakhir, unduh dokumen yang sudah dilengkapi dengan e-Meterai.

Perlu dicatat bahwa e-Meterai harus diletakkan di bagian kiri tanda tangan dan tidak boleh menutupi elemen penting lainnya. Pastikan juga bahwa e-Meterai yang digunakan adalah yang resmi agar dapat diverifikasi oleh BKN.

Sumber Pembelian e-Meterai

Anda dapat membeli e-Meterai di beberapa situs berikut:

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membeli e-Meterai dan memastikan dokumen Anda memenuhi syarat hukum yang diperlukan untuk proses pendaftaran CPNS.

Artikel Lainnya

grocery

Panduan Lengkap Cara Penggunaan e-Meterai

Pelajari cara mudah dan cepat menggunakan e-Meterai untuk memenuhi kebutuhan legalitas dokumen Anda.

Seseorang tersenyum setelah berhasil menambahkan tanda tangan elektronik pada dokumen.

Mau Tahu Cara Mengecek Tanda Tangan Elektronik yang Valid? Begini Caranya…

Cara mengecek tanda tangan elektronik dapat dilakukan melalui website Kominfo, aplikasi pembaca PDF, atau Microsoft Word untuk memastikan keaslian dokumen dan menghindari penipuan.

Tangan sedang membubuhkan tanda tangan elektronik pada sebuah dokumen menggunakan perangkat digital.

Keunggulan Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi Kominfo di Era Digital

Keunggulan Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi Kominfo mencakup efisiensi waktu, keamanan tinggi, kekuatan hukum setara tanda tangan basah, dan penghematan biaya serta ramah lingkungan.

Logo

2024 © All rights reserved

FacebookInstagramLinkedInWhatsApp